S PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS ETNOMATEMATIKA PRODUK UMKM TERHADAP KEMAMPUAN MENGHITUNG VOLUME BENDA PUTAR MAHASISWA TINGKAT 2 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
Main Article Content
Abstract
Begitu abstraknyaobjekpadamatakuliahmatematika.Makasangatlah diperlukanuntukbisamembawaobyekabtrakstersebutkedalamsuatuyangnyata atau mendekatinyata.Matematikadanbudayaadalahduahalyangberkaitanerat. Tapiterkadangmatematika dilihatsebagaisesuatuyangtidak terkoneksi dengan kehidupan sehari-hari. Matematika sering hanya diajarkan dengan faham menyelesaikan soal –soal saja. Kebanyakan hanya drill soal-soaltanpa mempertimbangkan aplikasi atau terapan dalam masalahsehari-hari.Seharusnya dalammengajarkanmatematika formal(matematikasekolah),sebaiknyamemulai dengan menggali pengetahuanmatematika informalyangtelahdiperolehdari kehidupan masyarakat disekitartempattinggalnya.Bisadikembangkantidakhanya budaya,tapibisaprodukUMKM karyaseni,atausegalayangmenjadiunggulan didaerahmasing-masing.SehinggaLingkungandapatmenjadisumbermasalah matematika dalamkehidupan nyata. Matematikadalambudaya dikenal denganistilah etnomatematika.Setiap daerah tentunya mempunyai budayamasing-masing.Dalam mengajarkan materivolumebendaputar pada matakuliahKalkulusII atauKalkulus Integral teridentifikasietnomatika.UMKM produksi gethuk pisang yang merupakan oleh-olehkhaskotaKediri.Disampingitumasihbanyakjajanan/ makananyangbisa ditemukandi KotaKedirisepertikrupuk gambir,tahutaqwa,dll.Tujuandari penelitian eksploratifdengan pendekatanetnomatematikainiadalahuntukmenggalidan mengeksplorasikonsepmatematikaapasajayangmerupakanprodukUMKM khas kotaKediri, yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar matematika serta sebagai upaya untuk mengembangkan etnomatematikasebagai basis pembelajaran matematika.Melalui eksplorasi, dokumentasi,studi literatur dan observasi di berbagai produk olahanUMKM,makadapat disimpulkanbahwaterdapatkonsepvolumebenda putar matakuliah Kalkulus II. Pembelajaran matematika menggunakanobjek etnomatematika dapat memperkaya aplikasi matematika yang ada di sekitar mahasiswa serta dapat memfasilitasi mahasiswa memahami volume benda putar yang bersifatabstrakdengan menggunakanobjeketnomatematikayangkonkrit.
Kata kunci : etnomatematika, Volume benda putar, UMKM, gethuk pisang.
Downloads
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License