Pengembangan Soal Matematika HOTS (Higher Order Thinking Skills) Kelas X Berdasarkan Triple Theory
Abstract
Rendahnya HOTS (Higher Order Thinking Skills) siswa berdasarkan hasil PISA 2015 dalam matematika menunjukkan bahwa karakteristik pembelajaran matematika masih terbiasa dengan soal-soal Lower Order Thinking Skills (LOTS).berdasarkan hal tersebut, perlu dikembangkan soal matematika HOTS kelas X berdasarkan Triple Theory. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal matematika HOTS kelas X berdasarkan Triple Theory yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan ( R & D) dengan model pengembangan berdasarkan Tessmer yang terdiri dari 2 tahap yaitu preliminary dan Tahap formative evaluation. Uji coba soal diadakan di kelas X SMA Negeri 1 Kediri. Instrumen pengumpulan data meliputi kisi-kisi soal, lembar soal, lembar validasi dan lembar angket. Draft soal yang dikembangkan sebanyak 8 butir soal. Hasil penelitian menunjukkan draft soal matematika HOTS valid. Hal ini berdasarkan perhitungan dengan rumus percentage of agreement lebih dari 75% dan berdasarkan nilai validitas butir soal yang lebih dari 0,392. Kepraktisan tergambar dari hasil uji coba soal dapat disimpulkan semua siswa dapat menggunakan draft soal matematika dengan baik. Hasil rata-rata skor kemampuan berpikir tingkat tinggi sebesar 16,05 dari skala 32.
References
Arifin, Z., & Retnawati, H. (2017). Pengembangan Instrumen Pengukur Higher Order Thinking Skills Matematika Siswa SMA Kelas X. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 98-108. doi:http://dx.doi.org/10.21831/pg.v12i1.14058
Arikunto, S. 2016. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Grinnell, Richard M. & Unrau, Tvonne A. 2011. Social Work Reasearch and Evaluation (p.211). (9thed.). New York: Oxford University Press.
Krulik, S. dan Rudnick, J,A. 1999. Innovative Task to Improve Critcal and Creative Thinking Skills.In Stiff, Lee V.And Curcio, Frances R (Eds) from Developing Mathematical Reasoning in Grades K-12 (pp. 138-142). Riston, Virginia: The National Council of Teacher of Mathematics, Inc.
Lewy, Zulkardi, & Aisyah, Nyimas. 2009. Pengembangan Soal Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pokok Bahasan Barisan dan Deret Bilangan Di Kelas IX Akselerasi SMP Xaverius Maria Palembang, Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2): 14-28. https://scholar.google.com/citations
OECD. 2016. PISA 2015 Result in Focus. (Online), tersedia:(http://www.oecd.org/pisa), diakses pada tanggal 7 Juli 2017.
Sadono, Tri. 2013. Taksonomi-Taksonomi Pembelajaran. (Online), tersedia: http://trigurumetri.blogspot.co.id/2013/08/taksonomi-taksonomi-pembelajaran.html, diunduh 10 Juli 2017
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sunaryo, Wowo. 2014. Taksonomi Kognitif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tessmer, Martin.1993. Planning and Conducting-Formative Evaluations. London, Philadelphia: Kogan Page.
Copyright (c) 2018 Efektor
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.