KECERDASAN KERJASAMA ANAK USIA DINI DALAM PEMBELAJARAN TARI
Abstract
Tujuan penelitian menganalisis bentuk kecerdasan kerjasama anak usia dini dalam pembelajaran tari. Pendekatan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data observasi. Analis data dengan model interaktif. Hasil penelitian menekankan kooperatif setiap anak. Memberi pemahaman serta penekanan tanpa ada perbedaan dan status. Tanggung jawab setiap anak pada kelompok masing-masing. Menjalin hubungan kerjasama dengan teman dalam kelompok dan juga antar kelompok.
References
Admadibrata, Enoch, “Drama Tari sebagai Suatu Bentuk Karya Seni”, dalam,Pengetahuan Elemen Taridan Beberapa Masalah Tari, Jakarta : Direktorat Kesenian,1986.Anjar Fitrianingtyas, Sarah Bunga A. MOK (Mini Outbound for Kids) untuk Meningkatkan KerjasamaAnakUsia Dini. Prodi Dikdas. Kons. PAUD. PPs. Unnes. 2015Benny, C.J., ”Cara-cara Pencatatan Tari Tradisi di Jawa Barat”, dalam,Pengetahuan Elemen Tari danBeberapa Masalah Tari, Jakarta : Direktorat Kesenian,1986.Bird, Bonnie.Tari sebagai Seni di Lingkungan Akademi.Dance An Art In Academe. Penterjemah BenSuharto. Akademi Seni Tari Indonesia Yogyakarta. 1981.Baron, R & Byane, D.Social Psychology Ninth Edition. Pinted in the United State of America. 2000.Campbell, Don..Efek Mozart. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 2001.Depdiknas. Laporan Kemajuan (Progress Report) Pengkajian Penyelenggaraan TK Pembina TingkatNasional/Propinsi/Kabupaten/Kota Tahun 2004.Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar danMenengah DepartemenPendidikan Nasional 2004.Dewar,Patricia. Adopting a Performance Model From Ethnomusicology: TheTask and Tools Outlined In aStudy Of Inuit Drum Dance. Ucla Jurnal of Dance Ethnology volume 15.Department of Dance andGraduate Student Association.University of California Los Angeles.1991.Eny Kusumastuti, Usrek Tani Utina, Kusrina Widyastutie. Perubahan Perilaku Kecerdasan Emosional(Emotional Quantion) Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Seni Tari.Laporan Penelitian. (LembagaPenelitian Universitas Negeri Semarang.1999. p.iii).Ellfeldt, Louis.Dance from Magic to Art. University of Southern California.Wm. C. Brown CompanyPublishers. 1976.Hafsah, Mohammad Jafar.Upaya Pengembangan Kemampuan Dasar Sejak KecilSemarang, PAUD.2008.Holt, Claire.Art In Indonesia Continuities And Change.Cornell University Press. Ithaca New York. 1967.Margareth H’Doubler. Education through Dance.The Dance Experience Readings in DanceAppreciation.Edited by Myron Howard Nadel and Constance Gwen Nadel (Preacer Publishers.New York. Washington, London, 1970).Philip H. Phenix.Dance An Art In Academe.Hubungan tari dengan Cabang Seni yang Lain.TerjemahanBen Suharto. (Yogyakarta : Akademi Seni Tari Indonesia Yogyakarta.1981).Sheets,Maxine. Phenomenology: An Approach to Dance.The Dance Experience Readings in DanceAppreciation.Edited by Myron Howard Nadel and Constance Gwen Nadel (Preacer Publishers.New York. Washington, London, 1970).Susanne K. Langer. Virtual Power.The Dance Experience Readings in Dance Appreciation.Edited byMyron Howard Nadel and Constance Gwen Nadel.Preacer Publishers. New York. Washington,London. 1970.
Sunarto, Komanto.Pengantar Sosiologi. Edisi kedua. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi. 2000.Soekanto.Sosiologi Suatu Pengantar. Edisi 4. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 1990.TIMPAUD. “Laporan Eksekutif Hasil Seminar dan Lokakarya Nasional Menyongsong KurikulumPendidikan Anak Usia Dini Berbasis Kecerdasan jamak di Masa Depan”. Laporan EksekutifSeminar dan Lokakarya Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. 8-12 Oktober 2004. (Jakarta : Dir.PAUD, Dirjend. PLSP, Depdiknas, 2005).Tuti Tarwiyah. Kecerdasan Jamak Pada Permainan Anak Betawi yang Menggunakan Nyanyian: UpayaPelestariran Budaya bangsa.Disertasi.Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Jakarta.2008.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.