Pendampingan Pembelajaran Melalui Media Permainan Monopoli Berhitung Untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Pada Siswa Kelas 1 SDN Parang 2

Authors

  • Rafid Fahruddin Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Kurnia Alma’un Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Fadhilatul Nur Azizah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Dhian Dwi Nur Wenda Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Mumun Nurmilawati Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/dedikasi.v5i2.27762

Keywords:

Monopoli, Literasi numerasi, Pembelajaran Berbasis Permainan.

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi numerasi siswa kelas 1 melalui pelatihan dan pendampingan pembelajaran menggunakan media permainan monopoli berhitung di SDN Parang 2. Permasalahan yang dihadapi adalah rendahnya minat belajar numerasi siswa, keterbatasan media pembelajaran konkret, serta kesulitan siswa dalam memahami konsep penjumlahan dan pengurangan sederhana. Metode pelaksanaan pengabdian dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi dengan pendekatan partisipatif dan learning by doing. Kegiatan dilaksanakan pada bulan Oktober 2025 di SDN Parang 2 dengan melibatkan siswa kelas 1. Hasil pelaksanaan kegiatan menunjukkan adanya peningkatan dan pemahaman siswa terhadap konsep numerasi dasar. 

Downloads

Download data is not yet available.
Abstract views: 0 , PDF downloads: 1

References

Ambaria, A., Nurmilawati, M., & Zunaidah, F. N. (2023). Analisis Validasi dan Kepraktisan Pengembangan Media Pembelajaran Papan Pecahan pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar Kecamatan Semen. Efektor, 10(2), 274-284.

Anderha, R. R., & Maskar, S. (2021). Pengaruh kemampuan numerasi dalam menyelesaikan masalah matematika terhadap prestasi belajar mahasiswa pendidikan matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 1-10.

Ardhani, A. D., Ilhamdi, M. L., & Istiningsih, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas IV SD. Jurnal Pijar Mipa, 16(02), 170-175.

Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88.

Sela, D., Permana, E. P., & Wenda, D. D. N. (2022). Pengembangan Permainan Tradisional Tabak Galang Berbasis Kearifan Lokal Gombang Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(1), 139-150.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-12-22

How to Cite

Pendampingan Pembelajaran Melalui Media Permainan Monopoli Berhitung Untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Pada Siswa Kelas 1 SDN Parang 2. (2025). Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 5(2), 318-324. https://doi.org/10.29407/dedikasi.v5i2.27762

Similar Articles

1-10 of 49

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)