Main Article Content

Abstract

Prediksi besar masalah HIV/AIDS tersebut didasarkan atas jumlah penyalahgunaan narkotika suntik dan prostitusi yang tinggi. Keduanya merupakan factor utama yang berperan sangat besar dalam penyebaran dan penularan HIV. Lost to follow-up (LTFU) pada ODHA yang menjalani terapi ARV berhubungan erat dengan kepatuhan ARV dan menjadi peningkatan masalah pada upaya perluasan program ARV. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan dukungan keluarga dengan kejadian lost to follow up terapi ARV pada pasien ODHA di puskesmas kebaman banyuwangi 2020. Jenis penelitian ini adalah Kolerasi dengan rancangandesain Correlation analisa. sampel dalam penelitian ini 55 responden dengan teknik Total sampling. Hasil uji Spearman Rank menunjukkan nila sig 0,007 (P value < 0,05) yang artinnya Ho ditolak atau ada hubungan dukungan keluarga dengan kejadian lost to follow up pada pasien ODHA). Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat Hubungan dukungan keluarga dengan kejadian lost to follow up terapi ARV pada pasien ODHA di puskesmas kebaman banyuwangi 2020.

Article Details

How to Cite
Naimah, A., & Soyanita, E. (2022). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kejadian Lost To Follow Up Terapi Arv Pada Pasien Odha Di Puskesmas Kebaman Banyuwangi. Judika (Jurnal Nusantara Medika), 6(2), 58-64. Retrieved from https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/akper/article/view/19176

References

  1. Depkes Bali. (2014). Profil Kesehatan Provinsi Bali. (online), http://www.depkes.go.id/resources/download/profil/profil_kes_provinsi_2014/17_Bali_2014.pdf.
  2. Dirjen PP & PL. (2014). Pusat Data Dan Kementrian Kesehatan RI Situasi Dan Analisis HIV-AIDS. Kemenkes RI. .
  3. Dirjen PP & PL. (2016). Laporan Perkembangan HIV-AIDS Triwulan 1. Kemenkes RI.
  4. Hardiayatmi. (n.d.). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Program Pengobatan Penderita HIV/AIDS Di Poliklinik VCT (Voluntary counseling test) Rsud dr. Soediran Mangun Sumarso Wonogiri. 2016.
  5. Sengayi, M. dkk. (2013). Predictors of loss to follow-up among children in the first and second years of antiretroviral treatment in Johannesburg, South Africa. .
  6. Suprajitno. (2012). Asuhan Keperawatan Keluarga Aplikasi Dalam Praktik. ECG.
  7. WHO. (2015). Global Healt Secto Stategy on 2011-2015.
  8. Yudhi T.G, dkk. (2016). Hubungan Karakteristik Odha dengan Kejadian loss To Follow Up Terapi Arv Di Kabupaten Jember.