Pengembangan Soal Matematika HOTS (Higher Order Thinking Skills) Kelas X Berdasarkan Triple Theory

  • Lestari Puji Rahayu Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ahmad Shakroni Nugroho Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Muji Santoso Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Suryo Widodo Universitas Nusantara PGRI Kediri

Abstract


 
Rendahnya HOTS (Higher Order Thinking Skills) siswa berdasarkan hasil PISA 2015 dalam matematika  menunjukkan bahwa karakteristik pembelajaran matematika masih terbiasa dengan soal-soal Lower Order Thinking Skills (LOTS).berdasarkan hal tersebut, perlu dikembangkan soal matematika HOTS kelas X berdasarkan Triple Theory. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal matematika HOTS kelas X berdasarkan Triple Theory yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan ( R & D) dengan model pengembangan berdasarkan Tessmer yang terdiri dari 2 tahap yaitu preliminary dan Tahap formative evaluation. Uji coba soal diadakan di kelas X SMA Negeri 1 Kediri. Instrumen pengumpulan data meliputi kisi-kisi soal, lembar soal, lembar validasi dan lembar angket. Draft soal yang dikembangkan sebanyak 8 butir soal. Hasil penelitian menunjukkan draft soal matematika HOTS valid. Hal ini berdasarkan perhitungan dengan rumus percentage of agreement lebih dari 75% dan berdasarkan nilai validitas butir soal yang lebih dari 0,392. Kepraktisan tergambar dari hasil uji coba soal dapat disimpulkan semua siswa dapat menggunakan draft soal matematika dengan baik. Hasil rata-rata skor  kemampuan berpikir tingkat tinggi sebesar 16,05 dari skala 32.
 
 
Keywords
Pengembangan Soal Matematika, Higher Order Thinking Skills, Triple Theory

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Zaenal. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arifin, Z., & Retnawati, H. (2017). Pengembangan Instrumen Pengukur Higher Order Thinking Skills Matematika Siswa SMA Kelas X. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 98-108. doi:http://dx.doi.org/10.21831/pg.v12i1.14058
Arikunto, S. 2016. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Grinnell, Richard M. & Unrau, Tvonne A. 2011. Social Work Reasearch and Evaluation (p.211). (9thed.). New York: Oxford University Press.
Krulik, S. dan Rudnick, J,A. 1999. Innovative Task to Improve Critcal and Creative Thinking Skills.In Stiff, Lee V.And Curcio, Frances R (Eds) from Developing Mathematical Reasoning in Grades K-12 (pp. 138-142). Riston, Virginia: The National Council of Teacher of Mathematics, Inc.
Lewy, Zulkardi, & Aisyah, Nyimas. 2009. Pengembangan Soal Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pokok Bahasan Barisan dan Deret Bilangan Di Kelas IX Akselerasi SMP Xaverius Maria Palembang, Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2): 14-28. https://scholar.google.com/citations
OECD. 2016. PISA 2015 Result in Focus. (Online), tersedia:(http://www.oecd.org/pisa), diakses pada tanggal 7 Juli 2017.
Sadono, Tri. 2013. Taksonomi-Taksonomi Pembelajaran. (Online), tersedia: http://trigurumetri.blogspot.co.id/2013/08/taksonomi-taksonomi-pembelajaran.html, diunduh 10 Juli 2017
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sunaryo, Wowo. 2014. Taksonomi Kognitif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tessmer, Martin.1993. Planning and Conducting-Formative Evaluations. London, Philadelphia: Kogan Page.
Published
2018-07-13
How to Cite
RAHAYU, Lestari Puji et al. Pengembangan Soal Matematika HOTS (Higher Order Thinking Skills) Kelas X Berdasarkan Triple Theory. Efektor, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 117-125, july 2018. ISSN 2355-956X. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor-e/article/view/12234>. Date accessed: 24 apr. 2019. doi: https://doi.org/10.29407/e.v5i2.12234.