Perbandingan Bahan Bakar Premium Dengan Produk Cair Hasil Pyrolisis Plastik PET dan PP

  • warandani yulianto Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • nuryosuwito Nuryosuwito Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • fatkur Rhohman Universitas Nusantara PGRI Kediri
Abstract views: 357 , PDF downloads: 1188
Keywords: Pirolisis, Sampah plastik, Plastik PET, Plastik PP

Abstract

Salah satu alternative penanganan sampah plastik yang saat ini banyak diteliti dan dikembangkan adalah mengubah sampah plastik menjadi bahan bakara alternatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh bahan bakar cair dari pirolisis sampah plastik, dengan nilai kalor dan mutu bahan bakar minyak yang baik. Metode yang digunakan adalah menggunakan proses pirolisis. Pirolisis atau devolatilisasi adalah proses fraksinasi material oleh suhu. Proses pirolisis dimulai pada temperature sekitar 500°C, ketika komponen yang tidak stabil secara termal, dan volatile matters pada sampah akan pecah dan menguap bersamaan dengan komponen lainnya. Hasil dari proses pirolisis ini berupa cairan yang bisa digunakan sebagai bahan bakar alternatif, selain itu gas yang dihasilkan dari proses pirolisis juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar saat proses pirolisis berlangsung. Berdasarkan hasil eksperimen dan analisa data yang telah dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa konsumsi bahan bakar plastik PET dan PP lebih rendah dari bahan bakar premium dengan perbedaan yang signifikan. Dimana bahan bakar plastik PET dan PP dengan nilai konsumsi bahan bakar rata-rata untuk kecepatan 2000 rpm selama 2 menit sebesar 8,7 ml sedangkan nilai konsumsi rata-rata bahan bakar premium dengan kecepatan dan waktu yang sama sebesar 13 ml, sehingga dapat dipastikan hasil produk pirolisis plastik PET dan PP lebih irit daripada bahan bakar premium.

Downloads

Download data is not yet available.

References

K. Mustofa and F. Zainuri, “Pirolisis sampah plastik hingga suhu 900 oC sebagai upaya menghasilkan bahan bakar ramah lingkungan”, Simposium Nasional RAPI XIII FT UMS, ISSN 1412-9612, 2014.

Syamsiro M., Kajian Pengaruh Penggunaan Katalis Terhadap Kualitas Produk Minyak Hasil Pirolisis Sampah Plastik, Jurnal Teknik, vol. 5, no. 1, ISSN 2088 – 3676, 2015.

Surono U.B. dan Ismanto, Pengolahan Sampah Plastik Jenis PP, PET dan PE Menjadi Bahan Bakar Minyak dan Karakteristiknya, Jurnal Mekanika dan Sistem Termal, vol. 1(1), April 2016 – ISSN : 2527-3841 ; e-ISSN : 2527-4910, 2016.

Wicaksono M.A., Pengolahan Sampah Plastik Jenis PET (Polyethilene Perepthalathe) Menggunakan Metode Pirolisis Menjadi Bahan Bakar Alternatif, Jurnal Teknik Mesin Undip, Vol. 5, No. 1, 2017.

Endang K., Mukhtar G., Abed N., F.X., Sugiyana A., “Pengolahan Sampah Plastik dengan Metoda Pirolisis menjadi Bahan Bakar Minyak”, Seminar Nasional Teknik Kimia “Kejuangan”, ISSN 1693-4393, 2016.

Priyatna A.O., Zultiniar, Saputra E., Perengkahan Katalitik Limbah Plastik Jenis Polypropylene (Pp) Menjadi Bahan Bakar Minyak Menggunakan Katalis Zeolit A, JOM FTEKTIK, Vol. 2, No. 2, 2015.

Istiqlaliyah, H., “Characteristics Of Pet Plastic Pyrolysis Products With Temperature Variations”, Prosiding Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin XVII Fakultas Teknik Universitas Nusa Cendana Kupang, 2018, pp. KE-13 /78-82.

PlumX Metrics

Published
2019-08-31
How to Cite
[1]
warandani yulianto, nuryosuwito Nuryosuwito, and fatkur Rhohman, “Perbandingan Bahan Bakar Premium Dengan Produk Cair Hasil Pyrolisis Plastik PET dan PP”, JMN, vol. 1, no. 2, pp. 114-121, Aug. 2019.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>