Meningkatkan Keterampilan Gerakan Handspring Dengan Pembelajaran Melalui Gaya Mengajar Inkuiri
PDF (Indonesian)

Keywords

Handspring
inkuiri
peti lompat
PTK

How to Cite

Meningkatkan Keterampilan Gerakan Handspring Dengan Pembelajaran Melalui Gaya Mengajar Inkuiri. (2017). Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 3(1), 69-75. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v3i1.735

Abstract

Tujuan ini yang ingin dicapai dalam penelitian yaitu: 1) mengetahui sejauh mana aktivitas mahasiswa dalam belajar handspring pada senam artistik, 2) Mengetahui sejauh mana respon siswa terhadap pembelajaran handspring pada senam artistik dengan menggunakan gaya mengajar inkuiri, 3) Mengetahui sejauh mana hasil belajar pembelajaran handspring pada senam artistik dengan menggunakan gaya mengajar inkuiri. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action research). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan selama dua siklus dimana dalam satu siklus terdiri dari 4 pertemuan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan olahraga angkatan 2015 kelas D sebanyak 41 mahasiswa. Hasil penelitian untuk tes keterampilan gerakan handspring pada siklus I hingga siklus II mengalami peningkatan, sehingga dari peneliti menyimpulkan dengan pendekatan modifikasi pembelajaran melalui gaya mengajar inkuiri mampu meningkatkan penguasaan keterampilan pada gerakan handspring.

PDF (Indonesian)

References

Abidin, Yunus. 2009. Guru dan Pembelajaran Bermain. Bandung : Rizky Press.
Aqib, Zaenal dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SMP, SMA, SMK.Bandung : Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Azhar, Arsyad. 2007. Media pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Bahagia, Yoyo dan Suherman, A. 1992/2000. Prinsip-Prinsip Pengembangan dan Modifikasi Cabang Olahraga. Jakarta: Depdikbud.
Kusuma, Wijaya. 2009. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indek.
Mahendra, Agus. 2001. Pembelajaran Senam di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Mahendra, Agus. 2003. Asas dan Falsafah Pendidikan Jasmani. Depdiknas. Jakarta.
Mahendra, Agus. 2003. Pembelajaran Senam. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Margono, Agus. 2009. Senam. Surakarta: UNS Press.
Sagala, Syaiful. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, Nana. 2004. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.Algensindo.
Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.
Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Suyati & Margono, A. 2000. Teori dan Praktek Senam I. Surakarta: UNSPress.
Suyati R. dkk.1992. Materi Pokok Senam. Jakarata. Departemen Pendidikan dan kebudayan.
Syarifuddin, A. dan Muhadi. 1992. Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan. Jakarta: Depdikbud.Ditjen. Dikti.

Authors who publish with this journal agree to the following terms:

  1. Copyright on any article is retained by the author(s).
  2. The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
  3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
  4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
  5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License