Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar matakuliah sepak bola dasar melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan bantuan media audio visual pada Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Universitas Negeri Surabaya untuk mengkaji model pembelajaran yang diterapkan. Dalam penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action research). Subyek Penelitian yang digunakan berjumlah 36 orang. Hasil dari penelitian adalah adanya peningkatan teknik dasar dribble sepak bola yang ditunjukkan pada rata-rata hasil belajar yang diperoleh pada siklus I yaitu 7 orang sangat baik (19,44%), 23 orang baik (63,89%) dan 6 orang cukup (16,67%), dengan keberhasilan tindakan secara klasikal sebesar (83,33%), berdasarkan rentang keberhasilan 65% - 84% berada dalam kategori baik. Pada siklus II yakni 7 orang sangat baik (19,44%), 27 orang baik (75%), dan 2 orang cukup (5,56%), keberhasilan tindakan secara klasikal (94,44%), berdasarkan rentang keberhasilan 85%-100% berada dalam kategori sangat baik dengan peningkatan 11,11% dari siklus I. Berdasarkan hasil siklus I dan II maka disimpulkan bahwa hasil belajar meningkat melalui model pembelajarah NHT dan media audio visual.
References
Dinata, M. (2007). Dasar-Dasar Mengajar Sepak Bola. Jakarta : Cerdas Jaya.
Ernani, N.N. (2011). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division Dipadu Numbered Heads Together Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kleas X SMA Laboratorium UM. Jurnal Pendidikan Fisika. (2)1: 60-67.
Fajrin, Y. N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together terhadap Hasil Belajar Dribbling Sepak bola. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 2(2), 481-484.
Fujiyanto, A., Jayadinata, A. K., & Kurnia, D. (2016). Penggunana Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Antar Makhluk Hidup. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 841-850.
Hanief, Y. N., & Himawanto, W. (2017). Statistik Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Hanief, Y. N. & Sugito. (2015). Membentuk Gerak Dasar Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian pembelajaran, 1(1), 60-73.
Hanief, Y. N., & Zawawi, M. A. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bolavoli. AT TAHDZIB, 1(1), 84-97.
Juliartha, M. S., Kanca, N., & Lestari, I. M. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Dribble Sepak Bola. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha, 8(2), 1-7.
Indonesian Government. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (2005). Retrieved from http://ditjenpp.kemenkumham.go.id/database-peraturan/peraturan-menteri.html.
Kanca. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Singaraja: Departemen Pendidikan Nasional Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.
Lie, A. (2007). Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning Di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.
Luxbacher, A.J. (2001). Sepak bola. Cetakan Ketiga. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Permana, E. P. (2016). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran IPS SD. Jurnal JPDN (1)2: 49-58.
Putra, A. (2010). Perkembangan dan Belajar Gerak. Singaraja: Penjaskesrek Fakultas Olahraga Kesehatan Undiksha.
Sutirman, (2013). Media & Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyalarta: Graha Ilmu.
Trianto, (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Trianto. (2009). Mendesign Model Pembelajaran Inovativ Progresif. Jakarta : Kencana.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright (c) 2018 Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran