Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bentuk latihan kecepatan reaksi Pencak silat melalui media sensor. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development. Penelitian ini menggunakan beberapa langkah penelitian: Potensi dan Permasalahan, Pengumpulan Data, Desain Produk, Validasi Desain, Revisi Desain, Uji Coba Produk, Revisi Produk, dan Uji Coba Pengguna. Pakar materi dan pakar media pertama kali memvalidasi penelitian pengembangan ini. Uji coba produk dilakukan pada Siswa Ekstrakurikuler Pondok Pesantren Darul Arawah, sedangkan jumlah sampel adalah sebagai berikut: Ada 14 siswa. Tes kelompok kecil 7 siswa dan tes kelompok ekstensif 14 siswa. Jenis pengumpulan data dengan instrumen berupa kuesioner. Hasil penelitian, total uji kelayakan perhitungan penelitian "Pengembangan bentuk latihan kecepatan reaksi berbasis sensorik" menurut responden sebesar 91,57% dikategorikan "Sangat Layak", yang dapat diartikan bahwa produk tersebut "Sangat Layak" untuk digunakan sebagai alat bantu latihan. Berdasarkan hasil penilaian juri materi, juri praktisi, dan responden uji coba produk dan penggunaan penelitian ini menyatakan bahwa kualitas media bantu latihan kecepatan reaksi berbasis sensorik dalam Pencak silat dikategorikan "Sangat Layak" untuk digunakan.
References
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Harun, H., Hidayat, S., & Hadjarati, H. (2020). Analisis kecepatan tendangan samping pesilat remaja. Jambura Journal of Sports Coaching, 2(1), 1–7.
Ikhsan, N., Yulkifli, & Yohandri. (2018). Instrumen Kecepatan Tendangan Pencak Silat Berbasis Teknologi. Jurnal Sosioteknologi, 17(1), 124–131.
Irfandi. (2021). Analisis Survei Kemampuan Kondisi Fisik Atlet Pencak Silat Usia 14-17 Perguruan Tunas Nusantara Se-Aceh. Journal Coaching Education Sports, 2(1), 77–86. https://doi.org/10.31599/jces.v2i1.528
Kholis, N. (2016). Aplikasi nilai-nilai luhur pencak silat sarana membentuk moralitas bangsa. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 2(2). https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v2i2.508
Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis Pengembangan Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 170–187.
Mujahid, H., & Subekti, N. (2021). Analisis Taktik Pertandingan Pencak Silat Kategori Tanding Tactical Analysis of Pencak Silat Competitions in the Competing Category. Journal Coaching Education Sports, 2(2), 123–136. https://doi.org/10.31599/jces.v2i2.693
Murniati, S. (2018). Korelasional Antara Kecepatan Reaksi, Daya Ledak Otot Lengan Dan Koordinasi Mata-Tangan Dengan Keterampilan Smash Mahasiswa Fkip Jpok Unlam Banjarbaru. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 17(1), 35–40. https://doi.org/10.20527/multilateral.v17i1.5012
Mustain, A. Z., & Akbar, R. (2021). Pengembangan Alat Ukur Kecepatan Reaksi Tendangan Dan Pukulan Berbasis Whole Body Reaction (WBR) Pada Atlet Pencak Silat. Sosioedukasi: Jurnal Ilmiah, 10(1), 139–149.
Nurdin, A., Perabunita, & Pasaribu, A. M. N. (2020). Pengaruh Media Audio Visual,Video Terhadap Penguasaan Gerak Dasar “Tendangan” Pencak Silat Pada Anggota Perguruan Cimande Desa Sukadamai Kecamatan Tanjung Lago Kabupaten Banyuasin. Jurnal Speed (Sport, Physical, 3(1). https://doi.org/10.35706/jurnal%20speed.v3i1.3562
Oktarina Puspita WardaniMuhamad Afandi.Evi Chamalah. (2013). Model dan metode pembelajaran. In UNISSULA PRESS. UNISSULA PRESS.
Pino-Ortega, J., & Rico-González, M. (2021). The Use of Applied Technology in Team Sport. In The Use of Applied Technology in Team Sport. https://doi.org/10.4324/9781003157007
Rahayu, N. (2018). Tingkat Kondisi Fisik Atlet Pencak Silat di Padepokan PSHT Kabupaten Tulungagung Tahun 2017. Jurnal Simki Techsain, 02(05), 1–12.
Ratten, V. (2019). Sports Technology and Innovation. In Sports Technology and Innovation. https://doi.org/10.1007/978-3-319-75046-0
Romanova, E., Kolokoltsev, M., Vorozheikin, A., Purtova, G., Zotin, V., Vrachinskaya, T., Garov, S., Sarandev, A., & Aganov, S. (2022). Speed abilities in Kyokushin karate at the stage of initial training in 9-10-year-old boys. Journal of Physical Education and Sport, 22(10). https://doi.org/10.7752/jpes.2022.10307
Rony Syaifullah, I. L. M. (2023). Speed analysis of the front kicks technique in 2022 pencak silat world champion athletes: Kinematic analysis. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 9(1), 146–159. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v9i1.19983
Saputra, V. D. (2018). The Influence of Teaching Style and Motor Ability Level Toward Pencak Silat Learning Results on The Fifth Grade Students of SD Hj Isriati Baiturrahman 2 Semarang City. Journal of Physical Education and Sports, 7(2), 100–104. https://doi.org/https://doi.org/10.15294 /jpes.v7i2.23609
Sebayang, F. A. A., Saragih, O., & Hestina, H. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Online untuk Meningkatkan Pembelajaran Mandiri Di Masa New Normal. Pelita Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.31289/pelitamasyarakat.v2i1.4222
Shapie, M. N., Oliver, J., O’Donoghue, P., & Tong, R. (2013). Development of new field-based kick and movement speed tests in youth martial arts. Journal of Combat Sports and Martial Arts, 4(2). https://doi.org/10.5604/20815735.1090657
Sriwahyuni, I., Risdianto, E., & Johan, H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Menggunakan Flip Pdf Professional Pada Materi Alat-Alat Optik Di Sma. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 145–152. https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.145-152
Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. In PT Remaja Rosdakarya Offset.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. In Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D (pp. 283–393)
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif,dan R&D. In Alfabeta, cv.
Susanto, D. M., Maidarman, Suwirman, & Lesmana, H. S. (2020). Kondisi Fisik Atlet Pencak Silat. Jurnal Patriot, 2(3), 692–704. https://doi.org/10.4135/9780857020116.n162
Venkatraman, J., Manwar, R., & Avanaki, K. M. (2019). Development of a punch-o-meter for sport karate training. Electronics (Switzerland), 8(7). https://doi.org/10.3390/electronics8070782
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.