Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan model latihan pasing bawah pada Tim Bolavoli IKIP Budi Utomo Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan research and development Borg and Gall. Hasil analisis persentase data dari uji validasi ahli diperoleh sejumlah 87,75% dengan kategori valid untuk ahli bolavoli dan 94,75% dengan kategori valid untuk ahli media, sehingga dinyatakan valid dan dapat digunakan pada Tim Bolavoli IKIP Budi Utomo. Hasil uji lapangan pada kelompok kecil dengan subjek 8 Pemain diperoleh persentase 87,63% dengan kategori valid dan uji coba kelompok besar dengan subjek 20 Pemain diperoleh persentase sebesar 91,41% dengan kategori valid. Berdasarkan hasil validasi ahli dan uji lapangan, dapat disimpulkan bahwa model latihan pasing bawah bolavoli ini valid dan dapat digunakan pada Tim Bolavoli IKIP Budi Utomo Malang.
References
Dinata, M. (2004). Belajar Bolavoli. Jakarta: Cerdas Jaya.
Fannie, R. D., & Rohati. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis POE (Predict, Observe, Explain) pada Materi Program Linier Kelas XII SMA. Jurnal Sainmatika, 8(1), 96–109.
Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2007). Educational research : an introduction. Pearson/Allyn & Bacon. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=3fsUSgAACAAJ&dq=Borg+dan +Gall+(1983)&hl=en&sa=X&ved=0ahUKEwjl0riBjq_bAhVXT30KHe H1APIQ6AEIKTAA
Hasmara, P. S. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bolavoli Menggunakan Model Pembelajaran Aktif, Inovitif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Jurnal Bravo’s, 5(4), 161–165.
Hidayat, M. T. (2015). Peningkatan Kemampuan Pass Bawah dalam Permainan Bola Voli Melalui Latihan Pass Bawah Duduk Berdiri pada Bangku dan Pass Bawah dengan Berjalan pada Siswa Kelas VI SDN Tanggul Wetan 01 Jember. Jurnal Pancaran, 4(1), 153–164.
Iskandar, & Yulianingsih. (2015). Peningkatan Keterampilan Passing Atas dalam Permainan Bola Voli Melalui Metode Bermain Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Sungai Ambawang. Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(2), 157–169.
Muttaqin, I., Winarno, M. E., & Kuniawan, A. (2016). Pengembangan Model Latihan Smash Bolavoli pada Kegiatan Ekstrakurikuler di SMPN 12 Malang. Jurnal Pendidikan Jasmani, 26(2), 257–272.
Pasaribu, A. (2016). Pengaruh Gaya Mengajar dan Motivasi Belajar Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli Pada Siswa SMP Kelas VIII Tahun 2013/2014. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 2(2), 85-97. doi:10.29407/js_unpgri.v2i2.510.
Primayanti, I. (2016). Perbedaan Pengaruh Metode Latihan Plyometrik dan Berbeban terhadap Peningkatan Kecepatan Smash Bolavoli Ditinjau dari Kekuatan Otot Lengan. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan “GELORA,” 3(ISSN: 2355-4355), 393–404.
Rosdiani, D. (2012). Perencanaan Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (Vol. 4). Bandung: CV. Alfabeta.
Safitri, D., & Hartati, T. W. (2016). Kelayakan Aspek Media dan Bahasa dalam Pengembangan Buku Ajar dan Multimedia Interaktif Biologi Sel. Florea, 5(10), 6487–6516.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tauhidman, H., & Ramadan, G. (2018). Pengembangan Model Latihan Keseimbangan untuk Sekolah Dasar. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 4(1), 133-144. doi:10.29407/js_unpgri.v4i1.12012.
Winaryati, E., Handarsari, E., & Fathurohman, A. (2012). Analysis Pengembangan Model Pembelajaran “Wisata Lokal” pada Pembelajaran Sains. In Seminar Hasil-Hasil Penelitian-LPPM UNNIMUS 2012. Semarang: Universitas Muhammadiyah Semarang. Retrieved from http://download.portalgaruda.org/article.php?article=4484&val=426.
Yudasmara, D. (2014). Pengembangan Model Latihan Teknik Block dalam Bolavoli. Jurnal IPTEK Olahraga, 16(1), 79–102.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.