Abstract
Senam Semangat PAGI, adalah salah satu variasi senam yang diciptakan oleh tim kreasi Senam Semangat PAGI Universitas PGRI Adibuana Surabaya. Senam ini diharapkan dapat meningkatkan kebugaran tubuh dan fungsi–fungsi fisiologis manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan apakah ada pengaruh Senam Semangat PAGI (SSP) terhadap tingkat kebugaran siswa kelas XI di SMAN 4 Sidoarjo”. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, rancangan penelitian ini menggunakan one group pretest – postest design, dan analisis data menggunakan Anova. Adapun data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode TKJI. Selanjutnya data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan bantuan SPSS versi 18. Siswa sebelum melakukan SSP sebesar 131,15 sedangkan siswa setelah melakukan SSP sebesar 148,70. Selanjutnya analisis statistik Uji-T didapat nilai thitung sebesar 4,703 lebih besar dari ttabel = 3,435. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Senam Semangat PAGI terhadap tingkat kebugaran siswa kelasXI di SMAN 4 sebesar 13 %.
References
Cholik, Toho. Muhyi, Muhammad. & Fenanlampir, Albertus. 2011 .Berkarakter Dengan Berolahraga, Berolahraga Dengan Berkarakter. Surabaya: SPORT media.
Departemen Pendidikan Naional. 2004. Pedoman Dan Pengembangan Olahraga Usia Dini. Jakarta:Departemen Pendidikan Naional.
Fenanlampir, Albertus & Muhyi, Muhammad. 2015 .Tes & Pengukuran Dalam Olahraga. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.
Gempur. 2005. Metodologi penelitian. Jakarta: Prestasi Pustaka publisher.
Imam. 2012. Pengaruh Senam Pagi Terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani Siswa Kelas XII SMP Negeri 5 Mojokerto. Skripsi Sarjana Pendidikan: Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Muhajirin. 2006. Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan. Bandung: Yudhistira.
Santika. 2012. Biomekanika Olahraga. Surabaya : Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung :ALFABETA.
Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Tisnowati dan Moekarto. 2003. Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan UNIVERSITAS TERBUKA.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License