Prediksi Prestasi Lompat Jauh Gaya Menggantung Ditinjau dari Faktor Kemampuan Fisik Siswa Putra SMP
PDF

PlumX Metrics

Keywords

kemampuan fisik
lompat jauh
gaya menggantung

How to Cite

Triasmono, H. K., Sugiyanto, S., & Kristiyanto, A. (2017). Prediksi Prestasi Lompat Jauh Gaya Menggantung Ditinjau dari Faktor Kemampuan Fisik Siswa Putra SMP. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 3(2), 142-153. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v3i2.11890

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan kebenaran tentang faktor kemampuan fisik yang meliputi power otot tungkai, power otot perut, fleksibilitas togok, fleksibilitas punggung, kecepatan dan koordinasi mata kaki dalam memprediksi prestasi lompat jauh gaya menggantung pada siswa putra SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa putra SMP Negeri 2 Bulukerto, jumlah 212 siswa dan sampel 100 siswa, teknik sampling yang digunakan purposive random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi regresi dengan melakukan pengujian prasyarat uji normalitas dan linieritas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi dan korelasi masing-masing prediktor dan analisis regresi ganda serta korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketika faktor kemampuan fisik secara bersamaan memprediksi prestasi lompat jauh gaya menggantung, maka akan terjadi peningkatan prestasi lompat jauh gaya menggantung sebesar 1.09 untuk setiap peningkatan 1 unit pengukuran power otot tungkai, peningkatan sebesar 0.06 untuk setiap peningkatan 1 unit pengukuran power perut, peningkatan sebesar 0.3 untuk setiap peningkatan 1 unit pengukuran fleksibilitas togok, peningkatan sebesar 0.6 untuk setiap peningkatan 1 unit pengukuran fleksibilitas punggung, peningkatan sebesar 0.3 untuk setiap peningkatan 1 unit pengukuran kecepatan, dan peningkatan sebesar 0.02 untuk setiap peningkatan 1 unit pengukuran koordinasi mata kaki. Kesimpulan dari penelitian ini adalah faktor kemampuan memiliki hubungan dan dapat memprediksi prestasi lompat jauh gaya menggantung.

https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v3i2.11890
PDF

References

Adisasmita, Y & Syarifuddin, A. 1996. Ilmu Kepelatihan Dasar. Jakarta: Depdikbud. Dirjen dikti.Proyek Pendidikan Tingkat Akademik.

Bahagia, Y, Yusuf, U & Suherman, A. 2000. Atletik. Jakarta: Depdiknas

M. Furqon H. 2000. Pengembangan Bakat Olahraga. Surakarta: Pusat Penelitian Keolahragaan (Puslibang-OR) UNS.

Muhidin, A S & Maman, A. 2009. Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur Dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia

Mutohir, T C, Maksum & Ali. 2007. Sport Development Index (Konsep Metodologi dan Aplikasi). Jakarta: PT. Indeks.

Sajoto, M. 1995. Peningkatan dan Pembinaan Kondisi Fisik Dalam Olahraga. Semarang: Dahara Prize.

Sharkey, B.J. 2003. Kebugaran dan Kesehatan. Cetakan pertama. Penerbit PT Raja Grafindo Persada, Jakarta. Hal 34.

Sudjarwo. 1989. Beberapa Aspek Pengembangan Sumber Belajar. (Jakarta: PT Mediyatama Sarana Perkasa)
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Copyright (c) 2017 Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.