PENILAIAN KUALITAS JASA PELAYANAN LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR PRIMAGAMA BERDASARKAN PREFERENSI KONSUMEN (Studi kasus: Primagama cabang Medan)
Abstract
PRIMAGAMA merupakan bimbingan belajar bagi siswa-siswi SMA atau sederajat
untuk mencapai kelulusan dan dapat melanjutkan studinya keperguruan tinggi yang
dikehendakinya. Banyaknya lembaga pendidikan yang bermunculan saat ini, menjadikan acuan
bagi PRIMAGAMA untuk meningkatkan mutu pelayanan agar sesuai dengan harapan
konsumen (siswa didik). Untuk Itu perlu dilakukan penilaian terhadap kualitas jasa pelayanan
pada LBB tersebut. Penilaian kualitas jasa pelayanan dimaksudkan untuk menentukan atribut
kualitas jasa berdasarkan pada tingkat kepentingan konsumen terhadap atribut kualitas jasa
tersebut dan tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas atribut jasa pelayanan tersebut.
Metode Servperf dapat digunakan untuk memilah nilai kualitas jasa pelayanan sehingga dapat
digunakan untuk menentukan pioritas penanganannya.
References
Azwar, S. 1997. Reliabilitas dan Validitas.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Cohen, L. 1999. How to Make QFD Work For You. USA: Addison Wesley.
Kotler, P. 1994. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. 1997. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Marzuki. 2002. Metodologi Riset. Yogyakarta: BPFE-UII.
Nasution, M.N. 2001. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Jakarta: Ghalia Indonesia.
Prayitno, T. 2003. Analisa Perencanaan dan Pengembangan Produk dengan Metode QFD dan Ditinjau dari Aspek Ergonomi. Surakarta: Teknik Industri UMS.
Raya, D.P. 2004. Evaluasi Kepuasan Konsumen terhadap Kualitas Produk Almari dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD). Surakarta: Teknik Industri UMS.
Sallis, E. 2006. Total Quality Manajemen In Education: Manajemen Mutu Pendidikan. Yogyakarta: IRCiSoD.
Sugiyono. 1994. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Sutanto, Y., Singgih, M., Pawitra, T. 2004. Peningkatan Kualitas Layanan di RSUD XX. Surabaya: Teknik Industri Universitas Surabaya.
Umar, H. 1999. Metodologi Penelitian Aplikasi dalam Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Wahyu, A. D. 1999. Manajemen Kualitas. Yogyakarta: Universitas Atmajaya.
Yamit, Z. 2001. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta: Ekonesia.
Copyright (c) 2022 ALI RAMADHAN ALI, Razali Razali
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License