ANALISIS UKURAN KINERJA SISTEM PELAYANAN PADA ANTRIAN ALFAMIDI JALAN HS. RONGGO WALUYO KARAWANG
DOI:
https://doi.org/10.29407/noe.v4i1.15909Keywords:
Manajemen Operasional, Sistem Antrian, Model Antrian (M/M/1).Abstract
Antrian merupakan masalah yang hampir selalu dtemukan, salah satu masalah antrian yang sering ditemui adalah di supermarket atau minimarket salah satunya adalah Alfamidi yang terletak di jl.HS Ronggo Waluyo Karawang. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui optimalisasi sistem antrian, jumlah pelanggan dalam antrian, waktu yang dihabiskan pelanggan dalam antrian, waktu yang dihabiskan dalam sistem dan pemanfaatn sistem antrian di Alfamidi. Jenis penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif, Analisis data yang digunakan untuk penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Dari hasil pengujian pada data penelitian yang dilakukan di Alfamidi diperoleh pola kedatangan pelanggan berdistribusi Poisson dan waktu pelayanan berdistribusi Eksponensial. Pembeli dilayani oleh 2 server dengan peraturan pelanggan pertma dilayani lebih dahulu serta kapasitas sistem dan sumber yang tak
terbatas. Berdasarkan notasi Kendall sistem antrian pada server di Alfamert mengikuti model M/M/1. dapat diketahui rata-rata laju kedatangan pembeli adalah λ = 0,28 dan 0,30 kedatangan permenit. Rata-rata laju pelayanan pembeli adalah μ = 1,13 dan 1,56 menit pelayanan perorang. Rata-rata dalam 1 jam jumlah pembeli yang menunggu dalam antrian sebelum mendapatkan pelayanan adalah 0,0327 dan 0,002 (1) pembeli. rata-rata waktu yang dihabiskan seorang dalam antrian 0,12 dan 0,006 menit. Rata-rata waktu yang dihabiskan oleh seorang pembeli dari awal memasuki antrian sampai selesai dilayani adalah sekitar 1,0049 dan 0,65 menit. Rata-rata dalam satu jam jumlah total pembeli yang sedang berada dalam antrian dan pembeli yang sedang dilayani adalah 0,281 dan 0,19 (1) pembeli. Peluang tidak adanya pembeli atau peluang loket pelayanan mengganggur yaikni 59,98 % dan 81,81 %.
References
Botutihe, K., Sumarauw, J. S. B., & Merlyn M Karuntu. (2018). Analisis Sistem Antrian Teller Guna Optimalisasi Pelayanan Pada Pt . Bank Negara Indonesia ( BNI ) 46 CABANG UNIT KAMPUS.
Jurnal EMBA, 6(3), 1388 – 1397. Fatimah Maharani Siregar. (2015). Faculty of Economics Riau University, Pekanbaru Indonesia. Jom FEKON, 2(2), 1 – 13.
Manalu, C., & Palandeng, I. (2019). Analisis Sistem Antrian Sepeda Motor Pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (Spbu) 74.951.02 Malalayang. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(1), 551 – 560. https://doi.org/10.35794/emba.v7i1.22444
Ridwansyah, R. (2017). Peningkatan Kinerja Pelayanan Pasien untuk Meminimalkan Antrian dengan Waiting Line Method. Information System for Educators and Professionals, 1(2), 167 – 174.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License