Penerapan Metode SWOT & AHP Untuk Menentukan Strategi Pengembangan dan Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus: PT. Spindo Tbk.)

(Studi Kasus: PT. Spindo Tbk.)

Authors

  • Rachmat Yustiawan Hadi Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
  • Rudi Hartono Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
  • Syahrul Ramadhan Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
  • , Reza Hidayat Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
  • Ni Luh Putu Hariastuti Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.29407/noe.v7i02.22940

Keywords:

Strategi, SWOT, AHP, Industri Baja

Abstract

PT. Spindo Tbk. ( PT. Steel Pipe Industri Of Indonesia ) merupakan suatu perusahaan dalam negeri yang berpengalaman dalam memproduksi berbagai macam Pipa baja / Tabung dan berbagai produk terkait lainnya, serta selalu inovatif dalam rangka memenuhi kebutuhan – kebutuhan spesifikasi para konsumennya, Untuk mengembangkan strateginya perlu menggunakan metode SWOT untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal perusahaan dan Analytical Hierarchy Process ( AHP ) untuk menilai bobot pendukung keputusan strategi. Dengan harapan  setelah menggunakan metode SWOT dan AHP. PT. Spindo Tbk. Dapat mengembangkan strateginya guna bersaing dengan kompetitornya. Setelah dilakukan identifikasi menggunakan metode SWOT posisi perusahaan berada pada titik koordinat 1 yang artinya penyusunan strategi alternatif mengarah pada penerapan strategi pertumbuhan dan mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif dengan memanfaatkan peluang yang ada serta kekuatan internal yang dimiliki oleh perusahaan sehingga memberikan value bagi perusahaan. Berdasarkan hasil pembobotan pada metode AHP, dapat disimpulkan bahwa alternatif strategi SO 1(Mempertahankan Kualitas produk yang unggul, ditunjang oleh teknologi Produksi dan infrastruktur yang handal & mengembangkan inovasi dan teknologi untuk meningkatkan efisiensi Produksi, serta Acuan standart nasional dan internasional dalam proses produksi, Pelayanan customer yang responsive, untuk mendapatkan penilaian positif dari konsumen dan meningkatkan loyalitas kosumen terhadap produk) memiliki nilai bobot paling tinggi yang artinya strategi ini perlu dipriopitaskan terlebih dahulu untuk mencpai tujuan perusahaan yaitu mengembangkan strategi usaha untuk bersaing dengan kopetitornya

References

Suwandi, Edi. Andriani,Meri. Irawan, Heri. 2023. Proposed Marketing Strategy to Increase Service Sales Using the SWOT-Analytic Hierarchy Process Method (Case Study at The Ganteng Barber, Langsa City) : Jurnal Umum Teknik Terapan Fakultas Teknik Universitas Samudra, Vomune 10, No.1

Hambali, Achmad. Andarini, Sonja . 2021. Formulasi Strategi Pengembangan Bisnis Menggunakan Pendekatan Business Model Canvas (BMC) dan SWOT Analysis dalam upaya meningkatkan daya saing pada piring seng coffee & Co Tunjungan Surabaya: Journal Of Applied Business Administration, Volume, No. 131 – 142

Prasasti, Laura. Feranika, Ayu. 2024. Perencanaan Strategi Pengembangan Usaha Menggunakan Formulasi Matrik SWOT dan Metode QSPM : Journal of Trends Economic anda Accounting Reserch . Volume 4, No.3

Suryani Oktari, Rina. Sofyan, Hizir, Munadi, Khairul. 2022 . Knowledge management strategy for managing disaster and the COVID-19 pandemic in Indonesia: SWOT analysis based on the analytic network process : International Journal of Disaster Risk Reduction. Volume 85

Komal, Samina. Saad, Samch. 2024 . Supply Chain Management Strategies Approach For the UK Textile Industry : Procedia Computer Science. Volume 232. No 117 – 127

Heikoop, Rick. Imam Wahyudi, Slamet, Pratiwi Adi, Heny . 2024 . Stakeholder engagement in urban water management: A SWOT analysis of the Banger polder system in Semarang: Environmental Challenges. Volume 14

Habib Abdillah, Achmad. Suhartini.2023. Analisis SWOT dan AHP Untuk Menentukan Strategi Pengembangan Dalam Persaingan Usaha (Studi Kasus: UD. Duta Sumber Ayem Niaga ) : Journal of Research anda Technology. Volume 9, No.2

Darmanto, Ipan. 2017 . Penggunaan Analisis SWOT dan AHP Untuk Menentukan Strategi Sistem Informasi Pada 58 Karpet: Jurnal Ilmu- Ilmu Informatika dan Manajemen. Volume 11, No. 1

Puri Rahayu, Vitria. Fitri Asuti, Radna. Mustangin. Trees Sandy, Aisyah. 2022. Analisis SWOT dan Business Model Canvas (BMC) Sebagai Solusi dalam Menentukan Strategi Pengembangan Usaha Kuliner: International Journal Of Community Service Learning.Volume 6, No.1

Bahtiar Abdillah, Muhammad. Marsya Aulia Hakim,Raden. Melisa Dimitri, Devi. Zahra, Fitryah. 2017. Business Strategy Analysis On Sme Bamboo Crafts In Bandung City: Volume 2, No.3

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-10-13

How to Cite

Hadi, R. Y., Hartono, R. ., Ramadhan, S., Hidayat, , R. ., & Hariastuti, N. L. P. (2024). Penerapan Metode SWOT & AHP Untuk Menentukan Strategi Pengembangan dan Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus: PT. Spindo Tbk.): (Studi Kasus: PT. Spindo Tbk.). Nusantara of Engineering (NOE), 7(2), 140–149. https://doi.org/10.29407/noe.v7i02.22940