SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI PEMBAYARAN PADA PONDOK PESANTREN AS-SA’IDIYYAH 1 BAHRUL ULUM BERBASIS WEBSITE

  • Lailatul Badriyah Universitas K. H. A. Wahab Hasbullah
  • Nur Khafidhoh Universitas K. H. A. Wahab Hasbullah
Abstract views: 169 , PDF downloads: 178
Keywords: Sistem Informasi Pembayaran, Pondok Pesantren, Framework CodeIgniter, Waterfall

Abstract

Sistem informasi yang berjalan di Pondok Pesantren As-saidiyyah 1 Bahrul Ulum, dalam pengolahan data pembayaran santri masih menggunakan sistem komputerisasi sederhana. Walaupun sudah di dukung dengan komputer tetapi hanya memanfaatkan office standar (Micrososft Office Excel dan Word) sehingga memungkinkan banyak sekali kesalahan dalam pengolahan data pembayaran, dan  menyebabkan pelayanan administrasi yang diberikan oleh Pondok Pesantren As-saidiyyah 1 Bahrul Ulum menjadi kurang efisien, serta mengakibatkan kesulitan dalam pencarian data dan menyita waktu relatif lama dalam pembuatan laporan. Untuk membantu dalam menyelesaikan masalah tersebut perlu adanya suatu sistem informasi administrasi pembayaran yang baru agar setiap pekerjaan yang menyangkut pengolahan data pembayaran santri dapat dikurangi tingkat kesalahannya serta dapat memberikan pelayanan yang lebih efisien. Sistem informasi ini dibangun menggunakan framework codeigniter karena mampu berjalan dengan baik hampir pada semua platform hosting, dan juga mendukung database-database paling umum, termasuk MySql, sehingga dapat mempercepat dan mempermudah pembangunan website. Sistem ini dikembangkan dengan metode Waterfall. Dalam artikel ini, kami menjelaskan bagaimana pesantren dapat memanfaatkan teknologi web untuk mengotomatisasi proses pembayaran seperti uang syahriyah bulanan, biaya daftar ulang tahunan, dan pembayaran lainnya. Dalam kesimpulan, artikel ini menggarisbawahi bahwa sistem pembayaran berbasis website adalah alat yang efektif dan relevan dalam pengelolaan keuangan pesantren modern. Dengan penerapan yang baik, sistem ini dapat membantu pesantren meningkatkan efisiensi administratif, meningkatkan transparansi keuangan, dan meningkatkan layanan kepada orangtua dan wali santri.

References

Al Bastomi, A. H. M. A. D. (2016). Strategi Guru Pai Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Smp Islam Al Azhaar Tulungagung.

Awaloedin, D. T., & Nurrahmi, H. (2018). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Keuangan Santri Di Pondok Pesantren Darul Kholidin Bogor. Jurnal Rekayasa Informasi, 7(1).

Erinton, R., Negara, R. M., & Sanjoyo, D. D. (2017). Analisis Performasi Framework Codeigniter Dan Laravel Menggunakan Web Server Apache. eProceedings of Engineering, 4(3).

Kahfi, S., & Kasanova, R. (2020). Manajemen Pondok Pesantren Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pondok Pesantren Mambaul Ulum Kedungadem Bojonegoro). Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 3(1), 26-30.

Luki Anisa, I. (2020). Perancangan Sistem Informasi Administrasi Pembayaran Berbasis Web Pada Pondok Pesantren Al-Qosim Jambi (Doctoral dissertation, Universitas Dinamika Bangsa).

Ordila, R., & Nasution, S. (2022). Rancang Sistem Penerimaan Santri Baru Pondok Pesantren Bahrul Ulum Berbasis Web. Jurnal Ilmu Komputer, 11(1), 51-56.

Purwanto, A. (2021). Sistem Informasi Pembayaran Syahriah Pondok Pesantren Daarul Qur’an Ammr Tlogosari Kulon Semarang Berbasis Web Dan Notifikasi Email. Journal of Information System and Computer, 1(1), 16-21.

Raswati, I., & Kurniawan, A. B. (2022). Perancangan Sistem Informasi Pembayaran Administrasi di Sekolah Menengah Kejuruan Marga Insan Kamil. J-SIKA| Jurnal Sistem Informasi Karya Anak Bangsa, 4(1), 1-7.

Rochman, A., Sidik, A., & Nazahah, N. (2018). Perancangan Sistem Informasi Administrasi Pembayaran SPP Siswa Berbasis Web di SMK Al-Amanah. Jurnal Sisfotek Global, 8(1).

Suhasto, R. I. N., Kirowati, D., & Anggraeny, S. N. (2021). Penerapan Aplikasi Laporan Keuangan Pondok Pesantren Berbasis Web. Monex: Journal of Accounting Research, 10(2), 150-155.

Sutedi, A., Septiana, Y., & Halim, R. A. (2021). Sistem Informasi Akademik Santri Berbasis Web di Pondok Pesantren. Jurnal Algoritma, 18(1), 151-161.

Wahid, A. A. (2020). Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi. J. Ilmu-ilmu Inform. Dan Manaj. STMIK, no. November, 1-5.

PlumX Metrics

Published
2023-10-26
How to Cite
Badriyah, L., & Khafidhoh , N. (2023). SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI PEMBAYARAN PADA PONDOK PESANTREN AS-SA’IDIYYAH 1 BAHRUL ULUM BERBASIS WEBSITE. Nusantara of Engineering (NOE), 6(2), 118-123. https://doi.org/10.29407/noe.v6i2.21094