Kemampuan Matematika Pentingnya Penilaian Kemampuan Matematika Yang Berbasis Pada Proses Pembelajaran
Penilaian: Kemampuan Matematika: Proses Belajar
DOI:
https://doi.org/10.29407/jmen.v3i1.776Abstract
Abstak: Penilaian pembelajaran merupakan instrument untuk mengetahui tingkat keberhasilan peserta didik, penilaian bukan satu-satunya keberhasilan dalam pembelajaran. Pendidikan yang hanya mementingkan penilaian akan mengalami kemunduran dari waktu ke waktu. Dengan demikian, perlu dipadukan dengan proses pembelajaran, keduanya memiliki peran sendiri-sendiri. Pembelajaran yang tujuan akhirnya menilai, memilki hubungan dengan aspek kognitif bermanfaat untuk mengetahui tingkat pemahaman dan pengetahuan peseta didik. Sedangkan proses pembelajaran lebih cenderung memilki hubungan dengan aspek afektif dan psikomotorik. Manfaat aspek aefektif meliputi penumbuhan 7 karakter yaitu sikap, minat, nilai-nilai, pilihan, kepercayaan diri, fokus kendali, kecemasan. Adapun manfaat aspek psikomotorik yaitu menumbuhkan imitasi, manipulasi, presisi, artikulasi dan naturalisasi. Pengukuran dan penilaian yang diberikan tidak hanya bertujuan mendapatkan skor, tetapi ada umpan balik dan tindak lanjut. Proses pembelajaran matematika lebih utama daripada penilaian, walaupun keduanya memiliki peran tersendiri. Proses pembelajran memilki nilai lebih pada keseluruhan siswa dalam satu kelas dibandingkan dengan penilaian yang pengamatan hasilnya tertuju pada individu.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License