Dampak Perundungan Pada Aktivitas Belajar Siswa SMPN 42 Palembang
Isi Artikel Utama
Abstrak
Fenomena perundungan sering terjadi tidak hanya di Indonesia, bahkan di belahan dunia dan dapat dialami semua orang. Kasus perundungan di Indonesia menarik perhatian banyak kalangan, terutama dalam dunia pendidikan terjadi di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebabnya serta dampaknya pada aktivitas belajar siswa. Metode penelitian yang di gunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan teknik tringulasi. Hasil penelitian ini membuktikan perundungan yang terjadi di SMP Negeri 42 Palembang baik secara verbal maupun fisik, faktor di sebabkan karena ketidakmampuan siswa mempertahankan diri, sehingga membuat pelaku perundungan melakukan perbuatan secara terus-menerus. Peran keluarga, pengalaman masa kecil, dan lingkungan sekolah mempunyai dampak berakibat perundungan hingga dalam aktivitaa belajar. Peran guru bimbingan dan konseling dibutuhkan untuk memberikan layanan konseling pada korban maupun pelaku perundungan agar tidak terjadi lagi dan menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman dilingkungan sekolah.
Unduhan
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Referensi
Agustin, M., Yensy, N. A., & Rusdi, R. (2017). Upaya meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran problem posing tipe pre solution posing di smp negeri 15 kota bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 66-72. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.66-72
Andreas, A., Tri Panudju, A., Nugraha, A., Purba, F., Erlina, I., Nurbaiti, S., Pd, Septaria, Y., Kalalinggi, S., Si, M., Afifah, S., Suheria, M., Pd, S., Pd, M., Elsandika, M., Ricky, Y., Setiawan, A., Alfiyani, S., Keb, M., & Lentera, C. (2024). Metodologi Penelitian. CV. Gita Lentera.
Dapodik. (2021). 4 Karakteristik Pelaku Bullying (Perundungan). Dapodik.Co.Id. https://www.dapodik.co.id/2021/10/4-karakteristik-pelaku-bullying.html
Educhanel, (2021). Aktivitas Belajar. Educhanel Indonesia. https://educhannel.id/artikel/Belajar-dan-Pembelajaran/aktivitas-belajar.html
Farhan, L. P., & Hadisaputra, P. (2022). The Responses of Religions Outside of Islam toward the Ecological Crisis: A Literature Review. Millah: Journal of Religious Studies, 21(2), 411–432. https://doi.org/10.20885/millah.vol21.iss2.art4
Taty. F, Ferdian, L., Utama, B., & Nurbaiti. (2023). Meretas Perilaku Bullying : Toxic Relantionship di Sekolah: Bentuk toxic yang paling sering dilakukan adalah body shaming, menjadikan penampilan fisik sebagai bahan candaan. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16, 117–125. https://doi.org/10.32678/dedikasi.v16i2.9478
Hasanah, H. (2017). Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163
Maghfiroh, N., Nasir, M., & Nafi’ah, S. (2022). Dampak perilaku bullying terhadap motivasi belajar siswa. As-Sibyan, 4(2), 125–136. https://doi.org/10.52484/as_sibyan.v4i2.241
Mansyur, Z. (2021). Pola Penanganan Perilaku Bullying Pada Sekolah Dasar. JIVA : Journal of Behavior and Mental Health, 2(2). https://doi.org/10.30984/jiva.v2i2.1770
Munawarah, & Dian, R.R. (2022). Dampak Bullying Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini (Studi Kasus) Di Raudhatul Athfal Mawar Gayo. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 8(2). http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v8i2.14468
Oktaviany, D., & Ramadan , Z. H. (2023). Analisis Dampak Bullying Terhadap Psikologi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1245–1251. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5400
Permata, N., Purbasari, I., & Fajrie, N. (2021). Analisa Penyebab Bullying Dalam Kasus Pertumbuhan Mental Dan Emosional Anak. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(2). https://doi.org/10.24176/jpi.v1i2.6255
Rifiani, D. (2023). Fenomena Bullying Dan Upaya Preventif Untuk Meminimalisir Ekses Psikologis Peran Peserta Didik. 2, 192–203. https://doi.org/10.21776/ub.jcerdik.2023.002.02.10
Solkhanuddin, S., Deswalantri, D., & Santosa, B. (2020). Upaya Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Membentuk Karakter Siswa di MAN 3 Agam Kubang Putih. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 3(1), 23-29. http://dx.doi.org/10.24014/egcdj.v3i1.9270
Yenes, I. (2016). Perilaku Bullying dan Peranan Guru BK/Konselor dalam Pengentasannya (Studi Deskriptif terhadap Siswa SMP Negeri 3 Lubuk Basung). Konselor, 5(2), 116-123. https://doi.org/10.24036/02016526549-0-00