Dampak Perundungan Pada Aktivitas Belajar Siswa SMPN 42 Palembang

Isi Artikel Utama

Nurlaila Oktariana
Edi Harapan
Taty Fauzi

Abstrak

Fenomena perundungan sering terjadi tidak hanya di Indonesia, bahkan di belahan dunia dan dapat dialami semua orang. Kasus perundungan di Indonesia menarik perhatian banyak kalangan, terutama dalam dunia pendidikan terjadi di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebabnya serta dampaknya pada aktivitas belajar siswa.  Metode penelitian yang di gunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan teknik tringulasi. Hasil penelitian ini membuktikan perundungan yang terjadi di  SMP Negeri 42 Palembang baik secara verbal maupun fisik, faktor di sebabkan karena ketidakmampuan siswa mempertahankan diri, sehingga membuat pelaku perundungan melakukan perbuatan secara terus-menerus. Peran keluarga, pengalaman masa kecil, dan lingkungan sekolah mempunyai dampak berakibat perundungan hingga dalam aktivitaa belajar. Peran guru bimbingan dan konseling dibutuhkan untuk memberikan layanan konseling pada korban maupun pelaku perundungan agar tidak terjadi lagi dan menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman dilingkungan sekolah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Oktariana, N., Harapan, E., & Fauzi, T. (2024). Dampak Perundungan Pada Aktivitas Belajar Siswa SMPN 42 Palembang. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 11(3), 215–223. https://doi.org/10.29407/nor.v11i3.22949
Bagian
Artikel

Referensi

Agustin, M., Yensy, N. A., & Rusdi, R. (2017). Upaya meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran problem posing tipe pre solution posing di smp negeri 15 kota bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 66-72. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.66-72

Andreas, A., Tri Panudju, A., Nugraha, A., Purba, F., Erlina, I., Nurbaiti, S., Pd, Septaria, Y., Kalalinggi, S., Si, M., Afifah, S., Suheria, M., Pd, S., Pd, M., Elsandika, M., Ricky, Y., Setiawan, A., Alfiyani, S., Keb, M., & Lentera, C. (2024). Metodologi Penelitian. CV. Gita Lentera.

Dapodik. (2021). 4 Karakteristik Pelaku Bullying (Perundungan). Dapodik.Co.Id. https://www.dapodik.co.id/2021/10/4-karakteristik-pelaku-bullying.html

Educhanel, (2021). Aktivitas Belajar. Educhanel Indonesia. https://educhannel.id/artikel/Belajar-dan-Pembelajaran/aktivitas-belajar.html

Farhan, L. P., & Hadisaputra, P. (2022). The Responses of Religions Outside of Islam toward the Ecological Crisis: A Literature Review. Millah: Journal of Religious Studies, 21(2), 411–432. https://doi.org/10.20885/millah.vol21.iss2.art4

Taty. F, Ferdian, L., Utama, B., & Nurbaiti. (2023). Meretas Perilaku Bullying : Toxic Relantionship di Sekolah: Bentuk toxic yang paling sering dilakukan adalah body shaming, menjadikan penampilan fisik sebagai bahan candaan. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16, 117–125. https://doi.org/10.32678/dedikasi.v16i2.9478

Hasanah, H. (2017). Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163

Maghfiroh, N., Nasir, M., & Nafi’ah, S. (2022). Dampak perilaku bullying terhadap motivasi belajar siswa. As-Sibyan, 4(2), 125–136. https://doi.org/10.52484/as_sibyan.v4i2.241

Mansyur, Z. (2021). Pola Penanganan Perilaku Bullying Pada Sekolah Dasar. JIVA : Journal of Behavior and Mental Health, 2(2). https://doi.org/10.30984/jiva.v2i2.1770

Munawarah, & Dian, R.R. (2022). Dampak Bullying Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini (Studi Kasus) Di Raudhatul Athfal Mawar Gayo. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 8(2). http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v8i2.14468

Oktaviany, D., & Ramadan , Z. H. (2023). Analisis Dampak Bullying Terhadap Psikologi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1245–1251. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5400

Permata, N., Purbasari, I., & Fajrie, N. (2021). Analisa Penyebab Bullying Dalam Kasus Pertumbuhan Mental Dan Emosional Anak. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(2). https://doi.org/10.24176/jpi.v1i2.6255

Rifiani, D. (2023). Fenomena Bullying Dan Upaya Preventif Untuk Meminimalisir Ekses Psikologis Peran Peserta Didik. 2, 192–203. https://doi.org/10.21776/ub.jcerdik.2023.002.02.10

Solkhanuddin, S., Deswalantri, D., & Santosa, B. (2020). Upaya Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Membentuk Karakter Siswa di MAN 3 Agam Kubang Putih. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 3(1), 23-29. http://dx.doi.org/10.24014/egcdj.v3i1.9270

Yenes, I. (2016). Perilaku Bullying dan Peranan Guru BK/Konselor dalam Pengentasannya (Studi Deskriptif terhadap Siswa SMP Negeri 3 Lubuk Basung). Konselor, 5(2), 116-123. https://doi.org/10.24036/02016526549-0-00