Validitas Media Pori (Podcast Ruang Bicara) Dalam Meningkatkan Self Esteem Siswa SMA

Isi Artikel Utama

Indri Novia Larasati
Muwakhidah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan meningkakan self esteem (harga diri) siswa yang rendah berdasarkan urgensi permasalahan yang dirasakan remaja di tingkat sekolah menengah atas. Model penelitian yang diterapkan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) prosedur Borg and Gall. Prosedur tersebut terdiri dari tiga langkah yaitu studi pendahuluan, perencanaan dan pengembangan produk media serta uji produk. Pada tahap uji produk dilakukan dua uji yaitu uji ahli dan uji calon pengguna. Pengumpulan data menggunakan angket akseptabilitas sebagai penilaian produk media serta angket self esteem sebagai penilaian untuk siswa. Teknik analisis data menggunakan inter-rater-agreement. Hasil penelitian menunjukkan media PORI memenuhi kriteria ketepatan, kegunaan, kelayakan melalui hasil dari uji ahli dan uji calon pengguna. Namun penelitian ini berhenti pada tahap calon pengguna tidak sampai pada kelompok terbatas. Rata-rata yang diperoleh melalui uji ahli media dan isi yaitu 1 artinya media ini akseptabilitas nya sangat baik dan berterima secara teoritik. Hasil uji calon pengguna pada 60 responden siswa SMA memiliki kategori tinggi dengan nilai 80% dari 48 responden, kategori sedang 18,3% dari 11 responden, dan kategori rendah 1,6% dari 1 responden. Maka dapat disimpulkan bahwa media PORI berterima dalam meningkatkan self esteem (harga diri) siswa SMA.

Downloads

Download data is not yet available.

Rincian Artikel

How to Cite
Larasati, I. N., & Muwakhidah, M. (2023). Validitas Media Pori (Podcast Ruang Bicara) Dalam Meningkatkan Self Esteem Siswa SMA. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 10(1), 123-136. https://doi.org/10.29407/nor.v10i1.18633
Bagian
Artikel
Bookmark and Share

Referensi

Baron and Byrne. 2002. Psikologi Sosial Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Branden, N. 1992. The Power of Self Esteem. Florida: Health Communication Inc.

Dachmiati, S., dan Amalia, R. 2017. “Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Self-Esteem Siswa”. Jurnal Fokus Konseling. Vol. 3. No. 2, Hal 149.

Guindon, M.H. 2009. Self-Esteem Across The Lifespan: Issues and Interventions.

Habsy, B. A. 2017. “Model Konseling Kelompok Cognitive Behavior untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa SMK”. Jurnal PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan. Vol. 31. No. 1, Hal 21-35.

Handaka, I. B., dan Maulana, C. 2017. “Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Implementasi Gerakan Literasi Nasional”. Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling. Vol. 1. No. 1, Hal 227-237.

Hidayati, N.W. 2016. “Hubungan Harga Diri dan Konformitas Teman Sebaya dengan Kenakalan Remaja”. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia. Vol. 1. No 2, Hal 31-36.

Mayangsari, D., dan Tiara D. R. 2019. “Podcast sebagai Media Pembelajaran di Era Milenial”. Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi. Vol. 2. No. 2, Hal 126-135.

Phillips, B. 2017. “Student-Produced Podcast in Language Learning-Exploring Student Perceptions of Podcast Activities”. IAFPR Journal of Education. Vol. 5. Issue 3.

Prasetya., Angga, D., Japar, M. 2020. “Web-based Cyber Counseling to Improve Students Counseling Interest”. Jurnal Bimbingan Konseling. Vol. 9. No. 2, Hal 144-150.

Puluhalawa, M., Djibran, R. M., dan Pautina, R. M. 2017. “Layanan Bimbingan Kelompok dan Pengaruhnya Terhadap Self-Esteem Siswa”. Proceeding Seminar dan Lokakarya Nasional Revitalisasi Laboratorium dan Jurnal Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan dan Konseling Berbasis KKNI. Hal 301-309.

Refnadi, R. 2018. “Konsep Self Esteem Serta Implikasinya Pada Siswa”. Jurnal Educatio. Vol. 4. No. 1, Hal 16-22.
Riyani., dan Sari, A. Y. 2020. “Penggunaan Podcast untuk Memperbaiki Pengucapan (Pronunciation) Mahasiswa dalam Berbicara Bahasa Inggris”. Research Fair Unisri. Vol. 4. No 1, Hal 1-15.

Rosenberg, M. 1965. Society and The Adolescent Self-Image. Princeton, NJ: Princeton University Press.
Santrock, J. W. 2003. Adolescence: Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.

Sriyono, H. 2017. “Efektivitas Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa”. Research and Development Journal of Education. Vol. 4. No. 1, Hal 23-43.

Sukoco, dan Nurindah, N. 2018. “Upaya Meningkatkan Minat Mengikuti Layanan Bimbingan Klasikal Melalui Media Audio Visual”. Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling Karir di Era Disrupsi.

Tapp, D. 2013. “The Innovative Use of Podcasting to Support Under Represented Groups”. Innovative Practice in Higher Education. Vol. 1. No. 3, Hal 1-8.

Triwahyuningsih, Y. 2017. “Kajian Meta-Analisis Hubungan antara Self Esteem dan Kesejahteraan Psikologis”. Buletin Psikologi. Vol. 25. No. 1, Hal 26-35.

Wasi’ah, U. D. A. 2019. Bimbingan dan Konseling Islam dengan Family Therapy untuk Mengatasi Rendahnya Self Esteem Anak Broken Home di Wonocolo Surabaya. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Zayana., Jumaidin L. O., dan Jaya, A. 2019. “Hubungan antara self esteem dengan School Bullying Pada Facebook Remaja SMA Negeri 4 Kendari”. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO. Vol. 4. No. 4, Hal 135-144.