Pengembangan Skala Karakter Empati Siswa Kelas XI SMA

Isi Artikel Utama

Ardhya Wira Santi
Santy Andrianie
Restu Dwi Ariyanto

Abstrak

Manusia adalah makhluk yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain, empati merupakan hal yang sangat diperlukan bagi setiap manusia, empati dikatakan sebagai inti dari emosi, mengingat pentingnya karakter empati bagi setiap manusia, hal ini perlu ditumbuhkan dan berkembang dalam diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas skala empati. Peneliti menggunakan desain pengembangan instrumen yang terdiri dari: (1) research and informing; (2) perencanaan; (3) mengembangkan bentuk awal produk; (4) uji lapangan pendahuluan; (5) revisi produk utama. Populasi dalam penelitian ini adalah 270 siswa kelas XI SMAN 1 Pare dengan sampel 30 siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan korelasi product-moment dan Cronbach's Alpha. Dari rancangan instrumen awal sebanyak 30 item terdapat 30 item yang tidak valid, menyisakan 23 item yang valid sedangkan nilai cronbach alpha sebesar 0,852 yang termasuk dalam kategori baik. Dengan demikian, instrumen siap digunakan.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Artikel

Referensi

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ariyanto, R. D., Hanggara, G. S., & Andrianie, S. (2020). Pengembangan Inventori Karakter Konseli (IKONS) Berbasis Nilai-Nilai Pribadi Ir. Soekarno. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 5(2), 51–59.
https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jmk.v5i2.4918

Ariyanto, R. D., Mappiare-AT, A., & Irtadji, M. (2017). Identifikasi Karakter Ideal Konseli Menurut Teks Kepribadian Founding Fathers Indonesia : Kajian Dalam Perspektif Fromm. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 1(2), 174. https://doi.org/10.26740/jp.v1n2.p174-182

Azwar, S. (2015). Penyusunan Skala Psikologi. In Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Bariyyah, K., Santy, Z. A. W., & Soejanto, L. T. (2019). Pengembangan Inventori Motivasi Belajar Untuk Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 5(1), 70–75. https://doi.org/10.26858/jppk.v5i1.7057

Bayne, H. B., & Hankey, M. S. (2020a). Development and Rasch Analysis of the Empathic Counselor Response Scale. Measurement and Evaluation in Counseling and Development, 53(3), 182–194. https://doi.org/10.1080/07481756.2019.1691462

Bayne, H. B., & Hankey, M. S. (2020b). Exploring Cognitive Empathy: Further Validation of the Empathic Counselor Response Scale and Application to Practice. Journal of Humanistic Counseling, 59(3), 219–239. https://doi.org/10.1002/johc.12146

Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Educational Research: An Introduction Fifth Edition. New York: Longman.

Chigerwe, M., Boudreaux, K. A., & Ilkiw, J. E. (2014). Assessment of burnout in veterinary medical students using the Maslach Burnout Inventory-Educational Survey: A survey during two semesters. BMC Medical Education, 14(1), 1–7. https://doi.org/10.1186/s12909-014-0255-4

Domenici, G., Calvani, A., Damiani, P., Ventriglia, L., Ciani, A., Pasolini, E., & Vannini, I. (2021). Criterion Validation of the Scales of Autonomy, Collaboration, Empathy,Problem-solving and Self-confidence of the 3SQ Soft Skills Self-evaluation Questionnaire Adapted for Lower Secondary School. Journal of Educational, Cultural and Psychological Studies, 45(December), 193–210. https://doi.org/10.7358/ecps-2021-024-scme

Doqaruni, V. R., Ghonsooly, B., & Pishghadam, R. (2021). Development and validation of an Inventory on Teachers’ Beliefs about Action Research (ITBAR) in second language education. Innovation in Language Learning and Teaching, 15(5), 428–441. https://doi.org/10.1080/17501229.2020.1824233

Gainau, M. B. (2008). Pengembangan Inventori Self Disclosure Bagi Siswa Usia Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(3), 169–174.

Goleman, D. (2000). Emotional Intelligence (terjemahan). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Han, H. (2019). The VIA inventory of strengths, positive youth development, and moral education. Journal of Positive Psychology, 14(1), 32–40. https://doi.org/10.1080/17439760.2018.1528378

Hanggara, G. S., Arofah, L., & Andrianie, S. (2020). Skala Kesadaran Gender Untuk Siswa Sekolah Dasar (SKG-SD). PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 6(1), 75–89. https://doi.org/10.29407/pn.v6i1.14902

Ifdil, I., Bariyyah, K., Dewi, A. K., & Rangka, I. B. (2019). The College Academic Self-Efficacy Scale (CASES); An Indonesian Validation to Measure the Self-Efficacy of Students. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 4(4), 115–121. https://doi.org/10.17977/um001v4i42019p115

Indriasari, E. (2016). Meningkatkan Rasa Empati Siswa Melalui Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Pada Siswa Kelas Xi Ips 3 Sma 2 Kudus Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2), 190–195. https://doi.org/10.24176/jkg.v2i2.718

Jorion, N., Gane, B. D., James, K., Schroeder, L., Dibello, L. V., & Pellegrino, J. W. (2015). An Analytic Framework for Evaluating the Validity of Concept Inventory Claims. Journal of Engineering Education, 104(4), 454–496. https://doi.org/10.1002/jee.20104

Lirola, M. J., & Spray, C. M. (2021). Validation of the Amotivation Inventory in Physical Education: physical activity and physical self-concept. Electronic Journal of Research in Educational Psychology, 19(54), 416–436. https://doi.org/10.25115/EJREP.V19I54.3596

Liza, W. L. (2020). Meningkatkan Sikap Empati Terhadap Teman Sebaya Melalui Teknik Modeling Pada Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Konseling Gusjigang, 6(1), 6–13.

Marlina, E., Arifin Ahmad, M., & Pandang, A. (2015). Pengembangan Inventori Peminatan Karir (Ipk) Sebagai Alat Ukur Arah Pilih Karir Siswa. Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling, 1(1), 59–64.

Md Hassan, N., Majid, N. A., & Hassan, N. K. A. (2020). Validation of learning environment inventory for secondary school contexts. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(2), 379–384. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i2.20444

Park, S., Wang, J., & Choi, B. (2021). Measuring affective and cognitive empathy among Korean and Chinese adolescents: translating and validating the empathy scale. Asia Pacific Education Review, 22(4), 583–593. https://doi.org/10.1007/s12564-021-09681-1

Prayitno, & Amti, E. (2018). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Purwadi, Saputra, W. N. E., Wahyudi, A., Supriyanto, A., Muyana, S., Rohmadheny, P. S., Ariyanto, R. D., & Kurniawan, S. J. (2020). Student Perceptions of Online Learning during the COVID-19 Pandemic in Indonesia: A Study of Phenomenology. European Journal of Educational Research, 10(3), 1516–1528. https://pdf.eu-jer.com/EU-JER_9_4_1591.pdf

Rito, R. (2018). Efektivitas Bimbingan Dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas VII di MTs Ex Pga Unva Medan Tahun Pelajaran 2017/2018 [Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan]. https://repository.uinsu.ac.id

Safaria, T. (2005). Interpersonal Intelligence. Yogyakarta: Amara Books.

Santy Andrianie, Muslihati, M. R. (2018). Learning Untuk Meningkatkan Empati Siswa Sekolah. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 3(2), 196–202.

Steif & Dantzler. (2005). A Statics Concept Inventory: Development and Psychometric Analysis. Journal of Engineering Education, 94(4), 363–371. https://doi.org/10.1002/j.2168-9830.2005.tb00864.x

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Taufik. (2012). Taufik: Empati pendekatan psikologi sosial - Google Scholar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Yulinawati, B. & P. (2018). Pengembangan Inventori Stres Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri Kota Malang. Jurnal Konseling Indonesia, 4(1), 30–35. https://doi.org/10.21067/jki.v4i1.2758

Zuhdi, M. S. (2019). Pengembangan Inventori Resiliensi Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Islam Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. ISLAMIC COUNSELING : Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 3(1), 1–16.