Keefektifan Peer-Counseling (Konseling Teman Sebaya) Untuk Meningkatkan Resiliensi Remaja di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Jombang

Isi Artikel Utama

Muwakhidah

Abstrak

Penelitian ini berdasarkan fenomena yang terjadi di lapangan yang mengindikasikan adanya sikap dan perilaku yang mengarah pada resiliensi atau daya juang remaja pesantren. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan resiliensi remaja pesantren melalui peer counseling (konseling teman sebaya). Rancangan penelitian menggunakan pretest-posttest control group design. Subjek penelitian sebanyak 10 siswa yang diperoleh degan teknik purposive sampling, yakni menentukan subjek dengan melihat nilai reseliensi dalam rentang rendah. Ada dua jenis instrumen yang dipergunakan yaitu instrumen perlakukan dan pengukuran. Instrumen perlakuan terdiri dari buku panduan peer counseling (konseling teman sebaya), sedangkan instrumen pengukuran terdiri dari skala resiliensi dengan validitas sebesar 0.320 dan reliabilitas 0.855 dan lembar refleksi diri siswa. Analisis data menggunakan uji Two-Independent-Sampel Test-Mann-Whitney U. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa nilai z hitung > z tabel yaitu -3.315 dan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0.001 < 0.05, maka H0 ditolak. Artinya peer counseling (konseling teman sebaya) efektif untuk meningkatkan resiliensi remaja pesantren

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Muwakhidah, M. (2021). Keefektifan Peer-Counseling (Konseling Teman Sebaya) Untuk Meningkatkan Resiliensi Remaja di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Jombang. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 8(1), 52–64. https://doi.org/10.29407/nor.v8i1.15663
Bagian
Artikel

Referensi

Astiti, P. S. (2019). Efektivitas Konseling Sebaya (Peer Counseling) dalam Menuntaskan Masalah Siswa. Indonesian Journal of Islamic Psychology, 1(2), 243–263.

Borg, W. R. (1983). dan Gall, MD. Educational Research, An Introduction, 113.

Ekasari, A., & Yuliyana, S. (2012). Kontrol diri dan dukungan teman sebaya dengan coping stress pada remaja. Jurnal Soul, 5(2), 55–66.

Fatnar, V. N., & Anam, C. (2014). Kemampuan interaksi sosial antara remaja yang tinggal di pondok pesantren dengan yang tinggal bersama keluarga. Jurnal Fakultas Psikologi, 2(2), 71–75.

Fergus,S. & Zimmerman, M. . (2005). Adolescent resilience: A framework for understanding healthy development in the face of risk. Annual Review of Public Health, 26, 399–419.

Grotberg, E. H. (1995). A Guide to Promoting Resilience in Children : Strengthening the Human Spirit. Bernard van Leer Foundation.

Hadianti, W. Salsabila., Nurwati, N., & Darwis, S. R. (2017). Resiliensi remaja berprestasi dengan latar belakang orang tua bercerai. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyaraka, 129–389.

Hasanah, N., & Rusmawati, D. (2020). Hubungan Antara Resiliensi Dengan Kematangan Karir Pada Remaja Penyandang Disabilitas Daksa Prof. Dr. Soeharso Surakarta. Jurnal EMPATI, 7(3), 1119–1123.

Lerner, RM. & Galambos, N. (1998). Adolescent dev elopment: challenges and opportunities for research, program and policies. Annual Review of Psychology, 49, 413–446.

Putri, D., & Rusli, D. (2020). Pengaruh Dukungan Teman Sebaya Terhadap Resiliensi Remaja Pesantren Modern Nurul Ikhlas. Jurnal Riset Psikologi, 1(1), 1–12.

Reivich, K., & Shatte, A. (2002). The Resilince Factor 7 Essential Skill for Overcoming Life’s Inevitable Obstacle. Random House, Inc.

Reivich, K. dan Shatte, A. (2020). The Resiliency Factor : 7 Keys to Finding Your Inner Strength and Overcoming Life’s Hurdles. In Three Rivers Press (Vol. 57). Three Rivers Press.

Santoso, S. (2003). Mengatasi Berbagai Masalah dengan SPSS Versi 12. PT Elex Media Komputindo.

Siebert, A. (2005). The Resiliency Advantage. Practical Psychology Press.

Steinhardt, M., & Dolbier, C. (2008). Evaluation of a Resilience Intervention to Enhance Coping Strategies and Protective Factors and Decrease Symptomatolog. Journal of American College Health, 56(4), 445–533.

Uyanto, S. S. (2009). Pedoman Anlisis Data dengan SPSS. Graha Ilmu.

Winfield, & L. F. (1994). Developing resilience in urban youth. Urban monograph series. US: North Central Regional Educational Laboratory.