Utilization of Evaluation Tools to Improve Learning Outcomes on State Budget & Regional Budget Materials for Class XI Science Students

  • Shafa Rizqi Nabilah Universitas Negeri Surabaya
  • Waspodo Tjipto Subroto waspodosubroto@unesa.ac.id
Abstract views: 356 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 748
Keywords: learning outcome, evaluation tool, quizizz

Abstract

Tujuan dari  penelitian ini ialah menganalisis perbedaan hasil belajar  dan   menganalisis efektivitas pemanfaatan alat evaluasi  pada materi APBN & APBD pada siswa kelas XI IPA.Karena terdapat penurunan hasil belajar peserta didik selama pembelajaran jarak jauh sehingga penelitian ini hendak memanfaatkan penelitian eksperimen yang menggunakan desain nonequivalent control group design. Penelitian mempunyai populasi sebanyak 170 peserta didik dengan jurusan MIPA. Dalam memilih sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel  kelas XI MIPA 3  sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Hanya saja yang membedakan pada  kelas eksperimen yang diberi tambahan alat evaluasi.Penelitian ini memanfaatkan  uji hipotesis hasil pretest dan hasil posttest dengan One Way Anova. Hasil penelitian  menjelaskan bahwa dalam  pemanfaatan alat evaluasi  tidak ada perbedaan yang signifikan terhadap hasil pada  belajar peserta didik dalam materi pembelajaran  APBN APBD kelas XI IPA dan pemanfaatan  alat evaluasi mempunyai keefektivan sebagai pendukung peningkatan hasil belajar  dengan  materi APBN APBD pada kelas XI IPA

References

Adiwisastra, M. F. (2015). Perancangan Game Kuis Interaktif Sebagai Multimedia Pembelajaran Drill and Practice Untuk. Jurnal Informatika., II(1), 205–211. https://repository.widyatama.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/9018/Bab 2.pdf?sequence=10

Aini, Y. I. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz Untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah Di Bengkulu. Jurnal Kependidikan, 2(25), 1–6.

Al Tabany, T. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif,Progresif,Dan Kontekstual.

Arifin, Z. (2020). Zainal Arifin,. 20–59.

Arikunto, S. (2013). Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan (2nd ed.).

Asy’ari, H., Andhini, N. F., Ii, B. A. B., Saintifik, A. P., Saintifik, P. P., Teori, A. K., & Belajar, H. (2000). BAB II KAJIAN TEORI A. Hasil Belajar 1. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(september 2016), 12–36.

Chotimah, K. (2018). Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Melalui E-Learning Di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) Malaysia. 29–30.

Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8, 261–272. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/8242/4081

Dyah Kusumawati, S. (2019). EQUILIBRIA PENDIDIKAN Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi. Equilibria Pendidilan, 4(5), 36–46. http://journal.upgris.ac.id/index.php/equilibriapendidikan

Faruq, I. A. F., & Afiah, A. R. (2018). Instrumen Penilaian Berbagai Kompetensi Atau Indikator Dalam Pencapaian Hasil Belajar SD / MI. Pendidikan Dasar, 152071200010.

Fathurrohman, M. (2017). Model Model Pembelajaran Inovatif.

Hamalik, O. (2007). Omear Hamalik, Proses Belajar Mengajar, (Jakarta: Bumi Aksara, 2007), Hlm 30 2Dimyati Dan Mudjiono, Belajar Dan Pembalajaran, (Jakarta: Rineka Cipta Tahun2009), Hlm 200 1. 15–49.

Handoko, W., Mizkat, E., Nasution, A., Hambali, & Eska, J. (2021). Gamification in Learning using Quizizz Application as Assessment Tools. Journal of Physics: Conference Series, 1783(1), 012111. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1783/1/012111

Ikm, P., & Ugm, F. K. (2011). Penelitian Eksperimen Penelitian Eksperimen. 1–38.

Indonesia, R. (2003). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL.

Jaedun, A. (2011). Oleh : Amat Jaedun. Metodologi Penelitian Eksperimen, 0–12.

Kumalasari, V. V. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Bahasa Jawa Menggunakan Google Kelas dan Quizizz Pada Siswa SMP Negeri 1 Kayen. Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 8(2), 164–175. https://doi.org/10.15294/piwulang.v8i2.42488

Legaki, N. Z., Xi, N., Hamari, J., Karpouzis, K., & Assimakopoulos, V. (2020). The effect of challenge-based gamification on learning: An experiment in the context of statistics education. International Journal of Human Computer Studies, 144(June). https://doi.org/10.1016/j.ijhcs.2020.102496

Lubis, E. (2019). PRINSIP_DAN_ALAT_EVALUASI_docx.

Maulyda, M. A., Rosyidah, A. N. K., Apsari, R. A., FR, A. F. U., & Witono, A. H. (2020). Penggunaan Website Quizizz Untuk Mengevaluasi Hasil Belajar Calon Guru Sekolah Dasar. Fundamental Pendidikan Dasar, 3(2), 139–144.

Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh.

Noor, S. (2020). 済無No Title No Title. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Prasetya, T. A., & Harjanto, C. T. (2020). Pengaruh Mutu Pembelajaran Online Dan Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Saat Pandemi. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(2), 188–197.

Rahman, R., Kondoy, E., & Hasrin, A. (2020). Penggunaan Aplikasi Quizziz Sebagai Media Pemberian Kuis Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3), 60–66. https://doi.org/10.36312/jisip.v4i3.1161

Square, C., Of, G., & Tes, F. (2017). Cara Membaca Angka. 0–4.

Sugiyono. (2012). No Title.

Suharsono, A. (2020). Journal 0 Ntn’l. 6356, 60–66. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v11i1.1915

Widiarsih, T. (2020). Alat Evaluasi Pembelajaran. In Kumpulan Makalah. http://makalahbukanmasalah.blogspot.com/2015/09/alat-evaluasi-pendidikan.html

Wulan, A. H. Z., & Aristia, R. (2018). Jenis - Jenis Instrumen dalam Evaluasi Pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 1–13. http://eprints.umsida.ac.id/4050/1/Evaluasi pembelajaran Adea_Risa-1.pdf

PlumX Metrics

Published
2021-12-14
How to Cite
Nabilah, S. R., & Subroto, W. T. (2021). Utilization of Evaluation Tools to Improve Learning Outcomes on State Budget & Regional Budget Materials for Class XI Science Students. Efektor, 8(2), 142 -. https://doi.org/10.29407/e.v8i2.15924