Utilization of Evaluation Tools to Improve Learning Outcomes on State Budget & Regional Budget Materials for Class XI Science Students
Abstract
Tujuan dari penelitian ini ialah menganalisis perbedaan hasil belajar dan menganalisis efektivitas pemanfaatan alat evaluasi pada materi APBN & APBD pada siswa kelas XI IPA.Karena terdapat penurunan hasil belajar peserta didik selama pembelajaran jarak jauh sehingga penelitian ini hendak memanfaatkan penelitian eksperimen yang menggunakan desain nonequivalent control group design. Penelitian mempunyai populasi sebanyak 170 peserta didik dengan jurusan MIPA. Dalam memilih sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Hanya saja yang membedakan pada kelas eksperimen yang diberi tambahan alat evaluasi.Penelitian ini memanfaatkan uji hipotesis hasil pretest dan hasil posttest dengan One Way Anova. Hasil penelitian menjelaskan bahwa dalam pemanfaatan alat evaluasi tidak ada perbedaan yang signifikan terhadap hasil pada belajar peserta didik dalam materi pembelajaran APBN APBD kelas XI IPA dan pemanfaatan alat evaluasi mempunyai keefektivan sebagai pendukung peningkatan hasil belajar dengan materi APBN APBD pada kelas XI IPA
References
Adiwisastra, M. F. (2015). Perancangan Game Kuis Interaktif Sebagai Multimedia Pembelajaran Drill and Practice Untuk. Jurnal Informatika., II(1), 205–211. https://repository.widyatama.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/9018/Bab 2.pdf?sequence=10
Aini, Y. I. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz Untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah Di Bengkulu. Jurnal Kependidikan, 2(25), 1–6.
Al Tabany, T. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif,Progresif,Dan Kontekstual.
Arifin, Z. (2020). Zainal Arifin,. 20–59.
Arikunto, S. (2013). Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan (2nd ed.).
Asy’ari, H., Andhini, N. F., Ii, B. A. B., Saintifik, A. P., Saintifik, P. P., Teori, A. K., & Belajar, H. (2000). BAB II KAJIAN TEORI A. Hasil Belajar 1. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(september 2016), 12–36.
Chotimah, K. (2018). Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Melalui E-Learning Di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) Malaysia. 29–30.
Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8, 261–272. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/8242/4081
Dyah Kusumawati, S. (2019). EQUILIBRIA PENDIDIKAN Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi. Equilibria Pendidilan, 4(5), 36–46. http://journal.upgris.ac.id/index.php/equilibriapendidikan
Faruq, I. A. F., & Afiah, A. R. (2018). Instrumen Penilaian Berbagai Kompetensi Atau Indikator Dalam Pencapaian Hasil Belajar SD / MI. Pendidikan Dasar, 152071200010.
Fathurrohman, M. (2017). Model Model Pembelajaran Inovatif.
Hamalik, O. (2007). Omear Hamalik, Proses Belajar Mengajar, (Jakarta: Bumi Aksara, 2007), Hlm 30 2Dimyati Dan Mudjiono, Belajar Dan Pembalajaran, (Jakarta: Rineka Cipta Tahun2009), Hlm 200 1. 15–49.
Handoko, W., Mizkat, E., Nasution, A., Hambali, & Eska, J. (2021). Gamification in Learning using Quizizz Application as Assessment Tools. Journal of Physics: Conference Series, 1783(1), 012111. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1783/1/012111
Ikm, P., & Ugm, F. K. (2011). Penelitian Eksperimen Penelitian Eksperimen. 1–38.
Indonesia, R. (2003). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL.
Jaedun, A. (2011). Oleh : Amat Jaedun. Metodologi Penelitian Eksperimen, 0–12.
Kumalasari, V. V. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Bahasa Jawa Menggunakan Google Kelas dan Quizizz Pada Siswa SMP Negeri 1 Kayen. Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 8(2), 164–175. https://doi.org/10.15294/piwulang.v8i2.42488
Legaki, N. Z., Xi, N., Hamari, J., Karpouzis, K., & Assimakopoulos, V. (2020). The effect of challenge-based gamification on learning: An experiment in the context of statistics education. International Journal of Human Computer Studies, 144(June). https://doi.org/10.1016/j.ijhcs.2020.102496
Lubis, E. (2019). PRINSIP_DAN_ALAT_EVALUASI_docx.
Maulyda, M. A., Rosyidah, A. N. K., Apsari, R. A., FR, A. F. U., & Witono, A. H. (2020). Penggunaan Website Quizizz Untuk Mengevaluasi Hasil Belajar Calon Guru Sekolah Dasar. Fundamental Pendidikan Dasar, 3(2), 139–144.
Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh.
Noor, S. (2020). 済無No Title No Title. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Prasetya, T. A., & Harjanto, C. T. (2020). Pengaruh Mutu Pembelajaran Online Dan Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Saat Pandemi. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(2), 188–197.
Rahman, R., Kondoy, E., & Hasrin, A. (2020). Penggunaan Aplikasi Quizziz Sebagai Media Pemberian Kuis Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3), 60–66. https://doi.org/10.36312/jisip.v4i3.1161
Square, C., Of, G., & Tes, F. (2017). Cara Membaca Angka. 0–4.
Sugiyono. (2012). No Title.
Suharsono, A. (2020). Journal 0 Ntn’l. 6356, 60–66. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v11i1.1915
Widiarsih, T. (2020). Alat Evaluasi Pembelajaran. In Kumpulan Makalah. http://makalahbukanmasalah.blogspot.com/2015/09/alat-evaluasi-pendidikan.html
Wulan, A. H. Z., & Aristia, R. (2018). Jenis - Jenis Instrumen dalam Evaluasi Pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 1–13. http://eprints.umsida.ac.id/4050/1/Evaluasi pembelajaran Adea_Risa-1.pdf
Copyright (c) 2021 Shafa Rizqi Nabilah, Waspodo Tjipto Subroto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.