Main Article Content

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai pentingnya peran orang tua dalam membentuk karakter anak melalui pola asuh yang baik. Pola asuh orang tua merujuk pada cara orang tua mendidik, membimbing, dan memberikan pengaruh terhadap perkembangan karakter anak-anak mereka. Pola asuh memainkan peran krusial dalam membentuk kepribadian, karakter, nilai-nilai dan perilaku anak sejak dini, serta memberikan landasan untuk perkembangan mereka ke dalam masa dewasa. Kegiatan ini dilaksanakan di Kelurahan Lirboyo Kota Kediri. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah sosialisasi dan pendampingan langsung kepada orang tua di lingkungan kelurahan lirboyo. Dari kegiatan yang dilakukan ini dapat menambah kesadaran dan pengetahuan masyarakat terkait dampak pola asuh terhadap pembentukan karakter anak. Selain itu Implikasi dari kegiatan pengabdian ini adalah peningkatan kesejahteraan keluarga dan perkembangan karakter anak yang lebih optimal di lingkungan keluarga. Diharapkan hasil kegiatan ini dapat memberikan kontribusi positif pada kesejahteraan anak-anak dan memperkuat hubungan keluarga di lapisan Masyarakat. Keberlanjutan kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat dampak positif dalam jangka panjang terhadap pola asuh orang tua dan memberi kontribusi positif pada perkembangan dan karakter anak-anak sebagai pilar penting dalam Pembangunan Masyarakat yang berdaya.

Keywords

Sosialisasi, Parenting, Karakter anak

Article Details

How to Cite
vivi ratnawati, vivi ratnawati, Widiatmoko, S., & Ningsih, R. (2024). Sosialisasi Parenting “Membangun Karakter Anak dalam Pola Asuh Orang Tua” di Kelurahan Lirboyo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 3(1). https://doi.org/10.29407/dimastara.v3i1.21756

References

  1. [1] Subianto, J. (2013). Peran keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam pembentukan karakter berkualitas. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 331–354. https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.757
  2. [2] Asri, S. (2018). Hubungan Pola Asuh Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1). https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13793.
  3. [3] Hasanah, U. (2016). Pola asuh orangtua dalam membentuk karakter anak. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 72–82. https://ejournal.metrouniv.ac.id/index.php/elementary/article/view/pola-asuh-orangtua-dalam-membentukkarakter-anak
  4. [4] Kamar, K., Asbari, M., Purwanto, A., Nurhayati, W., Agistiawati, E., & Sudiyono, R. N. (2020). Membangun karakter siswa sekolah dasar melalui praktek pola asuh orang tua berdasarkan genetic personality. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 6(1), 75–86. https://doi.org/10.22219/jinop.v6i1.10196.
  5. [5] Munawwaroh, A. (2019). Keteladanan Sebagai Metode Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 141. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.363
  6. [6] Chusna, P. A. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 17(2), 315–330. https://doi.org/10.21274/dinamika.2017.17.2.315-330.
  7. [7] Juanda, J. (2019). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini melalui Sastra Klasik Fabel Versi Daring. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.126.
  8. [8] Santika, T. (2018). Peran Keluarga, Guru Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. JUDIKA (Jurnal Pendidikan UNSIKA), 6(1). https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/1797.
  9. [9] Hadian, V. A., Maulida, D. A., & Faiz, A. (2022). Peran Lingkungan Keluarga Dalampembentukan Karakter. Jurnal Education and Development, 10(1). https://doi.org/10.37081/ed.v10i1.3365.
  10. [10] Untara, I. M. G. S., & Somawati, A. V. (2020). Internalisasi Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Dalam Keluarga Hindu Di Desa Timpag Kabupaten Tabanan. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 333–358. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.458.
  11. [11] Sulastri, N. M., & Hariyanti, D. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Otoriter Orang Tua Dengan Kecerdasan Emosional Anak Kelompok B Di PAUD Taman Bangsa Gegutu. Realita : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1). https://doi.org/10.33394/realita.v5i1.2900.
  12. [12] Ayun, Q. (2017). Pola asuh orang tua dan metode pengasuhan dalam membentuk kepribadian anak. Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102–122. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i1.2421
  13. [13] Firmansyah, W. (2019). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap pembentukan karakter anak di era globalisasi. Primary Education Journal Silampari, 1(1), 1–6. https://ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/PEJS/article/view/305
  14. [14] Safitri, Y. A., Baedowi, S., & Setianingsih, E. S. (2020). Pola Asuh Orang Tua di Era Digital Berpengaruh Dalam Membentuk Karakter Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.28554.
  15. [15] Rindawan, I. K., Purana, I. M., & Kamilia Siham, F. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Pada Anak Dalam Lingkungan Keluarga. Jurnal Pacta Sunt Servanda, 1(2), 53–63. https://doi.org/10.23887/jpss.v1i2.361.

DB Error: Unknown column 'Array' in 'WHERE'