Sosialisasi Media Ajar Flashcard dan Spinner untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mengaji di TPA Masjid Nurul Hidayah Desa Cisantana

Authors

  • Annida Safarulaili Universitas Kuningan
  • Dea Anisa Putri Universitas Kuningan
  • Bilqista Zahra Alhafizha Universitas Kuningan
  • Iyan Setiawan Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.29407/dimastara.v4i2.25352

Keywords:

TPA, flashcard, spinner, motivasi

Abstract

Rendahnya motivasi belajar anak dalam mengaji menjadi tantangan di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Masjid Nurul Hidayah Desa Cisantana. Hal ini disebabkan oleh penggunaan media pembelajaran yang masih konvensional dan kurang menarik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dilakukan sosialisasi media ajar inovatif berupa flashcard hukum tajwid dan spinner edukatif yang dirancang untuk membuat proses belajar lebih interaktif dan menyenangkan. Kegiatan dilaksanakan melalui tiga tahap: pemaparan materi, pelatihan dan praktik langsung, serta evaluasi melalui angket. Flashcard digunakan sebagai media visual untuk mengenalkan hukum bacaan tajwid secara sistematis, sementara spinner dirancang fleksibel agar isi tantangan dapat diganti sesuai kebutuhan materi, seperti hafalan surat pendek atau soal tajwid. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa media ini dinilai efektif oleh pengajar dan orang tua dalam meningkatkan motivasi dan keterlibatan peserta didik. Anak-anak menjadi lebih aktif dan antusias dalam belajar mengaji. Kegiatan ini juga melibatkan orang tua agar mereka memahami manfaat media ajar tersebut. Inovasi ini terbukti relevan dan aplikatif untuk mendukung pembelajaran Al-Qur’an yang lebih menarik dan bermakna.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Usia Dasar (SD/MI) di Taman Pendidikan Alqur’an,” J. Basicedu, vol. 7, no. 1, pp. 1052–1064, 2023, doi: 10.31004/basicedu.v7i1.4823.

[2] M. Jamaludin, N. Hapsah, L. Wati, D. A. Fitri, and A. Fikriadi, “Peningkatan Kualitas Membaca Al-Qur’an Dengan Metode Iqro’ Dan Media Visual Di Tpa Nurul Iman Desa Luwuk Kiri,” Dharmakarya, vol. 12, no. 3, p. 400, 2023, doi: 10.24198/dharmakarya.v12i3.42255.

[3] C. Y. Irada and H. R. Setiawan, “Hubungan Penggunaan Media Flashcard dengan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ilmu Tajwid di SMP IT Iqra’ Medan,” J. Educ. Res., vol. 5, no. 2, pp. 1850–1860, 2024, doi: 10.37985/jer.v5i2.1087.

[4] F. Angreany and S. Saud, “Keefektifan Media Pembelajaran Flashcard Dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 9 Makassar,” Eralingua J. Pendidik. Bhs. Asing dan Sastra, vol. 1, no. 2, pp. 138–146, 2017, doi: 10.26858/eralingua.v1i2.4410.

[5] H. Lesmana, “Pengembangan Media Pembelajaran Roda Spinner pada Pembelajaran IPAS di Kelas IV SD Negeri 33 Palembang,” vol. 7, pp. 7161–7167, 2024.

[6] M. Anas, “Implementasi algoritma dalam penerapan graph pada penjadwalan ujian,” Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-06-29

Issue

Section

Articles

How to Cite

Sosialisasi Media Ajar Flashcard dan Spinner untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mengaji di TPA Masjid Nurul Hidayah Desa Cisantana. (2025). Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 4(2), 54-61. https://doi.org/10.29407/dimastara.v4i2.25352