Main Article Content

Abstract

UMKM Omah Jenang Desa Gedang Sewu Kecamatan Pare merupakan sentra produksi jenang, wajik, madumongso, dan makanan-makanan tradisional lain yang sudah ada sejak tahun 1990. Santan adalah salah satu bahan utama dalam pembuatan masakan tersebut. untuk mempersiapkan santan, mereka membeli langsung santan jadi, yang tentu saja diperoleh dengan harga lebih mahal daripada jika melakukan penyiapan sendiri. Itupun juga masih dalam bentuk kelapa parut. Kemudian kelapa tersebut diperas secara manual. Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan mesin pemeras dan pemarut. Sehingga diharapkan bisa mempermudah pekerjaan. Selain itu juga diharapkan bisa mengoptimalkan pengeluaran untuk biaya produksi, yang akhirnya bisa meningkankan pendapatan UMKM. Alat yang dihibahkan ini merupakan alat pemarut dan pemeras kelapa yang terpasang dalam 1 rangkaian berkelanjutan, sehingga diberi nama “alat pemarut dan pemeras kelapa 2 in 1”. Alat ini mampu memarut dan memeras kelapa dengan kapasitas 20 kg/jam. Hasil perasan santan juga menunjukkan hasil yang sangat baik. Dari hasil uji coba yang telah dilakukan, alat ini mampu memeras 1 kg kelapa parut murni tanpa tambahan air, hingga menghasilkan air kelapa 600-700 ml. Alat ini digerakkan menggunakan motor listrik dengan daya 450 watt. Dimensi alat Panjang 1m, lebar 30 cm dan ketinggian 70 cm.

Keywords

alat pemarut alat pemeras mengoptimalkan hasil produksi santan UMKM

Article Details

How to Cite
Rhohman, F., Istiqlaliyah, H., Pramesti, Y. S., & Setyowidodo, I. (2023). PENERAPAN TEKNOLOGI PEMARUT DAN PEMERAS KELAPA PADA UMKM OMAH JENANG KECAMATAN PARE KABUPATEN KEDIRI. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 2(2), 49-55. https://doi.org/10.29407/dimastara.v2i2.19824

References

  1. Gundara, G., & Riyadi, S. (2017). Rancang Bangun Mesin Pemarut Kelapa Skala Rumah Tangga Dengan Motor Listrik 220 Volt. Jurnal Program Studi Teknik Mesin, 6, 8-13.
  2. Romadhon, F. Q., & Mahmudi, H. (2021, Juli 24). Desain Tabung pemeras Santan Pada Mesin Pemarut Kelapa Sistem hidraulik. Seminar Nasional Inovasi Teknologi.
  3. Mangesa, D. P., Riwu, D. B., & Julfikar, M. (2020). Rancang Bangun Mesin Pemeras Santan Kelapa Dengan Mekanisme Tekan Horizontal. LONTAR Jurnal Teknik Mesin Undana(LJTMU), 7(2), 15-21.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>