Pendampingan Ibu Jamaah Masjid Hayatul Islam Sumbergempol dalam Pengasuhan Anak tanpa Gadget

Authors

  • Ana Falera UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.29407/dimastara.v4i2.25313

Keywords:

Pengasuhan anak, Gadget, Metode PAR

Abstract

Tujuan dari adanya pengabdian kepada masyarakat tentang pengasuhan anak tanpa gadget ini adalah memberikan pemahaman tentang dampak positif dan negatif penggunaan gadget pada anak, dan memberikan strategi yang dapat dilakukan orangtua agar dapat melakukan pengasuhan tanpa menggunakan gadget. Pengabdian kepada masyarakat ini akan menggunakan metode Participatory Action Research (PAR). Pada metode ini, peneliti dan peserta bekerja sama untuk memahami keadaan dan mengubahnya menjadi lebih baik. Langkah yang dilakukan dalam metode PAR adalah To Know, To Understand, To Plan, dan To Change. Orangtua yang notabene belum memiliki wawasan dan pengetahuan tentang gadget untuk anak, ternyata bisa diberikan pemahasan terkait hal tersebut.  Sehingga orangtua mampu memberikan aturan pada anak terkait penggunaan gadget. Orangtua juga akhirnya memiliki wawasan terkait kegiatan apa saja yang bisa dilakukan bersama anak sebagai pengganti gadget agar penggunannya dapat terkontrol.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ady Dharma, D. S. (2023). Membaca Peran Teori Ekologi Bronfenbrenner dalam Menciptakan Lingkungan Inklusif di Sekolah. SPECIAL Special and Inclusive Education Journal, 3(2), 115–123. https://doi.org/10.36456/special.vol3.no2.a6642

Aizah, S., Mudzakkir, M., Wijayanti, E. T., Fitriana, S., Faruq, N. Z. A., K, R. A., Mahrufi, M. A., Aini, P. N., & Kurniawati, E. D. (2023). Deteksi Dini Tumbuh Kembang Siswa Paud Laboratorium School Universitas Nusantara PGRI Kediri. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.29407/dimastara.v3i1.21539

Apriani, H. A. (2022). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia 5-6 Tahun (Studi Kasus di SPS Taam Annuur Kota Tasikmalaya). 6(2).

Falera, A. (2024). Optimalisasi Stimulasi Motorik Halus sebagai Kegiatan Pra Menulis Anak Usia Dini dengan kecenderungan Disgrafia. Efektor, 11(2), Article 2. https://doi.org/10.29407/e.v11i2.23768

Ibda, F. (2015). PERKEMBANGAN KOGNITIF: TEORI JEAN PIAGET. 3.

Jalilah, S. R. (2021). Analisis Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Fisik dan Perubahan Perilaku pada Anak Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 28–37. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1716

Lesilolo, H. J. (2019). PENERAPAN TEORI BELAJAR SOSIAL ALBERT BANDURA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SEKOLAH. KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi, 4(2), 186–202. https://doi.org/10.37196/kenosis.v4i2.67

Naulia, R. P., Lestari, N. I., & Ridlo, M. (2021). Kualitas Tidur Anak Usia Sekolah dalam Penggunaan Gadget di Pancoran Mas, Depok. Indonesian Journal of Nursing Scientific, 1(1), Article 1.

Sofiana, S. N. A., Fakhriyah, F. F., & Oktavianti, I. O. (2023). Dampak Penggunaan Gadget Pada Perkembangan Emosional dan Kognitif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Indonesian Gender and Society Journal, 3(2), 53–59. https://doi.org/10.23887/igsj.v3i2.50414

Suardipa, I. P. (2020). PROSES SCAFFOLDING PADA ZONE OF PROXIMAL DEVELOPMENT (ZPD) DALAM PEMBELAJARAN. 4(1).

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-06-29

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pendampingan Ibu Jamaah Masjid Hayatul Islam Sumbergempol dalam Pengasuhan Anak tanpa Gadget. (2025). Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 4(2), 34-43. https://doi.org/10.29407/dimastara.v4i2.25313

Similar Articles

1-10 of 35

You may also start an advanced similarity search for this article.