Pemanfatan Sampah Plastik Jenis HDPE Menjadi Bahan Bakar Alternatif Proses Pyrolysis

  • Nuryosuwito Nuryosuwito Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Mokhamad Amirudin Ibnu Rosydi Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Hesti Istiqlaliyah Universitas Nusantara PGRI Kediri
Abstract views: 598 , pdf downloads: 835
Keywords: pirolisis, plastik, HDPE

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena semakin menumpuknya sampah plastik yang sulit terurai mengakibatkan pencemaran lingkungan. Dalam hal ini peneliti mengaitkan permasalahan yang ada di masyarakat dengan mencoba memanfaatkan sampah plastik jenis HDPE sebagai bahan bakar alternatif dengan menggunakan proses pyrolysis. Pyrolysis sendiri adalah pengolahan sampah dengan menggunakan metode thermal atau metode pembakaran tanpa menggunakan oksigen. Tujuan dari penelitian ini adalah ntuk mengetahui pemanfaatan sampah plastik jenis HDPE menjadi bahan bakar alternatif dengan proses pyrolysis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental nyata. Dengan bahan sebagai variabel bebas dan nialai viskositas, densitas serta flash point sebagai variabel terikatnya. Sementara suhu kondensor dan tekanan sebagai variabel kontrol. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, pada suhu 250 ºC hasil cair berwarna pekat dan terdapat endapan, dengan nilai viskositas 0,3 dPa.S, Densitas 750 Kg/m3 dan Flash point 34 ºC. selanjutnya pada suhu 300 ºC hasil cair berwarna merah tua jernih tanpa adanya endapan hasil cair dari suhu 300 ºC ini merupakan hasil cair terbaik dibandingkan dengan suhu yang lain dengan nilai viskositas 0,29 dPa.S, Densitas 740 Kg/m3 dan Flash point 32 ºC. Pada suhu 350 ºC hasil cair berwarna merah tua jernih seperti pada suhu 300 ºC tetapi pada suhu 350 ºC terdapat endapan, dengan nilai viskositas 0,3 dPa.S, Densitas 750 Kg/m3 dan Flash point 33 ºC. pada suhu 400 ºC hasil cair berwarna pekat dan terdapat banyak endapan dengan nilai viskositas 0,31 dPa.S, Densitas 760 Kg/m3 dan Flash point 34 ºC.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Borsodi, N., Miskolczi, N., Angyal, A., Bartha,L.,Kohán,J.,dan Lengyel,A., 2011, Hydrocarbonsobtained bypyrolysis of contaminated waste plastics, 45 th International Petroleum Conference, Bratislava, Slovak Republic.

Das,S.danPande, S.,2007,Pyrolysis and Catalytic Cracking of Municipal Plastic Waste for Recovery of Gasoline Range Hydrocarbons, Thesis,Chemical Engineering Department National Institute of Technology Rourkela

Sumarni, 2008. Statika Untuk Penelitian. Jakarta: Tangga Pustaka.

Nuryosuwito, Sudjito, Wijayanti, W., dan Sasongko M.N. 2018. Pengaruh Campuran Sampah Plastik Dengan Katalis Alam Terhadap Hasil Produk Pyrolisis. Jurnal Rekayasa Mesin Vol.9, No.2

Solso dan Maclin. 2002. Penelitian Eksperimental. Jakarta: PT. Gramedia.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung : Alfabeta.

PlumX Metrics

Published
2021-01-21
How to Cite
[1]
N. Nuryosuwito, M. A. I. Rosydi, and H. Istiqlaliyah, “Pemanfatan Sampah Plastik Jenis HDPE Menjadi Bahan Bakar Alternatif Proses Pyrolysis”, JMN, vol. 3, no. 2, pp. 92-101, Jan. 2021.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2