Hipnoterapi Teknik Part Therapy Untuk Menangani Siswa Kecewa Akibat Putus Hubungan Cinta Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan

  • Atrup Atrup Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Yulita Puspa Nur Anisa Universitas Nusantara PGRI Kediri

Abstract

 
Bagi sebagian orang putus hubungan cinta bisa jadi tidak memunculkan permasalahan, akan tetapi bagi seseorang tertentu memunculkan permasalahan serius dan bahkan berdampak pada suasana kejiwaan seperti kurangnya konsentrasi belajar yang berakibat pada turunnya hasil belajar siswa. Permasalahan penelitian ini adalah apakah penerapan  hipnoterapi teknik parts therapy efektif untuk menyelesaikan masalah siswa yang kecewa akibat mengalami putus hubungan cinta?.Penelitian ini menggunakan desain SSD (Single Subject Design) atau SSR (Single Subject Research). Subyek penelitian sebanyak 2 siswa yaitu DL dan FN yang berasal dari kelas X SMK Muhammadiyah 1 Kota Kediri. Penelitian ini dilakukan dalam 6 kali pertemuan yang terangkum dalam kegiatan-kegiatan pengumpulan data baseline masing-masing terhadap DN dan FN sebanyak 3 kali dan pengumpulan data-data  intervensi sebanyak 3 kali. Proses pengentasan masalah (intervensi) berbasis hipnoterapi teknik parts therapy, untuk mengetahui keberhasilannya menggunakan angket dengan hasil sebagai berikut: DL memiliki skor 88%; 78%; dan 71% pada tahap baseline dan 55%; 42%; dan 33% pada tahap intervensi dengan persentase overlap 0%. Sedangkan FN memiliki skor 88%; 74%; dan 74%  pada tahap baseline dan 69%; 52%;  dan 44%  pada tahap intervensi dengan persentase overlap 0%.Kesimpulan hasil penelitian, bahwa penerapanhipnoterapiteknikparts therapy efektif untuk menangani siswa yang kecewa akibat putus hubunga ncinta. Berdasarkan simpulan di atas, disarankan kepada guru bk dan konselor sekolah dapat menggunakan hipnoterapi parts therapy technique untuk menangani siswa yang kecewa akibat putus hubungan cinta.

References

Anggara, H. 2012. Makalah manusia dan cinta kasih. (Online). Tersedia: (ibd99.blogspot.co.id/2012/12/makalah-manusia-dan-cinta-kasih.html). diunduh 14 Juli 2016.

Asyhari, M. 2006. Tafsir Cinta: Tebarkan Kebajikan dengan Spirit Al-Quran. Jakarta: Hikmah.

Atrup, 2014. “Pengembangan Model Konseling Integratif Berbasis Hipnoterapi Sebagai Upaya Peningkatan Peran Konselor di Sekolah”, Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling, Pemberdayaan Bimbingan dan Konseling Sekolah, Surabaya: Prodi BK-Unesa, p. 16-32

Atrup; Setyawati, S. P; dan Agan, S. 2015. “Model Konseling Integratif Berbasis Hipnoterapi dalam Memecahkan Masalah Traumatik”, Laporan Hasil Penelitian Hibah Bersaing Tahun Pertama, Kediri: LPPM UN PGRI Kediri.

Atrup dan Setyawati, S. P. 2016a. “Model Konseling Integratif Berbasis Hipnoterapi dalam Memecahkan Masalah Traumatik”, Laporan Hasil Penelitian Hibah Bersaing Tahun Kedua, Kediri: LPPM UN PGRI Kediri.

Atrup dan Setyawati, S. P. 2016b. “Model Konseling Integratif Berbasis Hipnoterapi dalam Memecahkan Masalah Traumatik Bencana”, Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling 2016, Optimalisasi Peran Konselor Melalui Pemanfaatan Berbagai Pendekatan dan Terapi dalam Pelayanan Konseling, Padang: UNP Padang, p. 10-18

Atrup dan Setyawati, S. P. 2016c. “Model Hipotetik Konseling Integratif Berbasis Hipnoterapi dalam Memecahkan Masalah Traumatik”, Proceeding International Conference and Workshopon School Counseling, The Role of School Counselors in Dealing with Students with Special Needs in Inclusive Shools, Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma, p. 144-154.

Atrup; Setyawati, S. P. dan Putra, A. D. 2016d. “Hypnocounseling: Implementasi Model Konseling Integratif Berbasis Hipnoterapi dalam Memecahkan Masalah Traumatik Konseli”, Buku Panduan, Kediri: LPPM UN PGRI Kediri.

Commons, C. 2016. Patah Hati. (Online). Tersedia: (http:id.wilipedia.org/w/index.php?title=patah-hati&oldid=11450315). diunduh 14 Juli 2016.

Gunawan, A. W. 2012. Hypnosis The Art of Subconscious Communication (cetakan keenam). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hunter, C. R. 2015. Seni Hipnoterapi. Jakarta: PT Indeks.

Kurniawan, H. 2009. Revolusi Cinta. Jakarta: Lingkar Pena Kreativa.

Linda. 2007. Pengertian Putus Cinta. (Online). Tersedia: (repository.unisba.ac.id). diunduh 17 Juli 2016

Mukhtar. 2013. Metode Penelitian. (Online). Tersedia: (eprints.undip.ac.id/44006/3/BABIII-3.pdf). diunduh 17 juli 2016.

Nurindra. 2013. Teknik Parts Therapy Dalam Hipnoterapi. (Online). Tersedia: (http://www.hipnotis.net). diunduh 12 Juli 2016.

Rosyadi, K. 2000. Cinta & keterasingan. Yogyakarta: LKiS.

Suharsini, A. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sunanto, J. dkk. 2005. Pengantar Penelitian Dengan Subyek Tunggal. Criced: University of Tsukuba.

Yulianingsih, Y. 2012. Stategi Coping Pada Remaja Pasca Putus Cinta. Disertasi. Tidak diterbitkan. Surakarta: UMM Surakarta.

Yuwanto. 2011. Pengertian Putus Cinta. (Online). Tersedia: (repository.unisba.ac.id). diunduh 17 Juli 2016.
Published
2018-08-21
How to Cite
ATRUP, Atrup; ANISA, Yulita Puspa Nur. Hipnoterapi Teknik Part Therapy Untuk Menangani Siswa Kecewa Akibat Putus Hubungan Cinta Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 21-29, aug. 2018. ISSN 2442-9163. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pinus/article/view/12186>. Date accessed: 21 oct. 2018. doi: https://doi.org/10.29407/pn.v4i1.12186.