PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN GEOMETRI BANGUN DATAR BERBASIS TEORI VAN HIELE UNTUK SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Abstrak: Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Khadijah Pandegiling Surabaya.Pengembangan modul pembelajaran menggunakan model pengembangan Plomp yaitu(1) Investigasi awal; (2) Desain; (3) Realisasi/konstruksi; (4) Tes, evaluasi, dan revisi;(5) Implementasi dan kualitas modul pembelajaran menggunakan kriteria Nieveen yaituvalid, praktis, dan efektif. Data tentang kevalidan modul pembelajaran diperoleh dari validasi. Hasil validasi yang diperoleh dari tiga validator adalah 3,2 termasuk dalamkategori baik, sehingga modul pembelajaran dikatakan valid dan dapat diujicobakan.Data tentang kepraktisan modul pembelajaran diperoleh dari lembar pengamatanpengelolaan pembelajaran dan aktivitas siswa. Hasil analisis pengelolaan pembelajaranrata-rata kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran menggunakan modulpembelajaran di SD Khadijah Pandegiling Surabaya sebesar 3,6 termasuk dalamkategori baik sedangkan aktivitas siswa pada saat proses pembelajaran menggunakanmodul pembelajaran baik. Data tentang keefektivan diperoleh dari analisis Tes HasilBelajar (THB) dan lembar respon siswa. Hasil analisis THB pada modul pembelajaranreliable, valid, dan sensitive dengan rata-rata nilai siswa 82,8 serta respon siswaterhadap pembelajaran rata-rata 3,13 dalam kategori positif
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
How to Cite
Ahdhianto, E. (2016). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN GEOMETRI BANGUN DATAR BERBASIS TEORI VAN HIELE UNTUK SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 1(2). Retrieved from https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/219