Etnomatematika Dan Pemecahan Masalah Kombinatorik

  • Erika Laras Astuningtyas Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Andhika Ayu Wulandari Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Isna Farahsanti Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
Abstract views: 1844 , PDF downloads: 2363
Keywords: Etnomatematika, Pemecahan Masalah, Kombinatorik

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan skor kemampuan pemecahan masalah Kombinatorik antara mahasiswa yang memperoleh perkuliahan dengan pendekatan etnomatematika dan pendekatan pembelajaran langsung. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental semu dengan variabel bebasnya adalah pendekatan pembelajaran yang meliputi dua jenis yaitu pendekatan pembelajaran langsung dan pendekatan etnomatematika serta variabel terikatnya adalah skor kemampuan pemecahan masalah kombinatorik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester VI Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Sampel penelitian diambil dengan menggunaan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode tes yaitu tes pemecahan masalah kombinatorik. Uji hipotesis yang dilakukan adalah dengan uji beda rerata t-test. Uji hipotesis dilakukan dengan program PSPP. Hasil dari uji hipotesis menunjukkan bahwa mahasiswa yang memperoleh perkuliahan dengan pendekatan Etnomatematika memperoleh skor kemampuan pemecahan masalah yang lebih tinggi dari pada perkuliahan dengan pendekatan langsung.

Abstract : This study aims to compare the scores of problem-solving skills combinatories between students who obtained the lecture with the approach of etnomatematics and direct learning approach. This research is a quasi experimental research with independent variable is approach of learning which include direct learning approach and ethnomatematic approach and dependent variable is score of problem solving ability of combinatoric. The population in this research is all students of 6th grade of Mathematics Education Program FKIP Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Research sample is taken by using cluster random sampling technique. Methods of data collection is done by the test method is a combinatoric problem solving test. Hypothesis test is done by using t-test average test. Hypothesis testing is done with PSPP program. The result of the hypothesis test shows that the students who get the lecture with the Ethnomatematic approach get the higher problem solving skills score than the lecture with the direct approach.

 

References

Akib, H. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dan Strategi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1): 1-7
Fujiati dan Mastur, Z. 2014. Keefektifan Model Pogil Berbantuan Alat Peraga Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis, Unnes Journal of Mathematics Education. 3 (3 ): 174-180
Hariastuti, R. M. 2017. Permainan Tebak-Tebakan Buah Manggis: Sebuah Inovasi Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 25–35
Kaselin, S, Waluya, B. 2013. Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Pembelajaran Matematika dengan Strategi React Berbasis Etnomatematika. Jurnal Penelitian Pendidikan. 2(2): 121-127.
Kencanawaty, G dan Irawan, A. 2017. Penerapan Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Berbasis Budaya. Ekuivalen, 27(2), 169-179
Mahendra, I. W. E. 2017. Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 106–114.
Nofitasari, L., Mastur, Z., dan Mashuri. 2015. Keefektifan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Bernuansa EtnomatematikaTerhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik pada Materi Segiempat. Unnes Journal of Mathematics Education. 5(1): 54-61
Rachmawati I. 2012. Eksplorasi Etnomatematika Masyarakat Sidoarjo, E-Jurnal UNESA. 1(1)
Sariningsih, R., dan Kadarisma G. 2016. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Melalui Pendekatan Saintifik berbasis Etnomatematika. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 3(1): 53-56
Uloko, ES, dan Imoko B. 2007. Effect of Mathematics Teaching Approach and Gender on Students Achievement in Locus. Journal of National Association of Science. Humanities Education Research. 5(1) : 31-36
Sirate, F. S. 2012. Implementasi Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika pada Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar. Lentera Pendidikan, 15(1): 41-54
Supriyani, Mastur, Z., & Sugiman. 2015. Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Etnomatematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2), 135–141.
Suwito, A., & Trapsilasiwi, D. 2016. Pengembangan model pembelajaran matematika SMP kelas VII berbasis kehidupan masyarakat JAWARA (Jawa dan Madura) di Kabupaten Jember. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(2), 79–84.
Wahyuni, A, Wedaring, A.A, dan Sani, B. 2013. Peran Etnomatematika dalam Membangun Krakter Bangsa, Makalah Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Prosiding, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Yogyakarta: UNY
Wahyuni, I. 2015. Eksplorasi Etnomatematika Masyarakat Sidoarjo. Fenomena (Jurnal Penelitian Islam Indonesia), 15(2), 225–238.
Wulandari, D.A, dan Budiarto, M.T. 2016. Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Kelas VIII ditinjau dari Tingkat Kecerdasan Emosional dan Kemampuan Matematika. Mathedunesa, Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(5) : 14-20

PlumX Metrics

Published
2017-11-30
How to Cite
Astuningtyas, E. L., Wulandari, A. A., & Farahsanti, I. (2017). Etnomatematika Dan Pemecahan Masalah Kombinatorik. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 3(2), 111–118. https://doi.org/10.29407/jmen.v3i2.907