Penerapan Solution Focused Brief Counseling untuk Meningkatkan Empati Mahasiswa Bimbingan dan Konseling

Main Article Content

Sri Panca Setyawati Laelatul Arofah Ikke Yuliani Dhian Puspitarini Santy Andrianie Marizty Jessica Ratputri David

Abstract

Seringkali didapati mahasiswa menunjukkan perilaku empati yang rendah. Hal tersebut terlihat dari perilaku yang dilakukan sehari-hari di kampus. Perilaku tersebut seperti acuh terhadap dosen, acuh dengan masalah yang sedang dialami oleh temannya, dan menganggap tugas kelompok tidak penting. Empati menjadi hal yang sangat penting untuk dimiliki oleh calon guru BK, mengingat nantinya akan berhubungan dengan beragam siswa yang memiliki latar belakang budaya dan masalah yang dimiliki. Calon guru BK yang memiliki empati rendah dikhawatirkan akan melanggar norma sosial dan agama. Oleh karena itu sangat dibutuhkan bantuan bagi calon guru BK yang memiliki empati rendah. Salah satu bantuan yang dapat ditawarkan adalah pendekatan SFBC (Solution Focused Brief Counseling). Pendekatan ini dipandang baru dan diharapkan dapat memberikan sumbangsih untuk meningkatkan empati mahasiswa BK UNP Kediri. Tujuan penelitian ini adalah untuk menujukkan keefektifan SFBC untuk meningkatkan empati mahasiswa BK UNP Kediri. Metode yang digunakan adalah pre-experiment dengan jenis one group pretest-posttest design. Berdasarkan hasil data menunjukkan nilai sig. 0,303 yang artinya > 0,05. Apabila nilai signifikansi > 0,05 maka Ho diterima, sehingga Solution Focused Brief Counseling tidak efektif untuk meningkatkan empati mahasiswa BK tingkat II UNP Kediri.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
SETYAWATI, Sri Panca et al. Penerapan Solution Focused Brief Counseling untuk Meningkatkan Empati Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. NUSANTARA of RESEARCH, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 41-49, sep. 2019. ISSN 2355-7249. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor/article/view/13611>. Date accessed: 22 sep. 2019. doi: https://doi.org/10.29407/nor.v6i1.13611.
Section
Artikel
Bookmark and Share

References

Andrianie, Santy. Ariyanto, R. D. & Nawantara, R. D. 2015. Pengembangan Peket Bimbingan Peningkatan Empati Berbasis Experiential Learning Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan. 2 (3): 196-202.

Arofah, L. & Nawantara, R. D. 2018. Pengembangan Panduan Solution Focused Brief Counseling Untuk Guru BK Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kota Kediri. Jurnal Bikotetik. 2 (1): 73-114.

Cohen, L. Manion, L & Morrison, K. 2007. Research Methods in Education Sixth edition. New York: Routledge Taylor & Francis Group. (Online), http://www.knowledgeportal.pakteachers.org/.../RESERACH%20METHOD%20COH, diakses 24 Juni 2015.

Corey, G. 2012. Theory and Practice of Group Counseling (8th Ed). Belmont, CA: Brooks/Cole.

Creswell, J.W. 2012. Education Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research Four Edition. Boston: Pearson Education.

Davis, M.H. 1983. Measuring Individual Differences in Empathy. Journal of Personality and Social Psychology. 132 (2): 397-410.

Garton, A.F., & Gringart, E. 2005. The Development of a Scale to Measure Empathy in 8- and 9-year old Children. Australian Journal of Education and Developmental Psychology. 5. 17-25.

Goleman, D. 2007. Social Intelligence (terjemahan oleh Hariono S. Imam). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Gustini, N. 2017. Empati Kultural Pada Mahasiswa. Journal of Multicultural Studies in Guidance and Counseling. 1(1): 17-34.

Kim, J.S & Franklin, C. 2009. Solution Focused brief therapy in schools: A review of the outcome literature. Children and Youth Services Review, 31: 464-470.

Rogers, C.R. 1959. Empatic: An Unprpreciated Way of Being. The Counseling Psycologist. Boston: Mifflin Company.

Saadatzaade & Khalili. 2012. Effects of Solution - Focused Group Counseling on Student’s Self Regulation and academic achievement. International Journal for Cross-Disciplinary Subjects in Education (IJCDSE). 3(3):780-787.