Perbedaan pengaruh hipnoterapi terhadap tingkat stres atlet pencak silat berdasarkan jenis kelamin

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh hipnoterapi menggunakan teknik sugesti langsung dan teknik regresi terhadap penurunan tingkat stres pada atlet pencak silat, 2) mengetahui perbedaan pengaruh hipnoterapi terhadap atlet putra dan putri, dan 3) mengetahui apakah ada interaksi antara teknik hipnoterapi dengan jenis kelamin terhadap tingkat stres pada atlet pencak silat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan quasi experimental. Desain penelitian menggunakan faktorial 2x2. Subjek penelitian adalah 16 atlet (8 laki-laki dan 8 perempuan) pencak silat Kabupaten Ngawi berusia 18-21 tahun. Perceived Stress Scale (PSS-10) sebagai instrumen untuk mengukur tingkat stres. Data kemudian dianalisis menggunakan uji ANCOVA dua arah yang dibantu SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Tidak ada perbedaan pengaruh teknik sugesti langsung teknik hipnoterapi dan regresi terhadap tingkat stres pada atlet pencak silat putra dan putri (Sig. 0,653>0,05), 2) Terdapat perbedaan penurunan tingkat stres antara atlet putra dan putri (Sig. 0,005 <0,05), dan 3) Terdapat interaksi antara teknik hipnoterapi dengan jenis kelamin terhadap penurunan tingkat stres pada atlet pencak silat putra dan putri (0,003 <0,05). Kesimpulannya, hipnoterapi secara efektif mengurangi tingkat stres sebelum berkompetisi pada atlet pria dan wanita. Teknik sugesti langsung memiliki efek yang lebih baik dalam mengurangi stres pada subjek pria, sedangkan teknik regresi memiliki efek yang lebih baik pada subjek wanita. 

https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v8i3.19087
PDF (English)
Similarity Check (English)

Referensi

Alizamar, A., Ifdil, I., Fadli, R. P., Erwinda, L., Zola, N., Churnia, E., & Rangka, I. B. (2018). The effectiveness of hypnotherapy in reducing stress levels. Addictive disorders & their treatment, 17(4), 191-195.

Cohen, S. (1994). A Global Measure of Perceived Stress. Journal of Health and Social Behaviour. Vol. 24, Hal 385-396.

Dewi, N. N. A. I. (2019). Peranan Hipnoterapi Untuk Mengatasi Kecemasan Menghadapi Persalinan Anak Pertama. Jurnal Psikologi Mandala, 2(2).

Gulliver, A., Griffiths, K. M., Mackinnon, A., Batterham, P. J., & Stanimirovic, R. (2015). The mental health of Australian elite athletes. Journal of science and medicine in sport, 18(3), 255–261. https://doi.org/10.1016/j.jsams.2014.04.006

Gunawan, A. W. (2006). Hypnotherapy The Art of Subconsius Retructuring. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hamlin, M. J., Wilkes, D., Elliot, C. A., Lizamore, C. A., & Kathiravel, Y. (2019). Monitoring training loads and perceived stress in young elite university athletes. Frontiers in physiology, pp. 10, 34. https://doi.org/10.3389/fphys.2019.00034

Hendriyanto, B. (2012). Pengaruh hipnoterapi terhadap tingkat stres mahasiswa fakultas ilmu keperawatan universitas padjadjaran angkatan 2011. Students e-Journal, 1(1), 30.

Lopes Dos Santos, M., Uftring, M., Stahl, C. A., Lockie, R. G., Alvar, B., Mann, J. B., & Dawes, J. J. (2020). Stress in academic and athletic performance in collegiate athletes: A narrative review of sources and monitoring strategies. Frontiers in Sports and Active Living, 2, 42. https://doi.org/10.3389/fspor.2020.00042

Mehrsafar, A. H., Strahler, J., Gazerani, P., Khabiri, M., Sánchez, J. C. J., Moosakhani, A., & Zadeh, A. M. (2019). The effects of mindfulness training on competition-induced anxiety and salivary stress markers in elite Wushu athletes: A pilot study. Physiology & behavior, 210, 112655.

Mheidly, N., Fares, M. Y., & Fares, J. (2020). Coping with stress and burnout associated with telecommunication and online learning. Frontiers in Public Health, p. 672. https://doi.org/10.3389/fpubh.2020.574969

Rachayu, I., & Banat, A. (2020). The Development Of Hypnotherapy Based-Interpersonal Communication Model For Students Suffered From Game Addiction. Journal of Educational Science and Technology (EST), 6(1), 9-14.

Sartono, S., Suryaman, O., Hadiana, O., & Ramadan, G. (2020). Hipnoterapi untuk kecemasan: sebuah uji coba pada pemain sepakbola. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6(1), 216-225. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v6i1.13832

Schneider, E.E. (2020). Measuring Stress in Clinical and Nonclinical Subjects Using A German Adaptation of the Perceived Stress Scale. Int J Clin Heal Psychology.

Shannon, S., Hanna, D., Haughey, T., Leavey, G., McGeown, C., & Breslin, G. (2019). Effects of a mental health intervention in athletes: Applying self-determination theory. Frontiers in psychology, 10, 1875. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.01875

Southwick, S. M., & Charney, D. S. (2012). The science of resilience: implications for the prevention and treatment of depression. Science, 338(6103), 79-82. https://doi.org/10.1126/science.1222942

Suryaman, O., Anwar, A. S., Hadiana, O., & Sutarna, N. (2022). Penerapan hipnoterapi terhadap kecemasan belajar matematika dengan pembelajaran jarak jauh pada siswa sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 308-315.

Sugiarso, B. (2013). Pengaruh Hipnoterapi Terhadap Peningkatan Harga Diri Pada Pasien Gagal Ginjal Kronik di Instalasi Hemodialisa Rumah Sakit Prof. Dr. Margono Soekarjo. Purwokerto: UMP.

Wulandari, A. (2016). Pengaruh Hipnoterapi Terhadap Penurunan Frekuensi Merokok Pada Remaja. Makassar: UNM.

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

##submission.copyrightStatement##

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##