Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Servis Atas Permainan Bola Voli Dengan Pendekatan Bermain Pada Siswa Kelas VI SDN Batokerbuy 2 Tahun Ajaran 2015/2016
PDF (Bahasa Indonesia)

PlumX Metrics

Keywords

hasil belajar
servis atas bolavoli
bermain

How to Cite

Sanur, S. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Servis Atas Permainan Bola Voli Dengan Pendekatan Bermain Pada Siswa Kelas VI SDN Batokerbuy 2 Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 2(1), 93-100. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v2i1.660

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang sedang dalam taraf belajar teknik dasar bola voli, sehingga hasil belajar yang diperoleh masih kurang. Pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah pendekatan bermain.

Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana penggunaan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar servis atas permainan bola voli siswa kelas VI SDN Batokerbuy 2 tahun ajaran 2015/2016?

Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelas VI SDN Pamekasan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, menggunakan instrumen berupa Silabus, RPP, dan lembar penilaian praktik.

Dari penelitian yang dilakukan ada peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II sebesar 10 dan peningkatan nilai prosentase sebesar 38%. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa bermain dapat meningkatkan hasil belajar servis atas permainan bola voli siswa kelas VI SDN Batokerbuy 2 tahun ajaran 2015/2016.

Berdasarkan simpulan hasil penelitian disarankan (1) Penelitian ini dapat dijadikan pedoman terutama bagi guru penjasorkes di sekolah lain. (2) Atas dasar hasil penelitian yang menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa dapat digunakan untuk mencari calon atlet bola voli dan dapat digunakan sebagai metode dalam pelatihan bola voli.

https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v2i1.660
PDF (Bahasa Indonesia)

References

Ahmadi, Nuril. 2007. Panduan Olahraga Bola Voli (Didin, Ed.). Surakarta: Era Pustaka Utama.
Amung Ma’mun dan Toto Subroto. 2001. Pendekatan Keterampilan Taktis dalam Pembelajaran Bola Voli. Jakarta: Direktorat Jenderal Olahraga, Departemen Pendidikan Nasional.
Erlangga, Toni. 2010. Rangkuman Pengetahuan Pendidikan Jasmani, Olahraga & Kesehatan. Solo: CV. Bringin 55.
Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah, Direktorat Jenderal. 2008. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Nuzuliyah, Fitri L. 2013. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) Yang Dikolaborasikan Dengan Snowball Drilling Untuk Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Kelas V SDN Sugihwaras VI Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Tidak diterbitkan. Kediri: FKIP Program Studi Matematika UNP Kediri.
I N. Sudira, Anggan Suhandana, A.A.I.N. Marhaeni.2013. Pengaruh Metode Pembelajaran Driil Terhadap Prestasi Belajar Seni Tari Ditinjau Dari Kreativitas Pada Siswa Kelas X SMK NEGERI 3 Sukawati. 4. (Online), tersedia: (pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/.../293), diunduh 28 April 2014.
Sentot S dan Sugito. 2010. Pengembangan Dan Inovasi Kurikulum Olahraga. Kediri: Universitas Nusantara PGRI (UNP) Kediri.
Sugiono. 2010. Belajar dan pembelajaran. Kediri: Universitas Nusantara PGRI (UNP) Kediri.
Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.
Sukidin, Basrowi, dan Suranto. 2010. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas (Rahma N. Djunaidi, Ed.). Surabaya: Insan Cendekia.
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.
Syarifudin, Aip. 2000. Azas Dan Falsafah Penjaskes. Jakarta: Universitas Terbuka.
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Copyright (c) 2016 Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.