Abstract
Pendekatan situasi pertandingan sebagai bagian metode bermain, merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan teknik pada permainan bolavoli, termasuk teknik passing. Kemampuan passing atas dan passing bawah merupakan teknik yang perlu ditingkatkan bagi atlet Pusat Latihan Kota (Puslatkot) Kediri dalam persiapan menuju Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) tahun 2019. Metode pendekatan situasi pertandingan ini digunakan oleh peneliti untuk meningkatkan kemampuan passing bawah dan passing atas atlet puslatkot yang dipersiapkan untuk porprov 2019 di Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini termasuk penelitian eksprerimen dengan metode pretest-posttest design. Sampel adalah semua atlet puslatkot Kota Kediri yang berjumlah 14 atlet elit putri, sedangkan penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli hingga September tahun 2018. Hasil analisis data dengan uji Paired Samples Test diperoleh nilai sig = 0,002 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan kemampuan passing atas antara sebelum dan setelah diberi perlakuan latihan dengan pendekatan situasi pertandingan. Kesimpulan penelitian ini adalah pendekatan situasi pertandingan sangat efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan passing atas dan passing bawah pada permainan bolavoli. Keterbatasan penelitian ini adalah tidak dilakukannya karantina atau isolasi terhadap semua subyek yang diteliti sehingga hasil peningkatan dikuatirkan dipengaruhi juga oleh faktor lain. Penelitian ini hanya terbatas pada elit atlet putri, diharapkan dapat juga dikembangkan dan diterapkan di elit atlet putra dengan melibatkan beberapa komponen variabel lain seperti aspek psikologi (konsentrasi) maupun aspek biomotor (koordinasi).
References
Afdi, R. B., Zulman, Z., & Asmi, A. (2019). Pengaruh Model Latihan Passing Terhadap Kemampuan Passing Bawah Dan Passing Atas Pemain Bolavoli. Sport Science, 19(1), 33-40.
Ajesh, C. R., & Manoj, T. I. (2017). A comparitive study on selected kinematic variables of jump serve of national level male volleyball players. International Journal in Management & Social Science, 5(7), 33-39.
Beutelstahl, D. (2005). Belajar bermain bola voli. Bandung: Pioner Jaya. Cipta.
Bule, J., & Donie, D. (2020). Perbedaan Latihan Passing Target dan Rangkaian Latihan Passing terhadap Kemampuan Passing Bawah Atlet Bolavoli SMAN 8 Padang. Jurnal Performa Olahraga, 5(1), 26-31. https://doi.org/10.24036/jpo136019
Cholik, T., Muhyi, M., & Junaidi, S. (2012). Permainan Bolavoli, Konsep Teknik, Strategi, dan Modifikasi. Surabaya: Graha Pustaka Media Utama.
Gray, S., Sproule, J., & Morgan, K. (2009). Teaching team invasion games and motivational climate. European Physical Education Review, 15(1), 65-89.
Hanief, Y. N., Mashuri, H., & Subekti, T. B. A. Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bolavoli melalui Permainan 3 on 3 pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 3(2), 161-166.
Kristiyanto, A. (2010). Memperluas Desain Permainan Bolavoli di Masyarakat Kita.
Kristiyanto, A. (2012). Pembangunan Olahraga untuk kesejahteraan Rakyat dan kejayaan bangsa. Surakarta: Yama Pustaka.
Mesquita, I., Farias, C., & Hastie, P. (2012). The impact of a hybrid sport education–invasion games competence model soccer unit on students’ decision making, skill execution and overall game performance. European Physical Education Review, 18(2), 205-219.
Pardijono, P. (2015). Bolavoli. Surabaya: Unesa University Press.
Permana, D., & Febrianty, M. F. (2010). Hubungan antara Koordinasi Mata-Tangan dengan Kemampuan Passing Bawah Permainan Bolavoli. Jurnal Kepelatihan Olahraga, 8(2), 59-69.
Saputri, N. I. (2013). Survei Pembinaan Olahraga Tenis Usia Dini Sekolah Tenis New Armada Kabupaten Magelang. ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 2(11).
Sugiarto, A. (2020). Sinergitas Pelatih dengan Atlet Dalam Upaya Meraih Prestasi Puncak. CENDEKIA: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 4(2), 127.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License