Penerapan Pembelajaran Drill dan Bermain Terhadap Hasil Belajar Servis Bawah Dalam Permainan Bolavoli Pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Banyuwangi
PDF (Indonesian)

Keywords

Bolavoli
Pembelajaran
Servis Bawah
Drill

How to Cite

Penerapan Pembelajaran Drill dan Bermain Terhadap Hasil Belajar Servis Bawah Dalam Permainan Bolavoli Pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Banyuwangi. (2016). Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 2(2), 98-110. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v2i2.514

Abstract

Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Perbedaan pengaruh antara pendekatan pembelajaran drill dan bermain terhadap hasil belajar servis bawah dalam permainan bolavoli; 2) Efektifitas pembelajaran drill dan pembelajaran bermain terhadap hasil belajar servis bawah dalam permainan bolavoli. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 2 Banyuwangi dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 75 siswa yang terbagi menjadi 3 kelompok yang masing-masing kelompok terdiri dari 25 siswa. Metode dalam analisa ini menggunakan metode statistik kuantitatif deskriptif dan komparatif, sedangkan proses pengambilan data dilakukan dengan melakukan tes servis bawah bolavoli, dengan mencatat hasil nilai pre-test maupun post-test pada masing-masing kelompok. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh pendekatan pembelajaran driil dan bermain berbeda secara signifikan, analisa Tamhane nilai Sig. = 0,019 < 0,05 dan hasil uji t Sig = 0,048 < 0,05; 6). Pembelajaran driil memberikan pengaruh yang lebih baik (efektif) daripada pembelajaran bermain terhadap hasil belajar servis bawah bolavoli siswa kelas VII SMP Negeri 2 Banyuwangi, nilai rata-rata siswa kelompok 1 (14,72) > kelompok 2 (8,92) dengan beda rata-rata sebesar 5,80

Kata Kunci: Pembelajaran, Driil, Bermain, Servis Bawah, Bolavoli

PDF (Indonesian)

References

Akbar, A. 2005. SPSS 13 Menggunakan SPSS Bagi Peneliti Pemula. Bandung: M2S.
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Bahagia, Y. 2007. Pengaruh Aktivitas Bermain Atletik Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar. Disampaikan pada Acara Seminar Nasional Keolahragaan Indonesia Bali.file.upi.edu/Direktori/OLAHRAGA/RINGKASAN_HASIL_PENELITIAN.pdf. Diakses 23 Nopember 2016.
Beutelstahl, Dieter, 2005. Belajar Bermain Bola Voli. Bandung : Pioner Jaya.
Ghozali, I. 2002. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Koesyanto, H. 2003. Belajar Bermain Bola Voli. FIK Unnes Semarang.
Maksum, A. 2012. Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press.
Yunus, M. 1992. Olahraga Pilihan Bola. Jakarta : Depdikbud.
Poerwadarminta, W. J. S., 2002. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. Departemen Pendidikan dan Kebudayan.
Suherman, S. 2000, Dasar-Dasar Penjaskes. DEPDIKNAS. Direktorat Jenderal Pendidikan Nasional dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III.

Authors who publish with this journal agree to the following terms:

  1. Copyright on any article is retained by the author(s).
  2. The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
  3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
  4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
  5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License