Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pengenalan teknik dasar sepak takraw melalui pendekatan bermain untuk anak sekolah dasar kelas atas. Penelitian ini dilakukan dengan mengadaptasi 8 langkah-langkah penelitian Borg & Gall, langkah-langkah tersebut antara lain: (1) pengumpulan informasi lapangan, (2) analisis informasi yang telah dikumpulkan, (3) mengembangkan produk awal, (4) validasi ahli dan revisi, (5) uji coba lapangan skala kecil dan revisi, (6) uji coba lapangan skala besar dan revisi, (7) pembuatan produk final, (8) uji efektivitas produk. Uji coba skala kecil dilakukan terhadap 22 anak sekolah dasar kelas atas (SDN Sukorejo 01). Uji coba skala besar dilakukan terhadap 82 anak sekolah dasar kelas atas (SDN Bendogerit 02, SDN Gedog 02, dan SDN Sentul 01). Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah pedoman pengamatan, wawancara, catatan lapangan, skala nilai, lembar penilaian uji efektivitas, dan penilaian hasil belajar. Hasil penelitian ini berupa model pengenalan teknik dasar sepak takraw melalui pendekatan bermain, yang berisikan 5 model permainan berdasarkan teknik dasar sepak takraw dan disusun dalam bentuk buku panduan permainan. Dari hasil penilaian para ahli materi dan praktisi, dapat ditarik kesimpulan bahwa model pengenalan teknik dasar sepak takraw melalui pendekatan bermain untuk anak sekolah dasar berkategori baik dan efektif, sehingga model permainan layak untuk digunakan.
References
Ardiyanto, A., & Sukoco, P. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Tradisional untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Keolahragaan. https://doi.org/10.21831/jk.v2i2.2608
Ayre, C., & Scally, A. J. (2014). Critical values for Lawshe’s content validity ratio: Revisiting the original methods of calculation. Measurement and Evaluation in Counseling and Development. https://doi.org/10.1177/0748175613513808.
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Chueachot, S., Srisa-Ard, B., & Srihamongkol, Y. (2013). The development of an assessment for learning model for elementary classroom. International Education Studies. https://doi.org/10.5539/ies.v6n9p119.
Datta, P. P. A. K., & Purashwani, M. (2010). Construction of Norms for Skill Test Table Tennis Players. International Journal of Table Tennis Sciences.
Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2006). Educational Research: An Introduction, 8th Edition. Educational An Introduction.
John Wiley and Sons. (2012). Coaching sience (Theory into practice). England: British library.
Juniarta, T., & Siswantoyo, S. (2014). Pengembangan Model Permainan Rintangan (Handicap Games) untuk Latihan Kebugaran Jasmani Anak Usia 10-12 Tahun. Jurnal Keolahragaan. https://doi.org/10.21831/jk.v2i1.2606.
Kurdi, K., & Sukadiyanto, S. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Motorik dengan Pendekatan Bermain Menggunakan Agility Ladder untuk Anak Sekolah Dasar. Jurnal Keolahragaan. https://doi.org/10.21831/jk.v2i2.2625.
Lumintuarso, R. (2013). Pembinaan multilateral bagi atlet pemula (pedoman latihan dasar bagi atlet muda berbakat). Yogyakarta: UNY Press.
Meltzer, D. E. (2002). The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: A possible “hidden variable” in diagnostic pretest scores. American Journal of Physics. https://doi.org/10.1119/1.1514215.
Mohnsen, B. S. (2008). Teaching middle school physical education. United States: Human Kinetics.
Ngatiyo. (2008). Membelajarkan anak usia dini melalui bermain. Jurnal Cakrawala Kependidikan Pontianak: Universitas Tanjungpura., 6(2).
Payne, V. G., & Isaacs, L. D. (2011). Human Motor Development: A LifeSpan Approach. In Human Motor Development: https://doi.org/10.4324/9781315213040.
Scharf, M., & Mayseless, O. (2009). Socioemotional characteristics of elementary school children identified as exhibiting social leadership qualities. Journal of Genetic Psychology. https://doi.org/10.3200/GNTP.170.1.73-96.
Simamora, R. H. (2009). Buku ajar pendidikan dalam keperawatan (K. EGC, ed.). Jakarta: (IKAPI).
Sugiyono, P. D. metode penelitian kuantitatif, kualitatif,dan R&D. , Alfabeta, cv. (2016).
Suharti, S., & Darisman, E. K. (2017). Pengaruh Senam Semangat Pagi (SSP) Terhadap Peningkatan Kebugaran Siswa Kelas XI SMAN 4 Sidoarjo. Jurnal SPORTIF: Jurnal penelitian Pembelajaran. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v3i2.11894.
Sukmadinata, N. S. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: PT Refika Aditama.
Sun, H. (2013). Impact of exergames on physical activity and motivation in elementary school students: A follow-up study. Journal of Sport and Health Science. https://doi.org/10.1016/j.jshs.2013.02.003.
Utami, N. S., & Sukadiyanto, S. (2014). Model Pengenalan Air Bagi Siswa Taman Kanak-Kanak. Jurnal Keolahragaan. https://doi.org/10.21831/jk.v2i2.2626.
Zetou, E., Papadakis, L., Vernadakis, N., Derri, V., Bebetsos, E., & Filippou, F. (2014). The Effect of Variable and Stable Practice on Performance and Learning the Header Skill of Young Athletes in Soccer. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.09.328
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2020 Wing Prasetya Kurniawan, Mokhammad Firdaus