Abstract
Penelitian pada permainan sebagai bentuk pemanasan, dengan perlakuan sebanyak empat kali pertemuan, yang bertujuan untuk menarik minat siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani. Dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan bentuk desain penelitian Randomized control group Pretest-posttest. Dalam pembagian kelompok ada dua yaitu kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan berupa permainan sedangkan kelompok kontrol tetap diberikan pemanasan biasa sebagai pembanding.
Analisis datanya dengan Uji T, yang menunjukkan ada hasil perbedaan antara perlakuan (kelompok eksperimen) dan tanpa perlakuan (kelompok kontrol). Hasil uji t paired t-test (uji beda sampel berpasangan) pada: (1) kelompok eksperimen t hitung 12,01 dan nilai t tabel 2,03 (2) kelompok kontrol t hitung 5,44 dan t tabel 2,03. Hasil dari uji t Independent sample t-test (uji beda sampel kelompok) yaitu t hitung 5,0355 dan t tabel 2,0.
Simpulan penelitian bahwa pemberian permainan sebagai bentuk pemanasan dapat meningkatkan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani.
References
Direktorat Pendidikan Guru dan Tenaga Teknis. (1979). Permainan dan metodik.Bandung : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Djaali. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta : Rieneka Cipta.
Hadi, Furqon. (2007). Pengaruh pemberian permainan kecil di dalam pemanasan terhadap minat siswa dalam pembelajaran bola basket. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya : FIK UNESA.
Paul Uram. (1986). Latihan Peregangan. Terjemahan oleh Iskandar & Engkos Kosasih. Jakarta : AKADEMIKA PRESINDO.
Hurlock, Elizabeth.B. (1942) (edisi keenam). Perkembangan anak. Jakarta : Erlangga.
Hurlock, Elizabeth.B. (1997) (edisi keenam). Perkembangan anak. Jakarta : Erlangga.
Lutan, Rusli, Rusli Ibrahim, dkk. (2002). Supervisi Pendidikan jasmani : konsep dan praktik. Jakarta : Bagian proyek pembinaan kelas olahraga.
Maksum, Ali dkk. (2006). Metodologi Penelitian, Surabaya.
Maksum, Ali dkk. (2007). Statistik Dalam Olahraga, Surabaya.
Martini, (2005). Proedur dan Prinsip-prinsip Statistika. Surabaya : UNESA University Press.
Michael J. Alter, MS. Tanpa tahun. 300 teknik peregangan olahraga. Terjemahan oleh Jamal habib. 1996. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.
Mustaqim dan Abdul wahib. (2003). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rieneka Cipta.
Nurhasan, dkk. (2005). Petunjuk Praktis Pendidikan Jasmani. Surabaya : UNESA University Press.
Soejanto, Agoes. (2005). Psikologi Perkembangan. Jakarta : Rieneka Cipta.
Soewondo, Soetinah. (1993). dasar-dasar Pendidikan. Semarang : Effhar Publishing.
Sukintaka. (2004). Teori Pendidikan jasmani. Bandung : Yayasan Nuansa Cendekia.
Syah, Muhibbin. (2008). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : PT remaja Rosdakarya.
Tedjasaputra, Mayke S. (2003). Bermain, Mainan dan Permainan. Jakarta : PT.Grasindo.
Tim tujuh. (2006). Payung Penelitian pendidikan jasmani pendidikan ilmu keolahragaan UNESA, Surabaya.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License