Efek model kids’ athletics memberikan nilai tambah dalam meningkatkan konsep diri siswa
PDF

Keywords

keefektifan
kids’ athletics
konsep diri
model pembelajaran

How to Cite

Putra, R. N., & Bafirman, B. (2020). Efek model kids’ athletics memberikan nilai tambah dalam meningkatkan konsep diri siswa. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6(1), 69-79. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v6i1.13624

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan model kids’ athletics untuk meningkatkan konsep diri siswa. Penelitian ini adalah pre-experimental design dengan rancangan one group pre-test post test design. Subjek dalam penelitian ini melibatkan 20 siswa Sekolah Dasar. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner konsep diri dengan menggunakan skala nominal. Analisis yang digunakan untuk menguji keefektifan konsep diri sebelum dan sesudah diberikan perlakuan model kids’ athletics adalah uji jenjang bertanda Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kenaikan hasil konsep diri siswa setelah diberikan perlakuan berupa model kids’ athletics. Dapat simpulkan bahwa model kids’ athletics efektif untuk meningkatkan konsep diri siswa.

https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v6i1.13624
PDF

References

Aghdasi MT, A. A. (2008). Comparing Anxiety and Self-concept Rate of Athletic and non-athletic Students of Orumiye University. Islamic Azad University-Sport Research Center, Tehran Islamic Azad University, Proceeding in Farsi.

Alipor, Hossein and Rahmani, N. (2012). A comparative study of Self-steem in War Victims’ and Non-war Victims’ children. May, 16(4), pp:29-43.( In Persian).

Astuti, R. D. (2015). Identifikasi faktor-faktor yang memengaruhi konsep diri siswa Sekolah Dasar Negeri Mendungan I Yogyakarta. Basic Education, 4(2).

Badeleh, M., Fathi, M., Aghamohammadian Sharbaf, H. R., Taghi Badeleh, M., & Ostadi, N. (2013). Compare the effect of group cognitive behavioral hypnotherapy and group cognitive behavioral therapy on increasing the self-esteem of adolescents. Journal of Fundamentals of Mental Health, 15(59), 194-204.

Burns, R. B. (1979). The Self Concept : Theory, Measurement, Development and Behavior. Longman Group Limited.

Cohen, E. G., & Lotan, R. A. (2014). Designing groupwork: strategies for the heterogeneous classroom third edition. Teachers College Press.

Corrigan, P. (2004). How stigma interferes with mental health care. American Psychologist, 59(7), 614–625. https://doi.org/10.1037/0003-066X.59.7.614

Hergenhahn, B. R., & Olson, M. H. (2009). No TitleTheories of learning = (Teori belajar) / B.R. Hergenhahn, Matthew H. Olson (7th ed.). Kencana Prenada Media Group.

Kadir. (2016). Statistika Terapan. Rajawali Pers.

KBBI. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia (Vol. 66). Pusat Bahasa.

Leila, S., Ebrahim, M. S., Nahid, S., & Azizollah, A. (2013). The Relationship between Children’s Self-Esteem and Parents’ Educational Level. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 2(3), 11–21. https://doi.org/10.6007/ijarped/v2-i3/3

Masturah, A. N. (2017). Gambaran Konsep Diri Mahasiswa Ditinjau dari Perspektif Budaya. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2). https://doi.org/10.23917/indigenous.v2i2.4934

Murdoko, E. W. H. (2006). Personal Quality Managemen. PT Elax Media Komputindo.

Paramitha, S. T., & Anggara, L. E. (2018). Revitalisasi pendidikan jasmani untuk anak usia dini melalui penerapan model bermain edukatif berbasis alam. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 3(1), 41-51.

Petros, B., Ploutarhos, S., Vasilios, B., Vasiliki, M., Konstantinos, T., Stamatia, P., & Christos, H. (2016). The effect of IAAF Kids’ Athletics on the physical fitness and motivation of elementary school students in track and field. Journal of Physical Education and Sport, 16(3), 883–896. https://doi.org/10.7752/jpes.2016.03139

Rosdiani, D. (2012). Model Pembelajaran Langsung Dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Alfabeta.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru (edisi kedua)tle (Edisi Kedu). PT Raja Grafindo Persada.

Sereshkeh, S. K., & Amirnejad, S. (2013). Comparing Self-esteem and Self-concept of Athletic and Non-Athletic Students and Finding a Relationship between these two Variables. Applied Science, 1(1), 19–22.

Sirgy, M. J. (2015). Self-image/product-image congruity and advertising strategy. In Proceedings of the 1982 Academy of Marketing Science (AMS) annual conference (pp. 129-133). Springer, Cham.

Veenhoven, R. (2006). THE FOUR QUALITIES OF LIFE Ordering concepts and measures of the good life. Journal of Intelligent and Robotic Systems: Theory and Applications, 22(3–4), pp 74-100.

West, R. & L. H. T. (2008). Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi ((Terj. Maria Natalia Damayanti & Maer). (eds.)). Salemba Humanika.

Widiarti, P. W. (2017). Konsep Diri (Self Concept) dan Komunikasi Interpersonal dalam Pendampingan Pada Siswa SMP Se Kota Yogyakarta. Informasi, 47(1), 135. https://doi.org/10.21831/informasi.v47i1.15035

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Rifki Nanda Putra, Bafirman Bafirman

Downloads

Download data is not yet available.