Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan produk video pembelajaran bulutangkis teknik dasar langkah kaki yang terdiri dari (1) menyusun naskah video pembelajaran bulutangkis teknik dasar langkah kaki, (2) mengembangkan video belajar bulutangkis teknik dasar langkah kaki, yang berisi materi teknik teknik dasar, yaitu: (a) langkah kaki ke kiri depan, (b) langkah kaki ke kanan depan, (c) langkah kaki ke samping kanan, (d) langkah kaki ke samping kiri, (e) langkah kaki ke kanan belakang, dan (f) langkah kaki ke kiri belakang. Metode yang digunakan dalam pengembangan ini mengacu pada model pengembangan Borg dan Gall yang terdiri atas sepuluh langkah, namun dengan pertimbangan waktu dan biaya, peneliti hanya memodifikasi menjadi tujuh langkah. Hasil pengembangan penelitian ini adalah: (1) naskah video belajar bulutangkis teknik dasar langkah kaki, (2) video belajar bulutangkis teknik dasar langkah kaki dalam format digital versatile disc (DVD). Berdasarkan penilaian ahli media pembelajaran dan ahli pembelajaran bulutangkis, serta hasil uji coba lapangan, hasil produk yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai media dalam pembelajaran pada materi bulutangkis teknik dasar langkah kaki, di SMAK Kolese Santo Yusup Malang.
References
Chamdani, B. (2013). Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Pembelajaran Lompat Jauh Pada Siswa Kelas IV SD Kabupaten Grobogan. Universitas Negeri Semarang.
Dina, T. (2016). Studi Analisis Kebutuhan Terhadap Pengembangan Model Blended Learning Pada Sistem Pendidikan Jarak Jauh Untuk Meningkatkan Kompetensi Lulusan. Edu Humaniora Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 107–125.
Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104–117.
Fauzan, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 2, 82–88.
Febriyana, D. (2013). Proses Produksi Program Talk Show “ Redaksi 8 ” Pada Televisi Lokal Tepian Tv Samarinda. EJurnal Ilmu Komunikasi, 1(4), 340–352.
Frendy, F. (2015). Pembelajaran Lay Up Shoot Menggunakan Media Audio Visual Basic Lay Up Shoot Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lay Up Shoot Pada Siswa Kelas VIIIa Smp Kanisius Pati Tahun 2013/2014. Journal of Physical Education, Sport, Health, 4(1), 1509–1521.
Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar. In Transformasi Pendidikan Abad 21, 1, 96–102.
Ismaniati, C. (2012). Pengembangan dan Pemanfaatan Media Video Instruksional Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran Edisi Khusus, 111–123.
Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. (A. Hikmat, Ed.). Jakarta: Referensi.
Nandika, R. (2017). Pengembangan Model Latihan Strokes Bulutangkis Berbasis Footwork Untuk Anak Usia Pemula (U-15). Gladi Jurnal Ilmu Keolahragaan, 08(02), 103–111. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/GJIK.082.03.
Ngadiman. (2011). Pengembangan Alat Bantu untuk Latihan Footwork Bulutangkis Berbasis Teknologi Microcontroller. Jurnal Iptek Olahraga, 13, 146–165.
Nokman, R. (2018). Penilaian Kualitas Media Audio Visual Tentang Karakteristik Larutan Asam Basa Untuk Siswa. Jurnal Pendidikan Sains, 06(01), 73–85.
Poole, J. (2011). Belajar Bulutangkis (XI). Bandung: Pionir Jaya.
Purwanti, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 42–47. Retrieved from http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jmkpp/article/view/2194.
Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional (2005). Indonesia. Retrieved from www.dpr.go.id/dokjdih/document/uu/45.pdf
Republik Indonesia. Peraturan Presiden Republik Indonesia Tentang Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional (2017). Indonesia. Retrieved from setkab.go.id/wp-content/uploads/2017/10/Perpres-Nomor-95-Tahun-2017.pdf
Sugiono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan. (S. Suryandari, Ed.) (3rd ed.). Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, A. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (14th ed.). Jakarta: Rineka Cipta.
Sungkono. (2008). Pemilihan dan Penggunaan Media Dalam Proses Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 4(1), 71–80.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.