Pengembangan Model Latihan Keseimbangan untuk Sekolah Dasar
PDF (Bahasa Indonesia)

Keywords

Model latihan
latihan keseimbangan
pengembangan
motorik
karakteristik

How to Cite

Tauhidman, H., & Ramadan, G. (2018). Pengembangan Model Latihan Keseimbangan untuk Sekolah Dasar. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 4(1), 133-144. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v4i1.12012

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan pengembangan model latihan keseimbangan gerak untuk sekolah dasar, 2) untuk mengukur bagaimana pengembangan model latihan keseimbangan gerak dan memperbaiki motorik anak sekolah dasar. Penelitian ini diawali dengan analisis kebutuhan dengan metode survei dan kemudian mengembangkan model latihan keseimbangan dengan karakteristik sesuai dengan hasil analisis kebutuhan. Pengembangan model latihan ini menghasilkan suatu produk dari model latihan keseimbangan sesuai dengan kebutuhan dan kesesuaian dengan apa yang dibutuhkan. Model latihan keseimbangan untuk sekolah dasar digunakan sebagai alat bantu agar peserta didik mampu meningkatkan kemampuan keseimbangannya. Berdasarkan hasil analisis pada uji coba kelompok kecil didapat rata-rata pilihan sebesar 75,60%, hal ini menyatakan bahwa model latihan keseimbangan memilki kategori baik. Sedangkan pada uji coba kelompok besar rata-rata pilihan sebesar 86,49% ini menyatakan bahwa model latihan keseimbangan memilki kategori sangat baik.

https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v4i1.12012
PDF (Bahasa Indonesia)

References

Adhari. (2009). Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar. Jakarta : Rineka Cipta.

Bajuri, P. (2016). Penerapan Alat Bantu Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Tinggi Gaya Straddle. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 2(2), 67-75. Retrieved from http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pjk/article/view/484.

Dhias, F. W. P. (2013) Perkembangan Keseimbangan pada Anak Usia 7 s/d 12 Tahun Ditinjau dari Jenis Kelamin. Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia 3(1), 25-29.

Fikri, A. (2017). Upaya Meningkatkan Kesegaran Jasmani Melalui Metode Latihan Sirkuit Dalam Pembelajaran Penjasorkes Di SMA Negeri 1 Lubuklinggau. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 3(1), 89-102. Retrieved from http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pjk/article/view/736.

Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2007). Educational research : an introduction. Pearson/Allyn & Bacon. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=3fsUSgAACAAJ&dq=Borg+dan+Gall+(1983)&hl=en&sa=X&ved=0ahUKEwjl0riBjq_bAhVXT30KHeH1APIQ6AEIKTAA.

Juniarti, Y., & Ramadan, G. (2017). Peningkatan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Sirkuit Bola (Penelitian Tindakan Pada Kelompok B Paud Al-Furqon Desa Salareuma Kecamatan Cipicung Kabupaten Kuningan, Tahun 2017). Prosiding Seminar Nasional PG PAUD Untirta 2017, 255–260. Retrieved from http://semnaspgpaud.untirta.ac.id/index.php/semnas2017/article/view/30.

Kusmiyati, K. (2017). Diagnosis Kesulitan Komponen Utama Keterampilan Mengajar Pendidikan Jasmani pada Mahasiswa STKIP Darussalam Cilacap. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 3(1), 76-88. Retrieved from http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pjk/article/view/619.

Ramadan, G. Sartono. & Aji, S. H. (2017) Analisis kebutuhan Pengembangan latihan passing bola tangan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jasmani. UNSIKA, 109-114.

Sudjana. (2002). Metode Statistika. Edisi Keenam. Bandung: Tarsito.

Sugiarto, A. (2005). Penilaian Keseimbangan Dengan Aktivitas Kehidupan Sehari-hari Pada lansia Dip Anti Werdha Perklis Elim Semarang Dengan Menggunakan Berg Balance Scale dan Indeks Barthel. Semarang: UNDIP. Retreived from http://eprints.undip.ac.id/12804/1/2005PPDS4437.pdf.
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Copyright (c) 2018 Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.