Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan pengembangan model latihan keseimbangan gerak untuk sekolah dasar, 2) untuk mengukur bagaimana pengembangan model latihan keseimbangan gerak dan memperbaiki motorik anak sekolah dasar. Penelitian ini diawali dengan analisis kebutuhan dengan metode survei dan kemudian mengembangkan model latihan keseimbangan dengan karakteristik sesuai dengan hasil analisis kebutuhan. Pengembangan model latihan ini menghasilkan suatu produk dari model latihan keseimbangan sesuai dengan kebutuhan dan kesesuaian dengan apa yang dibutuhkan. Model latihan keseimbangan untuk sekolah dasar digunakan sebagai alat bantu agar peserta didik mampu meningkatkan kemampuan keseimbangannya. Berdasarkan hasil analisis pada uji coba kelompok kecil didapat rata-rata pilihan sebesar 75,60%, hal ini menyatakan bahwa model latihan keseimbangan memilki kategori baik. Sedangkan pada uji coba kelompok besar rata-rata pilihan sebesar 86,49% ini menyatakan bahwa model latihan keseimbangan memilki kategori sangat baik.
References
Bajuri, P. (2016). Penerapan Alat Bantu Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Tinggi Gaya Straddle. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 2(2), 67-75. Retrieved from http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pjk/article/view/484.
Dhias, F. W. P. (2013) Perkembangan Keseimbangan pada Anak Usia 7 s/d 12 Tahun Ditinjau dari Jenis Kelamin. Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia 3(1), 25-29.
Fikri, A. (2017). Upaya Meningkatkan Kesegaran Jasmani Melalui Metode Latihan Sirkuit Dalam Pembelajaran Penjasorkes Di SMA Negeri 1 Lubuklinggau. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 3(1), 89-102. Retrieved from http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pjk/article/view/736.
Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2007). Educational research : an introduction. Pearson/Allyn & Bacon. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=3fsUSgAACAAJ&dq=Borg+dan+Gall+(1983)&hl=en&sa=X&ved=0ahUKEwjl0riBjq_bAhVXT30KHeH1APIQ6AEIKTAA.
Juniarti, Y., & Ramadan, G. (2017). Peningkatan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Sirkuit Bola (Penelitian Tindakan Pada Kelompok B Paud Al-Furqon Desa Salareuma Kecamatan Cipicung Kabupaten Kuningan, Tahun 2017). Prosiding Seminar Nasional PG PAUD Untirta 2017, 255–260. Retrieved from http://semnaspgpaud.untirta.ac.id/index.php/semnas2017/article/view/30.
Kusmiyati, K. (2017). Diagnosis Kesulitan Komponen Utama Keterampilan Mengajar Pendidikan Jasmani pada Mahasiswa STKIP Darussalam Cilacap. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 3(1), 76-88. Retrieved from http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pjk/article/view/619.
Ramadan, G. Sartono. & Aji, S. H. (2017) Analisis kebutuhan Pengembangan latihan passing bola tangan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jasmani. UNSIKA, 109-114.
Sudjana. (2002). Metode Statistika. Edisi Keenam. Bandung: Tarsito.
Sugiarto, A. (2005). Penilaian Keseimbangan Dengan Aktivitas Kehidupan Sehari-hari Pada lansia Dip Anti Werdha Perklis Elim Semarang Dengan Menggunakan Berg Balance Scale dan Indeks Barthel. Semarang: UNDIP. Retreived from http://eprints.undip.ac.id/12804/1/2005PPDS4437.pdf.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License