Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan invasi dan permainan netting terhadap gerak dasar fundamental siswa. Penelitian ini menggunakan desain ekperimen dengan pretest posttest control grup desain, populasi adalah seluruh siswa sekolah dasar negeri se kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Sampel sebanyak 88 siswa diambil secara cluster random sampling yang terdiri dari 51 laki-laki dan 37 perempuan yang berusia antara 9-12 tahun. Instrumen penelitian dari Nurhasan 2008 yang terdiri dari 4 item tes kecepatan, kelincahan, keseimbagan dan akurasi. Hasil peneitian adalah baik permainan invasi maupun permainan netting memberi pengaruh terhadap keterampilan gerak dasar fundamental siswa namum masih belum memberikan pengaruh yang signifikan untuk meningkatkan gerak dasar fundamental.
References
Braga L, Tracy J & Taliaferro AR. 2015. Physical Activity Programs in Higher Education: Modifying Net/Wall Games to Include Individuals with Disabilities. Journal of Physical Education, Recreation and Dance. Vol 86. No 1. https://e-resources.perpusnas.go.id:2171/docview/1651525047?pq-origsite=summon. Diakses pada 5 September 2017
David .K& Thomas .L.M. 2015. The Potential and Reality of Physical Education in Controlling Overweight and Obesity. American Journal of Public Health. Vol 105, No. 4. https://e-resources.perpusnas.go.id:2171/docview/1667326100?pq-origsite=summon. Diakses pada 2 September 2017
Dean dkk. 2011. A systematic review of the effectiveness of physical education and school sport interventions targeting physical activity, movement skills and enjoyment of physical activity. European Physical Education Riview. 17;353-378. http://epe.sagepub.com/content/17/3/353.full.pdf+html. Diakses pada 30 april 2014)
Djaiman, Sihadi, Sari, dan Kusumawardani. 2017. Metaanalisis: Pencegahan Obesitas pada Anak Sekolah. Media Litbangkes, Vol. 27 No. 1, Maret 2017, 39–48. http://ejournal.litbang.depkes.go.id/index.php/MPK/article/ download/4838/4927. diakses pada 4 september 2017
Fernando dan Jose. 2015. Design and validation of a tool for the formative assessment of invasion games. Journal of Physical Education and Sport (JPES). Vol 15. No. 2. pp.254 – 263. https://e-resources.perpusnas.go.id:2171/docview/1695191457?pq-origsite=summon. Diakses pada 4 September 2017
Gallahue, D. L., Ozmun, J. C., & Goodway, J. D. 2012. Understanding motor development: Infants, children, adolescents, adults (7th ed). New York, NY: McGraw-Hill.
Nurhasan . 2008. Penilaian Pembelajaran Penjas. Jakarta. Universitas Terbuka.
Perma, Frank M, Dkk. 2012. The Association of State Law to Physical Education Time Allocation in US Public Schools. American Journal of Public Health. Vol 102. No. 8. https://e-resources.perpusnas.go.id:2171/docview/1039278489?pq-origsite=summon. Diakses pada 5 september 2017
Ricarhd, D.T. dkk. 2012. Physical Education, Obesity, and Academic Achievement: A 2-Year Longitudinal Investigation of Australian Elementary School Children. American Journal of Public Health. Vol 102. No.2.https://e-resources.perpusnas.go.id:2171/docview/963359 538?pq-origsite=summon. Diakses pada 2 September 2017
Suherman, Adang. 2009. Revitalisasi Ketelantaran Pengajaran Dalam Pendidikan Jasmani. Bandung. IKIP Bandung Press.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright (c) 2017 Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran