STUDI KREATIVITAS GURU PENJASORKES DALAM MODIFIKASI PEMBELAJARAN

  • wasis himawanto
Abstract views: 151 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 67

Abstract

Abstrak: Pendidikan jasmani merupakan media untuk mendorong perkembangan motorik, kemampuan fisik, pengetahuan dan penalaran, penghayatan nilai-nilai (sikap, mental, emosional, spritual dan sosial), serta pembiasaan pola hidup sehat yang bermuara untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan yang seimbang. Pendidikan jasmani memiliki peran yang sangat penting dalam mengintensifkan penyelenggaraan pendidikan sebagai suatu proses pembinaan manusia yang berlangsung seumur hidup. Pendidikan jasmani memberikan kesempatan pada siswa untuk terlibat langsung dalam aneka pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani, bermain, dan berolahraga yang dilakukan secara sistematis, terarah dan terencana.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik survey. Penelitian ini merupakan penelitian populasi sehingga seluruh guru pendidikan jasmani SD se-Kota Kediri yang berjumlah 36 guru sebagai subyek penelitian.

Berdasarkan hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa Hipotesis kerja (Ha) Diterima, Hipotesis nihil (Ho) Ditolak. Jadi berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa: “kreativitas guru penjaskes dalam modifikasi berpengaruh sangat signifikan terhadap Motivasi belajar siswa”.

 

Kata kunci: Kreativitas, Modifikasi Pembelajaran

Published
2015-04-15
How to Cite
himawanto, wasis. (2015). STUDI KREATIVITAS GURU PENJASORKES DALAM MODIFIKASI PEMBELAJARAN. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 1(1). https://doi.org/10.29407/pn.v1i01.105