ANALISA FREEMAN’S CHAIN CODE DAN EUCLIDEAN DISTANCE UNTUK PERKEMBANGAN KEMAMPUAN MENULIS ANAK PAUD (Studi Kasus di PAUD BaiturrahmanTepus, Kab. Kediri)

Authors

  • Patmi Kasih Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Rina Firliana

Abstract

ABSTRAK

Pengenalan tulisan tangan adalah kemampuan komputer untuk menerima dan menafsirkan input tulisan tangan yang dapat dimengerti dari sumber seperti dokumen kertas, foto, layar sentuh dan perangkat lainnya. Pada penelitian ini, digunakan citra dari tulisan tangan secara offline, dimana tulisan anak dengan tinta hitam diatas kertas putih dijadikan gambar digital (citra). Selanjutnya dari masing-masing gambar dengan objek huruf atau angka dicari nilai tingkat kemiripannya dengan huruf atau angka acuan. Dalam waktu 3 periode penulisan tulisan tangan anakdianalisa dan dihitung seberapa besar tingkat perkembangannya dari periode ke periode.

Dalampenelitiandibuat suatu aplikasi yang dapat mengevaluasi tingkat perkembangan kemampuan anak dalam menulis huruf dan angka, dandapat menganalisa huruf input tulisan tangan dengan tulisan tangan yang terdapat di dalam database. Dengan Euclidean Distance rangkaian kode rantai tulisan anak dicari nilai kemiripannya denganrangkaian kode rantai data acuan untuk huruf dan angka yang sama, selanjutnya hasil perbandingan nilai dijadikan nilai skor untuk tulisan anak. Pada periode penulisan berikutnya untuk citra huruf dan angka yang sama, hasil skor awal uji dibandingkan dengan hasil citra uji berikutnya sehingga didapatkan selisih yang menunjukkan tingkat perkembangan kemampuan menulisanak.

 

Kata Kunci : Analisa, Huruf, Tulisan Tangan,Chain Code, Euclidean Distance


Author Biography

Rina Firliana

Universitas Nusantara PGRI Kediri

PlumX Metrics

Published

2014-03-07

How to Cite

Kasih, P., & Firliana, R. (2014). ANALISA FREEMAN’S CHAIN CODE DAN EUCLIDEAN DISTANCE UNTUK PERKEMBANGAN KEMAMPUAN MENULIS ANAK PAUD (Studi Kasus di PAUD BaiturrahmanTepus, Kab. Kediri). Nusantara of Engineering (NOE), 1(1). Retrieved from https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/noe/article/view/33

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>