IDENTIFIKASI PERSONAL BERDASARKAN 16 FITUR GEOMETRI TANGAN

How to Cite

Firliana, R., & Daniati, E. (2014). IDENTIFIKASI PERSONAL BERDASARKAN 16 FITUR GEOMETRI TANGAN. Nusantara of Engineering, 1(1). Retrieved from https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/noe/article/view/35

Abstract

ABSTRAK-Sistem identifikasi bertujuan untuk mengetahui identitas seseorang atau lebih tepatnya mengenal diri seseorang dengan menggunakan ciri dari seseorang atau anggota tubuh seseorang seperti mata, telinga, hidung, tangan, kaki dan sebagainya.

Dari sistem identifikasi ini merupakan proses pencocokan dengan menggunakan data training danĀ  kemudian data ditesting untuk diuji. Hasilnya adalah suatu keputusan apakah tangan yang diuji milik pengguna yang benar atau bukan. Proses perolehan ciri memegang peranan penting terhadap keberhasilan identifikasi.

Pada penelitian ini, akan dibuat suatu program pengenalan geometri tangan seseorang. Pada percobaan geometri tangan ini data yang digunakan diperoleh dari 14 orang, tiap orang diambil 10 gambar.Sebagian gambar digunakan sebagai template/database/training-set dan sebagian digunakan untuk testing-set. Gambar berwarna diubah menjadi grayscale yang kemudian di threshold lalu dilakukan proses Closing dan Opening. Diambil informasi panjang dari 16 garis utama yang mewakili struktur tangan untuk menghasilkan feature vector. Feature vektor ini selanjutnya digunakan untuk pengenalan identitas. Hasil pengujian system menunjukkan bahwa pengenalan struktur

tangan dapat dipakai untuk keperluan identifikasi identitas seseorang.

Kata kunci:geometri, pengenalan pola, pengenalan struktur tangan.

Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1. Hak cipta pada artikel apa pun dipegang oleh penulis.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (mis., Mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan semua materi yang diterbitkan terkait didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0