Penerapan Lean Project Management Pada Proyek Penggantian Pipa Minyak Wilayah Rokan

  • Ensan Nudin Universitas Indraprasta PGRI
  • Surya Perdana Universitas Indraprasta PGRI
Abstract views: 84 , PDF downloads: 83
Keywords: Lean Project Management, Waste, Waktu

Abstract

Proyek Penggantian Pipa Minyak Wilayah Rokan adalah proyek penggantian jaringan pipa di Wilayah Kerja Rokan, Provinsi Riau yang mendekati akhir masa desainnya. Permasalahan yang terjadi dalam proyek ini adalah terdapat waste dalam pelaksanaannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor waste penyebab utama keterlambatan dan mengetahui cara meminimalisir waste pada proyek tersebut, dan meminimalisir biaya berlebih. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Lean Project Management (LPM) dan Critical Chain Project Management (CCPM) dan menggunakan software zoho project & ganttpro, yang meliputi pengidentifikasian waste, risiko dan estimasi kebutuhan proyek (waktu, sumber daya, dan biaya). Dari penelitian ini diperoleh waste yang sering terjadi saat pelaksanaan proyek yaitu waiting, disebabkan karena adanya keterlambatan data dan pekerjaan re-work (berulang).  Beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menghindari hal tersebut yaitu dengan melakukan survey data untuk memastikan data yang valid, sedangkan untuk pekerjaan re-work (berulang) pada kesalahan pekerja, diharapkan segera memperbaiki pekerjaan yang salah. Dengan adanya safety time (buffer time) yang terdapat dalam penjadwalan dengan metode CCPM, hasil dari penanganan waste dengan menggunakan penjadwalan CCPM menunjukkan penghematan waktu pengerjaan proyek sebesar 7 hari. Selain itu, biaya yang dikeluarkan untuk percepatan pekerjaan mencapai Rp 156,333,331.

References

Aulady. dan Orleans. 2016. Perbandingan Durasi Waktu Proyek Konstruksi Antara Metode Critical Path Method (CPM) dengan Metode Critical Chain Project Management (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Apartemen Menara Rungkut). Jurnal IPTEK. Vol 20 No 1.
Hatpito. Anwardi. Hamdy, Muhammad Ihsan. 2019. Identifikasi Waste Proyek Konstruksi Jalan dengan Menggunakan Metode Lean Project Management. Jurnal Teknik Industri, 5 (2) hlm 115-125.
Perdana, Surya., Rahman, Arif., dan Widjajanto, Tulus. 2022. Penerapan Lean Project Management pada Proyek Pembangunan Water Treatment System di PT Karya Nurindo. Jurnal Faktor Exacta. Vol 15 No 3 hal 192-199.
Perdana, Surya., dan Nur, Rizkal. 2020. Penerapan Lean Project Management (LPM) dalam Proyek Konstruksi Pembangunan Konstruksi Exhaust Ducting Kompresor Gas. Prosiding Seminar Nasional Universitas Islam Syekh Yusuf,.hal 558 – 567.
Saputra, Arie. Putra, Gaustama. & Aguslita, Fani. 2021. Pengendalian Waktu Proyek Menggunakan Metode Critical Chain Project Management (CCPM) Studi Kasus Pembangunan Proyek Irigasi Tahap II Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Teknik Industri. 11 (3), hlm 204-215
Siswanto, Agus B. Salim, M Afif. 2019. Manajemen Proyek. Semarang : CV. Pilar Nusantara.
Sitanggang, Nathanael. Simarmata, Janner. Luthan, Putri Lynna. 2019. Pengantar Konsep Manajemen Proyek untuk Teknik. Medan : Yayasan Kita Menulis.
Sugiyanto. 2021. Manajemen Proyek Rantai Kritis. Surabaya : Cipta Media Nusantara.
Ucok. et al. 2021. Evaluasi Penjadwalan Proyek Konstruksi dengan Metode Critical Chain Project Management (CCPM) (Studi Kasus : Proyek Pembangunan Pengganti dan Fasilitas di Yonif 661/AWL Kompi Senapan Samarinda. Jurnal Teknologi Sipil. Vol 5 No 1.
https://ganttpro.com/about-us/
https://www.zoho.com/id/projects/

PlumX Metrics

Published
2023-10-26
How to Cite
Nudin, E., & Perdana, S. (2023). Penerapan Lean Project Management Pada Proyek Penggantian Pipa Minyak Wilayah Rokan. Nusantara of Engineering (NOE), 6(2), 109-117. https://doi.org/10.29407/noe.v6i2.21095