Inovasi Pompa Air Dengan Timer Control

  • W Dewa Asteya universitas nusantara pgri kediri
  • Hermin Istiasih universitas nusantara pgri kediri
  • Rachmad Santoso universitas nusantara pgri kediri
Abstract views: 449 , PDF downloads: 208
Keywords: Pompa Air, Timer Control, Sensor

Abstract

Di Desa Wonocatur, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri terdapat beberapa petani ikan lele. Dalam budidaya lele, kestabilan ph air adalah kunci utama sebagai parameter budidaya lele dikatakan baik. Pada budidaya lele kita harus menjaga level ph pada kolam di kisaran 7-8. Oleh karena itu ph air untuk kolam ikan lele yang baik berada di level air netral. Untuk menjaga kestabilan ph air, para petani dalam menyalakan dan mematikan pompa air masih secara manual. Target Fungsional dari inovasi pompa air ini adalah memberikan kemudahan  kepada petani ikan lele untuk menyalakan dan mematikan pompa air secara otomatis menggunakan Timer Control sehingga kebutuhan tenaga operasional bisa dikurangi. Perancangan ini dimulai dari pompa air model lama dan manual, kemudian dikembangkan dengan menambahkan sensor yang dikombinasikan dengan mesin jam yang dimodifikasi serta komponen tambahan seperti trafo, diode, kapasitor, dan relay. Dari hasil percobaan yang telah dilakukan dengan menggunakan plat logam untuk waktu 15 menit menghasilkan waktu dengan rata-rata 15 menit 7,2 detik. Sedangkan percobaan menggunakan plat logam untuk waktu 20 menit menghasilkan waktu dengan rata-rata 15 menit 9 detik. Berdasarkan angket respon petani ikan lele, memiliki 2 nilai persentase tertinggi yaitu desain alat serta perawatan dan perbaikan sebesar 92,5% dan persentase terendah berada pada setting alat yaitu sebesar 75%.

References

Sularso, Haruo Tahara, 1983, Pompa dan Kompresor, Penerbit Pradya Paramita, Jakarta. Tedjamaja.
Jatmiko, Priyo. 2015. Sensor Proximity. http://eprints.polsri.ac.id/. Diakses tanggal 6 juni 2021.
Sugiono. 2012. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sari, Endang. 1993. Audience Research: Penghantar Studi Penelitian Pembaca, Pendengar, Pemirsa. Yogyakarta: Andi Offset.
Bishop, O. 2004, Dasar-dasar Elektronika. Jakarta: Penerbit PT. Gelora Aksara Pratama
Widiharso. 2013. Teknik Elektronika Komunikasi. Jakarta: Kementrian pendidikan & kebudayaan.
Frank D. Petruzella, 2001. Elektronika Industri, Penerbit Andi. Penerjemah Suminto, Drs. MA., Yogyakarta.
Sangkutifarm. 2015. Ph Air Untuk Kolam Lele Yang Baik. https://www.sangkutifarm.com/ph-air-untuk-kolam-ikan-lele-yang-baik/ . Diakses 6 juni 2021.
Mahyudi, Kholis, S.Pi, MM. Pengajuan Lengkap Agribisnis Lele. Jakarta : Penebar Swadaya. 2004.

PlumX Metrics

Published
2022-05-15
How to Cite
Asteya, W. D., Istiasih, H., & Santoso, R. (2022). Inovasi Pompa Air Dengan Timer Control. Nusantara of Engineering (NOE), 5(1), 50 - 57. https://doi.org/10.29407/noe.v5i1.17584

Most read articles by the same author(s)