RANCANG BANGUN ALAT PEMARUT KELAPA MENGGUNAKAN TENAGA LISTRIK

  • Iqbal Thasinwa universitas nusantara pgri kediri
  • Hermin Istiasih universitas nusantara pgri kediri
  • Rachmad Santoso UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
Abstract views: 5 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 4
Keywords: Pemarut Kelapa, Produktifitas, Tenaga Listrik

Abstract

Di zaman era modern ini masih banyak ibu rumah tangga, masih menggunakan alat pemarut manual, yaitu dengan menggunakan alat parut yang terbuat dari pelat besi yang permukaannya mempunyai duri-duri kecil sebagai pemarutnya, cara pemarutan seperti ini sangat sederhana dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Oleh sebab itu dibutuhkan suatu alat pemarut kelapa yang dapat meningkatkan efisiensi kerja pada proses pemarutan, yaitu dengan merancang bangun suatu alat pemarut kelapa menggunakan tenaga listrik. (1) Bagaimana merancang dan membuat alat pemarut kelapa menggunakan tenaga listrik ? (2)Bagaimana produktifitas alat pemarut kelapa dengan tenaga listrik dibandingkan dengan alat konvensional ? (3) Bagaimana respon masyarakat terhadap alat pemarut kelapa menggunakan tenaga listrik ?. Tujuan yang hendak dicapai dalam rancang bangun alat pemarut kelapa menggunakan tenaga listrik antara lain (1) Untuk menghasilkan rancangan alat pemarut kelapa menggunakan tenaga listrik. (2) untuk menghasilkan produktifitas pada alat pemarut kelapa menggunakan tenaga listrik. (3) Untuk mengetahui respon masyarakat terhadap alat pemarut kelapa menggunakan tenaga listrik. Kesimpulan yang dihasilkan dalam rancang bangun alat pemarut kelapa menggunakan tenaga listrik (1) Telah dihasilkan sebuah alat pemarut kelapa ibu rumah tangga yang menghasilkan waktu pemarutan lebih cepat dibandingkan dengan alat pemarut kelapa konvensional. Dari data hasil waktu pemarutan kelapa pada alat pemarut kelapa menggunakan tenaga listrik yang menghasilkan rata-rata waktu pemarutan 3 menit 58 detik, sedangkan menggunakan alat pemarut kelapa konvensional 19 menit 20 detik. (2) Dari hasil responden dengan cara kuisioner ibu rumah tangga yang dilakukan Di RT 008/RW 003 Dusun Talang Jring, Kelurahan Jatimulya II, Kecamatan Madang Suku II, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, sumatra selatan dengan nilai rata-rata sangat setuju 52%, setuju 42%, cukup setuju 6%. Dari hasil kuesioner menjelaskan bahwasannya mayoritas ibu rumah tangga sangat setuju dengan adanya alat pemart kelapa menggunakan tenaga listrik.

References

Eprints. (2020). Pengertian Rancang Bangun. (Online) Tersedia: eprints.umpo.ac.id/3019/3/BAB II.pdf, diunduh 25 Desember 2020.

Mahmud, Z. a. (2015). Prospek Pengolahan Hasil Samping Buah Kelapa. perspektif, 4 (2), 55-63.

Sari, E. (1993). Audience Research: Penghantar Studi Penelitian Pembaca, Pendengar, Pemirsa. Yogyakarta: Andi Offset.

Sugiono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R dan D). Bandung: Alfabeta.
Published
2021-11-11
How to Cite
Thasinwa, I., Istiasih, H., & Santoso, R. (2021). RANCANG BANGUN ALAT PEMARUT KELAPA MENGGUNAKAN TENAGA LISTRIK. Nusantara of Engineering, 4(2), 112 - 121. https://doi.org/10.29407/noe.v4i2.16760

Most read articles by the same author(s)