ANALISIS MESIN TABLE SAW MENGGUNAKAN SOFT STARTER BERBASIS ARDUINO NANO

  • Muhammad Rizal Permana Putra universitas nusantara pgri kediri
  • Kartika Rahayu tri prasetyo Sari universitas nusantara pgri kediri
  • Elsanda Merita indrawati universitas nusantara pgri kediri
Abstract views: 51 , PDF downloads: 46
Keywords: Arduino Nano, Analisis, Mesin Table saw, soft start

Abstract

Proses memotong kayu manual merupakan salah satu proses untuk mengolah kayu menjadi suatu benda atau kerajinan yang berguna serta lebih memiliki nilai jual lebih. Pemotongan yang dihasilkan dengan cara manual ini memiliki beberapa kekurangan, yaitu: (1) proses pemotongan menguras cukup tenaga dan memakan waktu lama, (2) tingkat ketelitian terbatas, (3) kurang efektif dan efisien. Maka dalam hal ini, untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti melakukan suatu kegiatan penelitian dengan membuat mesin pemotong kayu table saw menggunakan soft starter berbasis arduino nano yang dapat menghasilkan pengolahan kayu dengan hasil ketebalan yang presisi, efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis keefektifan mesin pemotong kayu table saw, Teknik yang digunakan untuk menganalisa perancangan ini yaitu menggunakan desain baru. Peneliti menyimpulkan bahwa, (1) alat pemotong kayu table saw menggunakan soft starter berbasis arduino lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan alat pemotong kayu manual dari segi segi kualitas, kuantitas dan waktu potongan yang dihasilkan, (2) pengembangan dari desain baru dari segi keamanan sudah 78% lebih efektif dibandingkan dengan yang manual. Dari segi pengoperasian alat ini cukup efisien 2 kali lipat dalam pengerjaan pemotongan.

References

Aristyo Ardi. (2019). RANCANG BANGUN MESIN PEMOTONG BALOK KAYU SERBAGUNA DENGAN SISTEM KONTROL OTOMATIS.

Beni. (2016). Efektivitas.

Kristanto dan sugiantoro. (2012). Perancangan ulang mesin amplas kayu profil lengkung untuk perbaikan posisi kerja dan peningkatan produktivitas. Perancangan Produk Yang Ergonomi, 11(2), 125–135.

PlumX Metrics

Published
2022-05-15
How to Cite
Putra, M. R. P., Sari, K. R. tri prasetyo, & indrawati, E. M. (2022). ANALISIS MESIN TABLE SAW MENGGUNAKAN SOFT STARTER BERBASIS ARDUINO NANO. Nusantara of Engineering, 5(1), 15 - 24. https://doi.org/10.29407/noe.v5i1.17371

Most read articles by the same author(s)