Design of Sales Information System SIKMAJO based on Codeigniter Framework

  • Laylatul Desia Rohmawati Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Agus Sifaunajah Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
Abstract views: 91 , PDF downloads: 71
Keywords: Codeigniter, UMKM, Marketplace, Forum IKM Jombang

Abstract

Pasar digital dengan perkembangannya setiap tahun menawarkan banyak sekali kemudahan bagi para pelaku perniagaan tidak terkecuali untuk usaha mikro kecil menengah  atau UMKM dalam mempromosikan hasil produksinya. SIKMAJO merupakan inovasi platform penjualan secara online yang dibuat guna memudahkan komunitas UMKM yakni Forum IKM Jombang menjangkau konsumen dengan cakupan yang lebih luas. SIKMAJO sekaligus menjadi katalog elektronik yang digunakan untuk menampilkan foto produk dari masing-masing anggota Forum IKM Jombang. Dengan metode Research and Development yakni penelitian yang bertujuan menghasilkan produk tertentu, serta menguji keefektifan produk, penelitian ini dilakukan secara bertahap sesuai data di lapangan. Codeigniter ialah salah satu kerangka kerja (framework) untuk membuat website menggunakan bahasa pemrograman PHP. Konsep Model-View-Controller (MVC) pada Codeigniter yang digunakan dalam proses membangun website SIKMAJO berfungsi menjadikan proses pembuatan website bisa menjadi lebih efisien.

References

[1] Kabar Jombang (2022). Marketplace Blonjo yang Dikelola Pemkab Jombang Mangkrak Tak Dapat Diakses. Diakses pada 26 Juni 2022, dari https://kabarjombang.com/ekonomi/marketplace-blonjo-yang-dikelola-pemkab-jombang-mangkrak-tak-dapat-diakses/.

[2] Times Indonesia (2020). Ini Kelebihan dan Kemudahan Aplikasi Blonjo Jombang. Diakses pada 26 Juni 2022, dari https://www.timesindonesia.co.id/read/news/310049/ini-kelebihan-dan-kemudahan-aplikasi-blonjo-jombang/

[3] Produk Unggulan (2020). Diakses pada 26 Juni 2022, dari https://blonjo.jombangkab.go.id/

[4] Khumaidi, A. (2018). Perancangan Aplikasi Marketplace Order Baju Pintar Menggunakan Web Responsif untuk Memudahkan Customer Mendesain Sesuai Selera. Jurnal. Fakultas Informatika Universitas Krisnadwipayana, Jakarta Timur.

[5] Winnarto, dkk (2021). Penerapan Framework Codeigniter Pada Pengembangan Website E-Commerce Batik Tulis HR Ambar Jurnal Swabumi Vol.9 No.1. Universitas Bina Sarana Informatika, Jakarta.

[6] Arifin, dkk. (2019). Rancang Bangun E-commerce Pandukria Berbasis Framework Codeigniter .Saintekbu: Jurnal Sains dan Teknologi Vol.11 No.1. Fakultas Teknologi Informasi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah, Jombang.

PlumX Metrics

Published
2023-10-26
How to Cite
Rohmawati, L. D., & Sifaunajah, A. (2023). Design of Sales Information System SIKMAJO based on Codeigniter Framework. Nusantara of Engineering (NOE), 6(2), 124-132. https://doi.org/10.29407/noe.v6i2.21064